Ladiestory.id » Health » Tak Cuma Sebagai Bumbu Masak, Ini 5 Manfaat Lada Putih untuk Kesehatan Manusia

Tak Cuma Sebagai Bumbu Masak, Ini 5 Manfaat Lada Putih untuk Kesehatan Manusia

LS Health
Penulis: LS Health
Senin, 27 Januari 2020 | 03:35:22
Durasi baca: 2 menit, 34 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tak Cuma Sebagai Bumbu Masak, Ini 5 Manfaat Lada Putih untuk Kesehatan Manusia

Hampir sama fungsinya seperti garam dan kaldu, lada bisa membantu bumbu-bumbu yang lain agar terasa semakin balance dalam suatu olahan masakan. Cita rasanya yang pedas, kuat, dan bisa memberikan efek getir pada lidah dan tenggorokan jika terlalu banyak, membuat lada dibutuhkan hampir di setiap masakan yang rasanya pedas. Selain itu, lada putih cenderung lebih aromatik ketimbang lada hitam, padahal lada putih memiliki rasa yang sedikit lebih pahit daripada lada hitam. Sementara, untuk kegunaannya pada beberapa masakan Indonesia, lada putih lebih sering digunakan ketimbang lada hitam. Nah, ternyata tak hanya berfungsi sebagai seasoning masakan, nyatanya lada putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Berikut ini ada 5 manfaat lada putih untuk kesehatan manusia yang perlu kamu tahu, Ladies. Yuk, kita simak!

1. Lada putih membantu mengelola diabetes

Lada putih membantu mengelola diabetes
sumber: healthline.com

Bumbu masakan yang berbentuk butir-butir kecil ini mengandung piperine yang ternyata memiliki sifat antidiabetik. Sehingga, menjadikan lada putih begitu efektif dalam mengurangi glikemia dan mengontrol gula darah di dalam tubuh. Agar bisa mendapatkan fungsinya sebagai antidiabetik tersebut, kamu bisa membuat campuran antara lada putih dengan curcumin yang bisa kamu dapatkan di dalam kunyit, Ladies. Campuran kedua bahan itu diyakini paling tepat untuk mengontrol glukosa darah dalam tubuh.

2. Lada putih membantu menurunkan berat badan

Lada putih membantu menurunkan berat badan
sumber: freepik.com

Jika kamu ingin mengurangi berat badan tanpa perlu kehilangan nafsu makan, kamu bisa mengonsumsi lada putih yang kamu campurkan dengan beberapa bahan makanan, Ladies. Sebab, lada putih mengandung capsaicin, yaitu senyawa yang dapat membantu membakar lemak dan memiliki efek untuk menurunkan dan mengurangi lemak di dalam tubuh, tanpa membuat orang yang mengonsumsi lada putih kehilangan nafsu makannya.

Baca juga: Gelar Konser, Raffi Ahmad Libatkan Para Musisi Tanah Air

3. Lada putih membantu mengurangi sakit gigi dan sakit kepala

Lada putih membantu mengurangi sakit gigi dan sakit kepala
sumber: freepik.com

Tahukah kamu jika lada putih ternyata juga bisa membantu mengurangi sakit gigi? Ya, hal itu disebabkan oleh kandungan utama dalam lada putih, yaitu beta-caryophyllene yang memiliki efek anti-inflamasi dan dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi, serta masalah lain di dalam mulut. Tak cuma itu, sebab adanya kandungan piperine di dalam bumbu aromatik ini, menjadikan lada putih juga bermanfaat dalam penyembuhan sakit kepala dan migrain.

4. Lada putih membantu mengatasi radang sendi dan mengelola tekanan darah

Lada putih membantu mengatasi radang sendi dan mengelola tekanan darah
sumber: freepik.com

Jika kamu mengalami nyeri sendi, kamu bisa menggunakan lada putih sebagai obat alami untuk mengurangi rasa sakit pada sendimu, Ladies. Hal itu disebabkan adanya anti-inflamasi di dalam lada putih yang sangat efektif untuk pengobatan jangka panjang untuk orang yang memiliki rheumatoid arthritis. Sehingga, menyebabkan lada putih bisa membantu mengatasi segala jenis nyeri sendi. Selain itu, lada putih juga bisa mengelola tekanan darah karena adanya kandungan piperine dan flavonoid di dalamnya. Sehingga, lada putih efektif membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

5. Lada putih membantu mengatasi masalah pernafasan

Lada putih membantu mengatasi masalah pernafasan
sumber: freepik.com

Untukmu yang memiliki masalah pada pernafasan, kamu juga bisa menggunakan lada putih sebagai obat alaminya, Ladies. Sebab, lada putih memiliki kandungan polisakarida pektik dan oligosakarida yang dapat membantu menyembuhkan penyakit flu, asma, sarta masalah pernafasan lainnya.

Seperti itulah 5 manfaat lada putih untuk kesehatan manusia yang perlu kamu tahu. Jadi, mulai sekarang tak perlu ragu lagi jika ingin memasukkan lada putih sebagai seasoning dalam masakan favoritmu!

sumber foto cover: thehivebulkfoods.com

Baca juga: Masalah Kesehatan jadi Alasan Lain Raffi Ahmad Pamit dari Dunia Hiburan


health kesehatan manfaat merica manfaat lada putih lada merica white pepper manfaat lada putih untuk kesehatan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH