?>
LADIESTORY.ID » LIFESTYLE » TANDA KAMU MEMILIKI KECERDASAN EMOSIONAL YANG BAIK

Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional Yang Baik

LS Lifestyle
Sabtu, 04 Juli 2020 | 09:06:29
Durasi baca: 2 menit, 4 detik
Dibaca: 11 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional Yang Baik

Kecerdasan emosional (EQ) adalah bagaimana kamu mengekspresikan emosi dan mengatasinya dengan cara yang positif bahkan di situasi yang penuh tekanan. Orang dengan EQ tinggi sering mampu untuk berkomunikasi secara efektif, berempati dengan orang lain, mengatasi kesulitan dan meredakan konflik. Pengetahuan dan pemahaman ini, sebagian besarnya, merupakan proses non-verbal yang membentuk pemikiran dan mempengaruhi seberapa baik kamu berhubungan dengan orang lain.

Kecerdasan emosi merupakan suatu hal yang dapat dipelajari dan diubah. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kecerdasan emosi.

  • Kurangi emosi negatif dalam kehidupan sehari-hari. Cobalah untuk melihat suatu permasalahan secara lebih objektif. Misalnya jika teman tidak membalas SMS, jangan langsung berpikiran bahwa ia sedang menghindari kamu. Sebaiknya carilah pikiran alternatif misalnya teman sedang tidak punya pulsa atau masih tidur.
  • Kurangi Perasaan Takut akan Penolakan. Cara yang efektif untuk mengelola rasa takut akan penolakan adalah dengan membuat beberapa rencana untuk keadaan yang penting. Misalnya, dalam memilih sekolah kamu sebaiknya memiliki plan A, plan B, dan plan Dengan begitu, kamu dapat memiliki pkamungan yang lebih optimis untuk masa depan.
  • Ingat teknik XYZ untuk mengekspresikan emosi! Kadang kala kita begitu susah untuk mengungkapkan apa yang sesungguhnya kita rasakan. Mungkin juga kamu takut bahwa ungkapan emosi mu akan menyinggung orang lain. Di sisi lain, memendam apa yang dirasakan juga tidak baik karena suatu waktu kita dapat “meledak”. Solusinya adalah dengan menggunakan rumus XYZ yaitu: aku merasa X jika kamu melakukan Y saat Misalnya: Aku merasa kecewa (X) saat kamu terlambat datang (Y) padahal aku sudah datang tepat waktu (Z). Nah, dengan cara ini kamu dapat mengungkapkan perasaanmu tanpa membuat orang lain tersinggung.
  • Hindari Langsung Berbicara Saat Marah. Saat merasa marah atau kecewa dengan seseorang, sebelum kamu mengatakan atau menanggapi sesuatu sebaiknya kamu menarik nafas panjang sembari menghitung sampai sepuluh. Setelah itu, kamu dapat menanggapi dan bereaksi dengan pikiran yang lebih tenang.
  • Jangan larut dalam penyesalan, ambil pelajaran. Terkadang tidak semua hal dapat berjalan sesuai keinginan kita. Kegagalan merupakan hal yang kerap ditemui dalam kehidupan. Daripada larut dalam penyesalan dan menyalahkan iri sendiri maupun orang lain, cobalah untuk menanyakan beberapa pertanyaan berikut pada dirimu. “Apa pelajaran yang bisa aku ambil?” “Bagaimana agar aku bisa mengambil hikmah dari kejadian ini?” “Hal apa yang penting dilakukan agar diriku bisa berkembang?”. Dengan beberapa pertanyaan refleksi tersebut, kebijaksanaan diri kita akan mengobati rasa sesal yang ada.

Jadi buat kamu yang memiliki kecerdasan emosional akan mampu mengetahui kondisi emosionalnya dan bagaimna cara mengekspresikan emosinya secara tepat sehingga emosi kamu dapat dikontrol dan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Bagaimana Memberi Dukungan Emosional kepada Suami yang Sedang Berkabung?

Kecerdasan Emosional tana Kecerdasan Emosional apa itu Kecerdasan Emosional

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

Bagaimana Memberi Dukungan Emosional kepada Suami yang Sedang Berkabung?

Salah satu keluarga atau teman dekat dari suamimu meninggal dunia. Sebagai pasangan, apa yang bisa kamu lakukan untuk…

TRENDING ON LIFESTYLE