Ladiestory.id » Lifestyle » Tak Melulu Dampak Negatif, Menyendiri juga Hasilkan 5 Manfaat Ini, Ladies!

Tak Melulu Dampak Negatif, Menyendiri juga Hasilkan 5 Manfaat Ini, Ladies!

LS Lifestyle
Jum'at, 06 Desember 2019 | 05:47:44
Durasi baca: 3 menit, 23 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tak Melulu Dampak Negatif, Menyendiri juga Hasilkan 5 Manfaat Ini, Ladies!

Banyak orang yang mengira bahwa melakukan segala sesuatu seorang diri itu bisa menyebabkan perasaan kesepian dan berujung pada depresi. Memang, sebagian dampak buruk menyendiri adalah bisa mengakibatkan stres, obesitas, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan depresi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, terdapat juga kok hasil penelitian yang membuktikan, bahwa mengerjakan segala sesuatu seorang diri bisa menciptakan berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh. Misalnya saja, dengan melakukan segala sesuatu sendirian, kamu bisa memahami dirimu sendiri, menerima segala kekurangan dan kelebihanmu sendiri, serta mempunya target dan tenggat waktu sendiri yang menyebabkan kamu menjadi lebih mandiri. Tentunya, meskipun mengerjakan sendirian, kita tetap tidak memutuskan koneksi dengan orang lain ya, Ladies. Nah, selain dampak baik yang disebutkan tadi, masih ada lho 5 manfaat melakukan segala sesuatu seorang diri yang bisa kamu rasakan, seperti berikut ini.

1. Dapat meningkatkan konsentrasi dan memori

Dapat meningkatkan konsentrasi dan memori
sumber: freepik.com

Ketika kamu bekerja secara tim atau berkelompok, sesekali kamu pasti akan berpikir bahwa jika kamu tidak berkontribusi memberikan masukan atau mengerjakan tugas di dalam grup tersebut, tentu akan ada orang lain di dalam kelompok yang akan mengerjakannya. Kamu pun akan jadi malas berusaha dan malah menggantungkan sesuatu kepada orang lain. Sehingga, kerja kelompok itu justru akan membuatmu malas memanfaatkan fungsi otakmu sendiri untuk berpikir dan mengingat. Sedangkan, jika kamu bekerja seorang diri atau secara individu, kamu akan menggantungkan segala sesuatunya hanya pada dirimu sendiri. Sehingga, kamu akan berupaya untuk terus berkonsentrasi melakukan tugasmu sendiri dan tentu akan memberi dampak positif bagi daya pikir dan memorimu, Ladies.

2. Menjadikan tujuan hidupmu sebagai prioritas

Menjadikan tujuan hidupmu sebagai prioritas
sumber: freepik.com

Saat kamu menyendiri, kamu akan lebih leluasa mengerjakan segala sesuatu yang sudah kamu rencanakan untuk dikerjakan step by step demi mewujudkan tujuan yang lebih besar. Kamu pun tak perlu mendengarkan omongan orang lain, sebab tak ada orang lain di sekelilingmu dan kamu hanya seorang diri di kamar, misalnya. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih fokus dalam mengerjakan setiap proses menuju kesuksesan. Seperti halnya ketika kamu hanya memandang ke satu titik layaknya menggunakan kacamata kuda. Tapi, bukan berarti kamu benar-benar harus mengisolasi diri dari semua manusia di bumi ini ya, Ladies.

Baca juga: Ketahui Dampak Negatif Ketika Kamu Terlalu Ambisius

3. Meningkatkan kreativitas dan produktivitas kerja

Meningkatkan kreativitas dan produktivitas kerja
sumber: freepik.com

Sering kali para pekerja di kantor melakukan brainstorming kolaboratif yang diharapkan dapat menciptakan ide-ide baru dari berbagai pendapat. Akan tetapi, berkumpul atau musyawarah untuk mendapatkan satu solusi ketika memecahkan masalah di dalam tim kerja, terkadang hanyalah buang-buang waktu. Kamu pasti pernah merasakan ketika berdiskusi dalam sebuah kelompok yang kerap didapat hanyalah hasil candaan yang membosankan. Sementara sisanya, hanya ide-ide dari masing-masing individu yang masih merupakan gambaran umum dan tidak mendetail. Sedangkan, ketika kita diberi waktu untuk mencari ide seorang diri, segala inspirasi akan datang menyerbu dan siap diterjemahkan dalam kata-kata atau sebuah gambar. Tentu, kita juga punya lebih banyak waktu untuk memikirkan detailnya.

 

Meningkatkan empati pada sekitar
sumber: freepik.com

Jika kamu merasa empatimu terhadap sesama mulai berkurang, cobalah untuk menyendiri. Ketika menyendiri kamu akan lebih banyak memiliki waktu untuk mengamati keadaan sekitar, memahami, dan merasakan apa yang mereka rasakan. Kamu pun juga bisa melatih kepeekaan emosi ketika kamu menyendiri. Sesekali kamu bisa meninggalkan dunia maya dengan menanggalkan gadget dan fokus lah pada keadaan di sekelilingmu. Kamu akan menemukan beberapa sifat asli teman-temanmu yang mungkin selama ini tak pernah terlintas di pikiranmu. Akan tetapi, ketika kamu lagi senang-senangnya menyendiri, jangan biarkan dirimu menjadi kesepian ya, Ladies. Sebab, perasaan kesepian justru akan membuat empatimu menurun drastis.

5. Meningkatkan hubunganmu dengan keluarga, pasangan, dan sahabat

Meningkatkan hubunganmu dengan keluarga, pasangan, dan sahabat
sumber: freepik.com

Sadar tidak, Ladies, ketika kamu sedang berada berjauhan dengan keluarga, pasangan, atau sahabat, kamu pasti akan merindukan mereka. Beda halnya jika kamu bertemu mereka setiap saat, rasa kangen itu mungkin tak akan pernah muncul dan barangkali yang ada hanya pertengkaran. Sebab, jarak yang memisahkan kalian akan membuat ingatanmu bekerja lebih sering untuk mengingat memori kebersamaanmu dengan mereka saat kalian bersama. Bahkan, ada sebuah keyakinan di masyarakat, kalau dekat rasa tahi dan kalau jauh rasa cokelat. Lucu, ya!

Jadi, jika ada orang yang mempermasalahkan keinginanmu untuk menyendiri sejenak, abaikan saja. Fokus lah pada apa yang sudah menjadi tujuan hidupmu. Selagi kamu tidak 100 persen memutuskan koneksi dengan semua manusia yang ada di bumi, kebahagiaanmu akan tetap terjaga kok, Ladies.

Baca juga: Girls, Buang Jauh 5 Pemikiran Negatif Ini Kalau Ingin Bahagia!


lifestyle self love self care manfaat menyendiri melakukan sesuatu seorang diri gaya hidup kesehatan mental

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE