Ladiestory.id » Health » Ternyata 8 Bahan Alami Ini, Bisa Untuk Mengatasi Flu dan Batuk Pada Ibu Menyusui

Ternyata 8 Bahan Alami Ini, Bisa Untuk Mengatasi Flu dan Batuk Pada Ibu Menyusui

LS Health
Penulis: LS Health
Jum'at, 31 Januari 2020 | 10:28:29
Durasi baca: 2 menit, 39 detik
Dibaca: 149 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ternyata 8 Bahan Alami Ini, Bisa Untuk Mengatasi Flu dan Batuk Pada Ibu Menyusui

Flu mungkin tidak banyak dianggap penyakit yang berbahaya hingga dapat mengancam nyawa. Ada pula penyakit flu musiman yang telah mengakibatkan kematian 650.000 orang setiap tahunnya menurut WHO. Oleh karena itu vaksin flu sangat penting khususnya bagi anak-anak.

Penyakit ini disebut flu musiman karena hanya muncul dua kali dalam setahun yaitu pada musim dingin belahan bumi utara dan satu lagi dari belahan bumi selatan. Flu ini bisa terjadi sepanjang tahun di daerah tropis dan sub tropis.

Dalam jangka panjang, wajar bila daya tahan Anda menurun karena kelelahan. Anda pun jadi lebih mudah tertular penyakit, salah satunya flu dan batuk. Sebagai Ibu menyusui, Anda tentu tidak disarankan sembarang mengonsumsi obat. Lalu apakah sebaiknya obat flu yang dianjurkan untuk Ibu menyusui? Bahan-bahan alami jadi salah satu jawabannya.

Baca juga: Ibu yang Bahagia Menjadi Kunci Penting Kehangatan Keluarga

Dalam kondisi cuaca tak menentu, tubuh rentan terkena penyakit, salah satunya adalah flu dan batuk. Namun Anda tidak disarankan sembarang mengonsumsi obat karena bisa saja kandungannya memengaruhi kualitas ASI yang menjadi asupan si Kecil.

Bahan Alami untuk Mengatasi Flu pada Ibu Menyusui

Berikut 8 bahan alami untuk mengatasi flu atau batuk saat menyusui :

Sumber Foto: Merdeka.com

Minuman Hangat

Untuk mengurangi flu dan batuk namun tetap mempertahankan produksi ASI dan kesehatan si Kecil, cobalah untuk minum minuman hangat. Sekadar minum air putih hangat, kaldu ayam, dan susu hangat cukup baik bagi ibu menyusui yang membutuhkan asupan cairan lebih banyak. Uap panas dari minuman hangat bisa membantu melegakan hidung tersumbat dan meringankan tenggorokan yang gatal.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Membantu Mengatasi Masalah Kulit Tubuh yang Kering


Jahe

Jahe mengandung minyak atsiri zingiberena (zingirona), gingerol, mineral, serta antioksidan alami yang dapat mengurangi keluhan demam atau flu. Selain itu, asam amino dan mineral dalam wedang jahe juga bisa membuat aliran darah lebih lancar.

Teh

Teh hijau atau teh hitam kaya dengan antioksidan theanine, flavonoid, dan katekin yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan flu.

Sumber Foto: Liputan6.com

Yoghurt

Baca juga: Zodiak Mingguan 21-27 Oktober, Ini 3 Zodiak yang Alami Cinta Terburuk

Sebagai hasil hasil fermentasi susu, yoghurt kaya probiotik yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bawang putih

Meski memiliki aroma yang tajam, bawang putih bisa jadi sahabat Anda melawan flu dan batuk. Caranya cuci bersih bawang putih lalu konsumsi mentah. Konsumsi 1-3 siung bawang putih mentah setidaknya dua kali sehari. Jika Anda kurang suka dengan aroma tajam bawang putih mentah, Anda dapat merebusnya

Sumber Foto: Merdeka.com

Vitamin C

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar selama menyusui, terutama yang kaya kandungan vitamin C. Hal ini bisa membantu Anda segera pulih dari flu maupun batuk.

Baca juga: 26 Bahan Rahasia dalam Produk Skincare untuk Tampil Cantik

Madu

Ketika Anda menyusui dan menderita flu, usahakan mengkonsumsi madu setiap pagi. Hal ini bisa membantu Anda meningkatkan daya tahan agar segera sembuh dari flu dan batuk.

Sirop jeruk nipis atau lemon dan madu

Obat batuk alami yang mudah dibuat sendiri dan kerapkali efektif untuk menguraikan dahak adalah sirop dari perasan 1 butir jeruk nipis atau lemon dicampur 2 sdt madu dalam 1 cangkir air panas dan diminum 3-4 kali sehari.

Pastikan bahwa Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan bahan herbal. Jadi bagi kita yang tinggal di Indonesia dengan iklim tropis, flu musiman bisa menyerang kapan saja. Virus influenza terus menerus bermutasi untuk menghindari sistem kekebalan tubuh kita. Pada saat imun tubuh melemah, virus flu akan langsung menyerang. Terlebih untuk Ibu menyusui, untuk ibu yang sedang terkena flu semoga tips ini bisa membantu Ibu yang sedang terkena flu.

Baca juga: Redakan Perut Kembung dengan Mengurangi Konsumsi Satu Bahan Ini

obat flu ibu menyusui mengatasi flu pada ibu menyusui obat flu untuk ibu menyusui

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH