?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | STAY POSITIVE DURING PANDEMIC

Stay Positive During Pandemic

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 22 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Stay Positive During Pandemic

Ramainya pemberitaan tentang virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 tak ayal menimbulkan kecemasan. Tidak ada salahnya mengetahui informasi yang terjadi sekarang ini, namun tetap harus ditanggapi secara positif ya. Pandemi COVID-19 berdampak terhadap kehidupan masyarakat. Masyarakat merasakan dampak kompleks pandemi tak hanya di sektor ekonomi tetapi sosial dan budaya. Pada saat ini, masyarakat dapat menumbuhkan dalam dirinya berpikir positif dan aksi nyata terhadap kebiasaan baru, yaitu: 

Fokus dengan apa yang bisa kamu kendalikan

kamu mungkin tidak dapat mengontrol emosi, pikiran, dan perbuatan orang lain. kamu juga tidak bisa mengontrol situasi saat ini maupun berita buruk apa yang akan muncul di layar ponsel kamu hari ini. Semua ini membuat semuanya terasa lebih menakutkan. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak berdaya. Ada banyak hal lainnya yang bisa kamu kontrol, misalnya kegiatan pagi hingga malam selama physical distancing, apa yang kamu makan, dengan siapa kamu ingin mengobrol hari ini, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Work From Home dan Cara Tetap Produktif Saat Wfh

Menyaring berita yang kamu baca

Demi mendapat informasi terbaru tentang penyebaran COVID-19, kamu mungkin tanpa sadar terus melihat berita lewat ponsel atau TV. Hal ini sebetulnya bermanfaat, tapi bagi beberapa orang, berita demikian justru membuat pikiran mereka jadi kewalahan. Berita buruk yang bertubi-tubi tentang pandemi COVID-19 malah dapat menghalangi kamu dari berpikir positif. Maka dari itu, bila kamu mulai merasa takut atau cemas saat membaca berita COVID-19, coba istirahat sejenak dan alihkan dahulu pikiran kamu.

Mengelilingi diri dengan hal-hal yang menyenangkan

Membaca berita baik, mengobrol dengan teman lewat video call, atau sesimpel makan makanan favorit kamu bisa membuat pikiran jadi lebih optimis. Semua ini berpengaruh besar, sekalipun kamu sedang berada di tengah masa pandemi. Berpikir positif tentu tidak semudah membalik telapak tangan, apalagi bagi orang yang terkena dampak langsung dari pandemi COVID-19. Namun, semakin sering kamu mencoba hal ini, semakin besar pengaruhnya pada cara berpikir kamu.

Mengingat bahwa semua orang sedang berusaha

Baca juga: Tetap Mencintai Diri Sendiri, Perubahan Itu Wajar Ladies


Berpikir positif tentu lebih sulit bila kamu membaca cerita tentang tenaga medis yang gugur, opini orang lain tentang pemerintah, dan kekacauan yang terjadi di luar. Seakan ada banyak kesalahan yang membuat keadaan jadi semakin buruk. Namun, jika dipikir kembali, tiap orang sebetulnya sedang mengusahakan yang terbaik demi berakhirnya pandemi COVID-19. Para ilmuwan mengembangkan vaksin, petugas kebersihan menjaga rumah sakit tetap bersih, dan kasir swalayan membantu kamu saat belanja kebutuhan sehari-hari.

Menjalani peran kamu untuk mengakhiri pandemi

Apa pun pekerjaan kamu atau di mana pun kamu tinggal, kamu juga mempunyai peran untuk mengakhiri pandemi. Jika setiap orang menjalani perannya dengan baik, pandemi COVID-19 mungkin saja akan berakhir dengan lebih cepat. Setiap kali kamu merasa cemas dan tidak berdaya, ingatlah bahwa kamu bisa berperan aktif mencegah penularan COVID-19. kamu dapat mencuci tangan, menjaga kebersihan di rumah, dan menerapkan karantina mandiri agar penyakit tidak menyebar.

Itulah beberapa sikap positif yang bisa kamu lakukan agar pandemi ini bisa segera berkahir dan kita semua bisa kembali beraktifitas normal tanpa ada rasa takut. 

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Baca juga: Model Gelang Emas Kekinian Yang Simple Namun Tetap Mewah

Stay Positive During Pandemic tetap sehat saat pandemi covid-19

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health