Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | PARENTING | TERNYATA 5 MAKANAN INI BISA MENAMBAH JUMLAH PRODUKSI ASI

Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Menambah Jumlah Produksi Asi

LS Parenting
Durasi baca: 1 menit, 55 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Menambah Jumlah Produksi Asi

Salah satu tips memiliki ASI berkualitas adalah memilih makanan yang tepat. Ada banyak jenis makanan yang bisa kamu makan selama menyusui. Makanan yang pertama adalah ikan Salmon. Ikan ini mempunyai segala macam nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kamu dan juga bayi. Selain itu, kandungan DHA, yaitu zat yang mendukung pertumbuhan otak dan kecerdasan bayi, juga banyak terdapat dalam ikan ini.

Selanjutnya adalah susu rendah lemak. Susu sangat diperlukan karena mengandung Vitamin B dan D, protein, serta kalsium yang penting untuk pembentukan tulang dan otot bayi. Buah-buahan dan sayur-sayuran juga sangat penting untuk menghasilkan ASI yang berkualitas. Contohnya adalah buah jeruk, yang kaya akan vitamin C sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan bayi, kacang-kacangan, terutama yang berwarna gelap sebagai sumber zat besi dan protein, bayam dan brokoli, sebagai sumber vitamin A dan zat besi, dan lainnya.

Makanan untuk Memperlancar atau Memperbanyak ASI

1. Telur

Baca juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Nafas Tetap Segar

Bahan makanan untuk meningkatkan kualitas ASI lainnya adalah telur. Bahan makanan satu ini kaya akan vitamin D yang berfungsi untuk menjaga tulang kamu dan juga perkembangan tulang bayi pada masa pertumbuhan.

2. Kacang-kacangan

Untuk camilan sehat selama periode menyusui, kamu bisa menjadikan kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, hingga kacang hijau sebagai snack sehat untuk menyusui, lho.

3. Roti Gandum

Gandum adalah pilihan makanan untuk ibu menyusui selanjutnya yang cukup mudah ditemukan. Kandungan asam folat pada gandum yang sangat bagus bagi perkembangan otak bayi.

4. Beras Merah

Makanan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah beras merah. Beras merah mengandung senyawa galaktogogus yang baik untuk melancarkan ASI. Beras merah juga akan membantu proses pemulihan pasca melahirkan.

5. Susu Kedelai

Saat ini, masih banyak banget kamu yang memilih susu rendah lemak. Susu rendah lemak memang termasuk salah satu makanan sehat untuk ibu menyusui. Namun, untuk memperkaya nutrisi kamu bisa mengombinasikannya dengan susu soya atau susu kedelai.

Menyusui juga merupakan kegiatan yang menguras tenaga kamu. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang dapat menyediakan energi tambahan untuk kamu sangat disarankan. Salah satu makanan yang menyediakan energi tambahan untuk kamu adalah daging sapi tanpa lemak. Daging sapi akan memberikan kamu zat besi dan vitamin B-12 yang dapat membantu kamu memulihkan energi dan menghasilkan ASI berkualitas. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi sereal gandum utuh untuk sarapan. Selain sebagai sumber energi untuk memulai hari, makanan ini juga banyak mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan kamu.

Baca juga: Selain untuk Bayi, ASI Juga Bermanfaat bagi Kecantikan

 

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

ASI Makanan Penambah Asi Makanan Pelancar ASI

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting