?>
LADIESTORY.ID » LIFESTYLE » SOSOK WANITA KREATIF YANG TAK PERNAH PUTUS ASA

Sosok Wanita Kreatif Yang Tak Pernah Putus Asa

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 40 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Sosok Wanita Kreatif Yang Tak Pernah Putus Asa

Semua orang pasti kenal dengan sosok mantan menteri kelautan ini. Yah, dia adalah wanita pengusaha yang dikenal dengan kerja kerasnya merintis usaha sejak masih muda hingga sukses seperti saat ini. Selain karirnya yang menawan saat menjabat sebagai seorang menteri kelautan, Susi Pudjiastuti juga sukses memiliki usaha jasa penerbangan yakni PT ASI Aviation dan PT ASI Pudjiastuti Marine Product pengekspor hasil perikanan di Indonesia.

Yuk kenali lebih jauh beberapa profesi yang pernah digeluti Susi Pudjiastuti sebagai salah satu wanita kreatif masa kini sebelum dan bahkan saat menjadi menteri.

Sumber Foto: @susipudjiastuti115

Mendirikan Bisnis Transportasi Udara

Berawal dari keseriusan menjaga kualitas kesegaran ikan dan lobster yang diproduksinya, Susi akhirnya mendirikan perusahaan penerbangan. Usah itu berawal saat ia mendapatkan uang pinjaman dari bank, untuk membeli sebuah pesawat Cessna Caravan.

Baca juga: Studi Ungkap Mencium Pakaian Pasangan Dapat Mengurangi Stres pada Wanita

Pesawat ini awalnya hanya dipergunakan untuk mendistribusikan ikan dan lobster hasil produksinya. Tetapi, pada penghujung 2004, ia mendirikan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau Susi Air. Pesawat-pesawat Susi Air juga sering digunakan untuk mendistribusikan bantuan ke daerah yang terkena bencana, contohnya pada saat gempa Aceh 2004.

Mempunyai Pabrik Pengelolahan Ikan

Berhasil menjadi pengepul ikan, membuka jalan bagi Susi untuk mendirikan pabrik pengolahan ikan miliknya. Pada 1996, ia mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product, setelah usahanya berkembang pesat. Lobster menjadi salah satu produk andalan PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Bahkan, lobster dengan merek Susi Brand ini telah dipasarkan hingga ke mancanegara.

Pernah Menjadi Model Indonesia Fashion Week

Susi Pudjiastuti juga pernah membuat heboh publik dengan menjadi model fashion show Anne Avantie di Jakarta Fashion Week 2019, yang dilaksanakan pada Oktober tahun lalu. Siapa sangka di balik penampilannya yang tomboi dan sangar, Susi Pudjiastuti bisa berlenggak-lenggok di atas panggung catwalk. Peragaan busana bertajuk Badai Pasti Berlalu ini ternyata memiliki misi kemanusiaan. Susi mendedikasikan aksi catwalk ini untuk para nelayan korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Karir

  • Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja 2014-2019
  • Pendiri PT ASI Pudjiastuti Aviation
  • Pendiri PT ASI Pudjiastuti Marine Product

Penghargaan

  • Pelopor Wisata - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat - 2004
  • Young Entrepreneur of the Year - Ernst and Young Indonesia - 2005
  • Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 - Presiden Republik Indonesia - 2006
  • Metro TV Award for Economics - 2006
  • Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 - Metro TV
  • Berprestasi Award - PT Exelcomindo
  • Sofyan Ilyas Award - Kementerian Kelautan dan Perikanan - 2009
  • Ganesha Widyajasa Aditama Award - ITB - 2011
  • Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy - APEC - 2011
  • Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan - Gubernur Jawa Barat - 2008

Pada 2017 silam, ibu Susi Pudjiastuti sempat meraih penghargaan Peter Benchley Ocean Awards, atas visi dan kebijakan pembangunan ekonomi dan konservasi laut di Indonesia. Kebijakan-kebijakanya pun dinilai tegas sekaligus kontroversial, seperti kebijakan yang melarang penangkapan lobster, kepiting dan rajungan dan melarang  alat penangkapan ikan pukat hela dan pukat tarik. Namun itu semua dilakukannya untuk menjaga laut Indonesia. Peter Benchley Ocean Awards merupakan sebuah penghargaan prestigious yang dapat didapatkan oleh orang-orang yang turut serta dalam menyelamatkan laut. 

Untuk kamu perempuan kreatif Ladiestory.id ingin mengajak kamu untuk semakin kreatif selama #dirumahaja dengan kembali mengikuti "DIY Contest"! Share kreativitas kalian selama #dirumahaja, agar bisa menginspirasi teman-teman lainnya. Ada hadiahnya lho untuk yang beruntung. Selamat mencoba!

Baca juga: Benarkah Model Cincin Tunangan Ini Jadi Idaman Setiap Wanita?


 

Sumber foto utama: Freepik.com

susi pudjiastuti sosok susi pudjiastuti karir susi pudjiastuti wanita kreatif

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE