Ladiestory.id » Beauty » Tak Tahan Lama, Inilah 6 Penyebab Makeup Mudah Luntur yang Harus Kamu Sadari

Tak Tahan Lama, Inilah 6 Penyebab Makeup Mudah Luntur yang Harus Kamu Sadari

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Senin, 06 Januari 2020 | 09:00:25
Durasi baca: 3 menit, 1 detik
Dibaca: 8 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tak Tahan Lama, Inilah 6 Penyebab Makeup Mudah Luntur yang Harus Kamu Sadari

Menyebalkan tidak sih, Ladies, ketika kamu baru saja mengaplikasikan makeup di pagi hari, lantas riasanmu sudah luntur sesaat setelah makan siang? Belum lagi penampilanmu pun akan turut berantakan dan membuat orang lain memperhatikan riasan di wajahmu dengan kesan yang aneh. Tentu, kamu tidak mau kan kalau peristiwa seperti itu terjadi lagi? Apalagi jika pekerjaanmu menuntutmu untuk bertemu banyak orang dari siang sampai malam hari. Pastinya, kamu membutuhkan riasan wajah yang awet. Nah, agar produk makeup yang kamu kenakan bisa tahan lama, kamu harus tahu dulu nih 6 penyebab makeup mudah luntur yang semestinya bisa kamu hindari. Berikut ini ulasannya!

1. Kamu tidak mengaplikasikan primer

Kamu tidak mengaplikasikan primer
sumber: freepik.com

Selain bisa menutup pori-porimu yang terlihat besar, penggunaan primer juga bisa membuat foundation menempel lebih sempurna pada kulit wajah. Tak cuma itu, primer juga bisa menjadikan makeup di wajahmu terlihat lebih flawless dan tentunya tahan lama. Jadi, jangan sampai melewati tahapan mengaplikasikan primer dalam rangkaian makeup-mu ya, Ladies!

2. Kamu menggunakan jenis foundation yang tidak sesuai dengan tipe kulitmu

Kamu menggunakan jenis foundation yang tidak sesuai dengan tipe kulitmu
sumber: freepik.com

Jika kulitmu cenderung berminyak, maka gunakanlah foundation berbasis air atau bebas minyak, agar kulit wajahmu tidak semakin berminyak, Ladies. Kamu juga bisa memilih foundation dengan hasil akhir matte. Jika kamu punya kulit yang cenderung kering, maka gunakanlah foundation yang memiliki hasil akhir dewy, agar kulit wajahmu tidak semakin kering dan bisa menampilkan cahaya di wajahmu layaknya kulit yang sahat. Jadi, jangan sampai salah pilih foundation yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu, ya!

Baca juga: Kim Kardashian Rayakan Ulang Tahun dengan Berikan Diskon Makeup dan Pakaian Dalam

3. Kamu tidak memakai bedak

Kamu tidak memakai bedak
sumber: freepik.com

Jika kamu tidak memakai bedak, maka segala macam produk cair maupun krim yang sudah diatur di wajah akan menjadi mudah luntur. Sebab, bedak bisa membuat foundation dan concealer yang kamu pakai menjadi lebih menempel pada wajah dan tidak membuatnya mudah bergeser. Untukmu yang tidak menyukai bedak yang mengandung warna di dalamnya, kamu bisa menggunakan translucent powder yang tidak akan memberikan warna pada wajahmu. Selain itu translucent powder juga akan tetap memperlihatkan warna foundation yang kamu pakai, Ladies.

4. Kamu tidak menyemprotkan setting spray

Kamu tidak menyemprotkan setting spray
sumber: pinterest

Hasil kerjanya sama seperti primer. Jika primer digunakan di awal tahapan makeup, maka setting spray disemprotkan pada akhir tahapan makeup. Gunanya adalah untuk mengunci keseluruhan produk makeup agar menempel lebih sempurna di wajahmu, Ladies. Sehingga, makeup tak akan mudah luntur ketika tak sengaja tergesek sesuatu. Jadi, sebisa mungkin hindari melewatkan tahapan menyemprot setting spray pada ritual makeup yang kamu lakukan, ya!

5. Kamu menggunakan banyak sekali produk dalam satu waktu

Kamu menggunakan banyak sekali produk dalam satu waktu
sumber: freepik.com

Sebaiknya, hindari terlalu banyak menggunakan produk dalam satu waktu. Misalnya saja, kamu menggunakan moisturizer dan tidak membiarkannya menyerap terlebih dahulu, lalu kamu langsung memakai sunscreen, lalu kamu langsung menimpanya lagi dengan foundation di atasnya tanpa memberikan jeda. Kebiasaan seperti inilah yang akan membuat makeup mudah luntur, sebab produk yang digunakan sebelumnya belum menyerap atau menempel secara sempurna, Ladies. Jadi, semestinya kamu berikan jeda per produk sekitar 3-5 menit untuk mengaplikasikan produk berikutnya.

6. Kamu terlalu sering menyentuh wajahmu

Kamu terlalu sering menyentuh wajahmu
sumber: freepik.com

Tahukah kamu jika kamu terlalu sering memegangi rambut maka rambutmu akan menjadi mudah berminyak? Hal yang sama pun berlaku jika kamu terus-terusan menyentuh wajahmu dengan tangan, Ladies. Misalnya saja, ketika kamu menumpukan wajah pada tangan, nah kondisi kulit tangan yang hangat akan menyebarkan panas ke kulit wajah dan menyebabkannya berminyak. Lalu, kamu tidak sengaja menggesekkan tanganmu pada kulit wajah, maka riasanmu pun akan meluntur dan terkikis. Jadi, sebaiknya jauhkan kebiasaan menumpu dan memegangi wajah dengan tanganmu, ya. Sebab, tak hanya bisa melunturkan makeup, tetapi tangan yang kotor juga akan menimbulkan jerawat dan meningkatkan produksi jerawat di wajahmu.

Jika kamu sudah bisa mengatasi kebiasaan yang menyebabkan makeup mudah luntur ini dengan tepat, maka kamu bisa berlanjut menggunakan produk makeup yang waterproof agar hasil riasanmu lebih maksimal!

Baca juga: 5 Tutorial Makeup Karakter dari Film Terkenal Pilihan Popbela


beauty kecantikan tips makeup tidak luntur penyebab makeup luntur makeup riasan wajah tips makeup cara makeup

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON BEAUTY