?>
LADIESTORY.ID | BEAUTY | SUPAYA KELEMBAPAN WAJAH SEIMBANG, INILAH RESEP 5 TAHAP SKINCARE UNTUK KULIT KOMBINASI

Supaya Kelembapan Wajah Seimbang, Inilah Resep 5 Tahap Skincare untuk Kulit Kombinasi

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 3 menit, 5 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Supaya Kelembapan Wajah Seimbang, Inilah Resep 5 Tahap Skincare untuk Kulit Kombinasi

Meski tidak seberuntung mereka yang memiliki kulit wajah normal, untukmu yang memiliki kulit kombinasi juga layak mengucap syukur lho, Ladies. Sebab, kulit kombinasi biasanya tidak serewel kulit berminyak yang mudah berjerawat, atau kulit kering yang sering terlihat kusam. Kulit kombinasi cenderung memiliki kadar minyak yang lebih banyak di beberapa area wajah saja, seperti misalnya di bagian T-zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Meski tidak sedikit juga wanita yang memiliki kulit kombinasi yang cenderung kering, dan hanya sedikit berminyak di area kedua pipi saja. Nah, kalau kamu ingin kulit kombinasimu tetap bersahabat, tentunya kamu harus merawatnya dengan skincare pilihan untuk jenis kulitmu itu. Berikut ini ada 5 tahap skincare untuk kamu si pemilik kulit kombinasi yang bisa diaplikasikan secara rutin!

1. Double cleansing dengan pembersih yang gentle dan tidak membuat kulit kering

Double cleansing
sumber: freepik.com

Jika kamu menggunakan makeup untuk aktivitas sehari-hari, kamu perlu melakukan double cleansing, Ladies. Pertama, gunakan micellar water untuk membersihkan produk makeup dan debu di wajah dengan kapas, lalu bilas dengan air. Kemudian, gunakan pembersih atau oil cleanser yang bersifat gentle, biasanya bertekstur oil atau balm agar tidak menyebabkan bagian kulit kering di wajahmu terasa semakin kering. Setelah itu, gunakan second cleanser yang bersifat mild dan berbentuk gel, serta tidak mengandung alkohol di dalamnya. Lalu, bilas dengan air hingga bersih.

2. Gunakan exfoliating toner setiap 2-3 kali seminggu

exfoliating toner
sumber: freepik.com

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit wajah untuk melepaskan sel-sel kulit mati akan semakin berkurang. Maka, kamu perlu melakukan eksfoliasi atau pelepasan lapisan terluar pada kulit di wajah menggunakan exfoliating toner dengan menggunakan bantuan kapas. Kamu bisa memilih toner yang mengandung AHA dan BHA untuk menyeimbangkan kadar minyak dan air di dalam kulitmu. Penggunaan exfoliating toner dapat membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru di wajah dan menjadikan kulit wajahmu lebih kenyal dan cerah. Lakukan tahap skincare ini setelah membersihkan wajah, ya!

Baca juga: 5 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bruntusan di Wajah. Caranya Gampang Banget

3. Aplikasikan hydrating toner setelah membersihkan atau eksfoliasi wajah

hydrating toner
sumber: freepik.com

Supaya wajahmu tetap lembap, tidak terasa kering dan berminyak, kamu harus menggunakan hydrating toner atau toner yang melembapkan ya, Ladies. Pilihlah produk hydrating toner yang melembapkan sekaligus menyeimbangkan kadar pH di dalam kulit wajah. Kamu bisa mengetahui apakah produk tersebut bisa menyeimbangkan pH di kulit wajah atau tidak dengan membaca labelnya. Kamu juga harus memastikan bahwa toner yang kamu pilih mengandung hyaluronic acid yang melimpah. Jika kamu tidak menemukan toner yang bisa menghidrasi kulit dengan pH seimbang, kamu bisa memilih produk essence yang memberikan fungsi hampir sama dengan hydrating toner.

4. Pakailah serum dengan kandungan yang sesuai kebutuhan kulitmu

serum
sumber: freepik.com

Setelah menggunakan hydrating toner, kamu perlu memakai serum di seluruh permukaan kulit wajah. Kamu perlu memilih serum dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, Ladies. Misalnya saja, jika wajahmu cenderung kusam, kamu bisa menggunakan serum yang mengandung vitamin C, tapi jika kulitmu cenderung hiperpigmentasi, maka gunakanlah serum yang diformulasikan untuk menyamarkan warna kulit yang tidak merata. Cara penggunaan serum itu hampir sama dengan ketika menggunakan hydrating toner, yaitu dengan cara menepuk-nepukkannya perlahan di wajah hingga produk menyerap di dalam kulit. Jika kamu sudah merasakan sensasi dingin di kulit wajahmu, biasanya hal itu menandakan bahwa produk telah menyerap sempurna.

5. Gunakan moisturizer atau pelembap yang watery base dan berbentuk gel

moisturizer atau pelembap
sumber: freepik.com

Setelah menggunakan serum, sempurnakan rangkaian tahap skincare untuk kulit kombinasimu dengan moisturizer atau pelembap. Pilihlah pelembap yang berbahan dasar air dan berbentuk gel, serta mengandung hyaluronic acid di dalamnya. Sebab, produk bertekstur gel yang mengandung hyaluronic acid secara otomatis akan melembapkan kulit wajahmu dan menambah kadar air di dalam kulit tanpa membuatnya terasa berat.

Itulah 5 tahap skincare untuk kulit kombinasi di malam hari. Jika kamu ingin menggunakan tahap skincare untuk kulit kombinasi ini di siang hari, kamu perlu menambahkan langkah terakhirnya dengan penggunaan sunscreen yang ringan berbentuk gel, dan tidak boleh dilewatkan ya, Ladies!

beauty kecantikan skincare tahap skincare untuk kulit kombinasi kulit kombinasi perawatan wajah wanita perempuan perawatan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty