?>
LADIESTORY.ID | BEAUTY | SKIN BARRIER, BAGIAN TERPENTING KULIT YANG HARUS DIJAGA KESEHATANNYA

Skin Barrier, Bagian Terpenting Kulit yang Harus Dijaga Kesehatannya

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 1 menit, 54 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Skin Barrier, Bagian Terpenting Kulit yang Harus Dijaga Kesehatannya

Hai ladies bagaimana dengan keadaan kesehatan kulit wajah kamu saat ini? atau kamu sedang mengalami sebuah masalah kulit dengan istilah skin barrier. Apa si sebenarnya skin barrier itu. Skin barrier adalah lapisan terluar kulit atau epidermis yang melindungi kulit dari faktor luar yang dapat merusak kulit. Selain itu, skin barrier juga menyimpan kelembaban kulit dan mencegahnya menjadi kering. 

Apakah skin barrier dapat rusak?

Ya, skin barrier dapat rusak sehingga proteksi terhadap kulit pun jadi jauh berkurang. Skin barrier yang rusak akan terlihat kering dan iritasi diakibatkan hilangnya nutrisi kulit. Ketika faktor yang dapat mengiritasi kulit mempenetrasi dalam karena proteksi yang tak maksimal, sehingga secara langsung melemahkan kulit, sehingga penyerapan nutrisi menjadi buruk. 

Nah, kalau kalian merasakan tanda-tanda ini, kemungkinan kulitmu skin barriernya sedang dalam kondisi tak prima. Untuk itu kamu perlu memasukan skincare yang dapat mengembalikan kondisi skin barrier lagi. Kondisi skin barrier yang tidak prima dapat menyebabkan berbagai skincare, terutama yang mengandung actives ingredients, bisa jadi percuma. Untuk itu, merawat skin barrier adalah hal mendasar yang wajib banget kamu perhatikan!

Baca juga: Memilih Perhiasan Sesuai dengan Warna Kulit, Wajib Coba!

Penyebab kerusakaan skin barrier?

Pasti kalian udah ngerti dong sekarang tentang apa itu Skin Barrier ya kan? Karena skin barrier itu penting banget loh untuk pelindung wajah dari kerusakan kulit seperti jerawat, kulit yang terasa kering, berminyak atau pun sensitif, skin barrier lah yg melindungi itu semua!

Banyak dermatologis yang menyarankan untuk menyederhanakan skincare routine sebagai cara pertama untuk mengembalikan skin barrier. Pangkas rangkaian skincare kamu menjadi skincare routine basic: cleanser, toner & moisturizer. Gunakan ketiga skincare step ini sambil pastikan ketiganya tidak memiliki bahan aktif yang dapat mengiritasi kulitmu. Contohnya seperti alkohol, witch hazel, atau bahan yang dapat mengeksfoliasi kulit seperti AHA & BHA. 

Bagaimana cara memperbaiki dan menjaga skin barrier?

  • Salah satunya adalah kembali lagi ke basic skincare, kurangi menjadi cleanser, toner (bukan exfo), dan moisturizer.
  • Hindari kandungan skincare yang bersifat astringen (alkohol, witch hazel)
  • Jangan menggunakan physical exfoliator.
  • Carilah skincare dgn kandungan niacinamide, ceramide, anti-oksidan, hyaluronic acid, dan vitamin B5.
  • Jangan lupa menerapkan pola hidup sehat.

Nah, kalo kalian merasa skin barrier kalian sudah nggak sehat lagi atau sudah rusak, kalian ngga usah khawatir karna masih ada peluang untuk memperbaikinya loh! Dengan cara selalu membersihkan wajah kamu minimal sehari 3 kali ya dan selalu memakai sunscreen berspf ladies.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

skin barrier adalah apa itu skin barrier skin barrier cara menjaga skin barrier kesehatan kulit

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty