?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » TAK PERLU RAGU MENJADIKANNYA ANAK SEKALIGUS SAHABAT, INI 5 TIPS MENJALIN KEAKRABAN DENGAN ANAK TIRI

Tak Perlu Ragu Menjadikannya Anak Sekaligus Sahabat, Ini 5 Tips Menjalin Keakraban dengan Anak Tiri

LS Parenting
Selasa, 21 Januari 2020 | 07:42:49
Durasi baca: 3 menit, 6 detik
Dibaca: 2 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tak Perlu Ragu Menjadikannya Anak Sekaligus Sahabat, Ini 5 Tips Menjalin Keakraban dengan Anak Tiri

Mempererat keakraban dengan seseorang yang akan menjadi keluarga kita memang tidaklah mudah. Terlebih, ketika kamu memutuskan untuk menjadi orang tua baru atau orang tua tiri dari anak pasanganmu yang amat kamu cintai. Tentu saja, kamu juga harus memiliki cinta yang sama besarnya kepada anak tirimu sebagaimana kamu mencintai pasanganmu, Ladies. Untuk itu kita perlu membuktikannya dengan perbuatan. Meski, membuktikannya pun juga tidaklah semudah yang kamu perkirakan, namun tidak juga sesulit yang kita bayangkan. Memang, sedikit saja salah jalan, maka kamu tidak akan mendapat kepercayaan yang baik dari dirinya. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa mengupayakan kedekatan kalian, bukan? Maka itulah, hilangkan segala keraguan. Lalu, anggaplah anak tirimu sebagai anakmu sendiri sekaligus sahabat dengan 5 tips menjalin keakraban dengan anak tiri berikut ini!

1. Berikan kebebasan untuk anak tirimu menentukan hubungan kalian

Berikan kebebasan untuk anak tirimu menentukan hubungan kalian
sumber: freepik.com

Usahakan untuk tidak terlalu fokus pada hasil dari segala upayamu mendekati anak tirimu, Ladies. Biarkanlah ia memilih untuk menjadikanmu sahabat, ibu, atau sekadar orang baru baginya. Sebab, jika kamu memaksakan kehendak agar ia mau menerimamu sebagai ibunya, maka bersiaplah untuk kehilangan kedekatan dengan dirinya. Sebagaimana anak-anak pada umumnya, ia pun tidak suka jika dipaksa. Biarkan ia merasakan kasih sayangmu dengan sendirinya. Jika ia memintamu untuk menemaninya pergi, maka temanilah. Dengan begitu, rasa percayanya kepadamu akan perlahan meningkat.

2. Berusahalah mendekatkan diri kepada anak tiri secara perlahan

Berusahalah mendekatkan diri kepada anak tiri secara perlahan
sumber: freepik.com

Tak perlu terburu-buru untuk mendapatkan cinta dan kepercayaan anak tirimu, Ladies. Perkenalan yang singkat dengan senyum manis yang tulus yang kamu berikan kepadanya akan menjadi kesan pertama yang baik. Kamu tidak perlu memberinya barang-barang mahal atau mengajaknya ke tempat yang mewah. Sebab, ia akan mengira bahwa yang kamu lakukan hanya untuk menarik perhatiannya dan bukanlah suatu bentuk ketulusan. Bagaimanapun, intuisi seorang anak itu sangatlah tajam. Ia dapat memahami mana orang yang benar baik dan mana yang hanya berpura-pura. Jadi, tak perlu terburu-buru. Biarkanlah kedekatan kalian meningkat seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak

3. Konsisten menyayanginya, sabar, dan optimis

Konsisten menyayanginya, sabar, dan optimis
sumber: freepik.com

Ketika pasanganmu memperkenalkanmu kepada anaknya, tentu ia tak akan semudah itu menerimamu. Barangkali saja yang ada di pikirannya adalah kamu sebagai pengganggu reuni orang tua kandungnya. Mungkin pula secara diam-diam anak tirimu sudah punya rencana untuk menyatukan kembali kedua orang tuanya. Namun, bukan berarti nyalimu harus ikutan ciut, Ladies. Kamu harus tetap sabar dan optimis. Berikan kasih sayangmu yang tulus kepadanya secara konsisten. Serta, hindari kesan dan ekspresi marah di depannya jika kamu ingin mendapatkan kepercayaan darinya.

4. Hargai ruang pribadi mereka

Hargai ruang pribadi mereka
sumber: freepik.com

Ketika kamu sudah menjadi ibu tirinya, maka tetaplah menghargai ruang pribadi mereka. Kamu boleh-boleh saja mengunjungi kamar tidurnya, akan tetapi hindari untuk menyentuh barang-barang pribadi mereka, seperti lemari, laci meja belajar, maupun sudut-sudut rahasia mereka. Kecuali, jika mereka sudah mengizinkanmu untuk membantunya merapikan sudut-sudut itu. Berikan juga ruang dan waktu untuk mereka bertemu dengan orang tua kandungnya. Jika kamu ingin mengawasi, kamu bisa memantaunya dari jarak yang aman.

5. Bangun kepercayaan dari anak tirimu

Bangun kepercayaan dari anak tirimu
sumber: freepik.com

Kebanyakan anak tiri akan cukup sulit memberikan kepercayaan mereka kepada orang baru yang akan menjadi orang tua tirinya. Sebab, sudah banyak cerita fantasi dan nyata yang mengisahkan bahwa orang tua tiri hanya mencintai orang tua mereka dan bukan anak-anaknnya. Kisah kekejaman itu akan terus mengalir di setiap pikiran seorang anak. Belum lagi, ia akan menganggap pernikahan kedua sebagai bentuk ketidaksetiaan seseorang terhadap pasangannya. Sebab itulah, adalah menjadi tugas utamamu untuk membangun kepercayaan dari anak tirimu, Ladies. Kamu bisa minta pendapatnya atas permasalahan yang sedang kamu alami. Atau bisa juga minta pendapatnya untuk memasak apa, piknik bersama kemana, serta hal-hal kecil lainnya yang membutuhkan pendapat darinya. Dengan begitu ia akan merasa bahwa kamu memercayainya dan ia pun bisa memberikan kepercayaannya kepadamu.

Kunci yang paling utama untuk menjalin keakraban dengan anak tiri adalah kasih sayangmu yang tulus kepadanya. Serta kesabaran, kebebasan, dan pikiran-pikiran yang positif.

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!


parenting ibu dan anak anak tiri ibu tiri cara mengakrabkan diri kepada anak tiri cara mendekatkan diri dengan anak tiri relationship

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING