?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » TAKUT KELUAR RUMAH? INI CARA MENDAPATKAN ASUPAN VITAMIN D SAAT RUMAH SAJA

Takut Keluar Rumah? Ini Cara Mendapatkan Asupan Vitamin D Saat Rumah Saja

LS Health
Penulis: LS Health
Senin, 27 April 2020 | 04:40:52
Durasi baca: 2 menit, 0 detik
Dibaca: 8 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Takut Keluar Rumah? Ini Cara Mendapatkan Asupan Vitamin D Saat Rumah Saja

Tahukah kamu bahwa tubuh kita sangat membutuhkan vitamin D, mulai dari untuk kesehatan otak dan tulang? Sebagai informasi, asupan vitamin D untuk anak kecil hingga berusia 70 tahun adalah 600 IU (international unit) atau sekitar 15 mikrogram, setiap hari. Sementara, setelah usia 71 tahun adalah 800 IU, atau 20 mikrogram. Oleh karena esensial, bagaimana memastikan asupan terpenuhi dengan baik? Apalagi seperti sekarang ini, kita kebanyakan berdiam di rumah. Untungnya, ada banyak cara mendapatkannya selain dari sinar matahari. Berikut adalah sumber vitamin D yang baik yang bisa kamu dapatkan, bahkan saat tetap berada di rumah. 

Duduk di Dekat Jendela

Cobalah duduk di dekat jendela, sekitar pukul 7 dan 10 di pagi hari. Tidak hanya mendapat asupan vitamin D, tapi mood kamu juga menjadi lebih baik. 

Makan Ikan Kemasan Kaleng

Ikan kalengan adalah salah satu jenis makanan yang sebaiknya ada di rumah setiap saat, termasuk saat pandemik seperti ini. Tidak hanya bisa disimpan untuk waktu yang lama, ikan kalengan, seperti tuna dan salmon, adalah sumber vitamin D yang baik. 

Baca juga: Manfaat Suplemen Vitamin C Untuk Imunitas Tubuh

Tingkatkan Konsumsi Susu Harian

Susu dari kerbau atau susu alternatif seperti susu kedelai, almond, dan oat adalah sumber vitamin D yang baik. Jika kamu lebih menyukai susu hewani, cobalah untuk perbanyak mengonsumsi keju, yogurt, dan produk lainnya.

Minum Jus Jeruk

Tidak hanya vitamin C, meminum jus jeruk merupakan cara jitu untuk mendapat tambahan asupan vitamin D untuk tubuh.

Nikmati Telur 

Telur tidak hanya mengandung protein, tapi juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Akan tetapi, vitamin D di dalam telur hanya terkandung di dalam bagian kuningnya saja. 

Masukkan Jamur ke dalam Menu Harianmu

Untuk mendapatkan vitamin D yang maksimal, pastikan memilih jamur yang sudah terpapar sinar matahari. Atau jika memungkinkan, kamu bisa mengembangbiakan sendiri jamur di rumah. Tambahkan jamur ke dalam omelet, sehingga asupan vitamin D semakin maksimal. 

Konsumsi Hati Sapi

Siapa di sini yang suka bagian dalam sapi? Nah, kabar baik untukmu karena hati sapi juga merupakan sumber vitamin D, meski memang jumlahnya tidak banyak.

Baca juga: Apakah Mengonsumsi Vitamin C Dosis Tinggi Bisa Mencegah Terinfeksi Covid-19?


Pilih Suplemen

Oleh karena kita masih di rumah, mungkin akan sulit mendapatkan makanan segar setiap hari. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi multi-vitamin dengan kualitas tinggi.

Bagaimana, Ladies? Sudah tahu 'kan, cara mendapatkan asupan vitamin D saat di rumah saja dalam situasi pandemik virus corona ini? Selain itu, jangan lupa untuk juga selalu menjaga kesehatan mental, jaga jarak dan memakai masker saat berada di tempat umum, dan cuci tangan dengan benar secara teratur. 

Sumber foto utama: Freepik.com

Sumber vitamin D saat di rumah kesehatan dan vitamin D asupan vitamin D virus corona dan Vitamin D

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH