Ladiestory.id » Parenting » Ternyata, Ada Banyak Manfaat Mengajarkan Anak Membaca dari Kecil

Ternyata, Ada Banyak Manfaat Mengajarkan Anak Membaca dari Kecil

LS Parenting
Selasa, 28 April 2020 | 12:05:57
Durasi baca: 2 menit, 19 detik
Dibaca: 2 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ternyata, Ada Banyak Manfaat Mengajarkan Anak Membaca dari Kecil

Di era digital seperti sekarang ini, kesukaan terhadap membaca tetap perlu ditanamkan kepada si buah hati. Sebab banyak sekali informasi yang akan didapat dengan gemar membaca. Selain manfaat yang dirasakan anak, membaca juga dapat menjadi aktivitas antara orangtua dan anak. Lewat membaca, kedekatan antara orangtua dan anak pun dapat terbangun.

Orangtua juga harus ambil bagian dengan menggunakan cara yang menyenangkan agar anak tidak bosan. Namun, harus dipahami kalau anak-anak baru benar-benar bisa membaca pada saat umur 6 tahun. Jadi, jika anak kamu masih di bawah 6 tahun, wajar saja kalau belum terlalu bisa mengikuti apa yang kamu ajarkan. Nah, apa saja manfaat yang didapat saat mengajarkan membaca kepada anak sejak dini? Berikut adalah beberapa manfaat mengajarkan anak-anak membaca sejak kecil. 

Menumbuhkan imajinasi dan kreativitas

Anak usia dini belajar dengan cara bermain. Lembaga-lembaga penyedia pendidikan anak usia dini merupakan tempat yang tepat untuk memfasilitasi kebutuhan anak tersebut. Bila anak  belajar dalam  suasana yang menyenangkan, akan lebih mudah baginya untuk menyerap berbagai bimbingan yang diberikan. Selain mempelajari berbagai keterampilan dasar untuk membaca dan menulis, anak juga akan mendapatkan banyak rangsangan yang akan memancing imajinasi dan kreativitasnya.

Baca juga: Manfaat Tak Terduga dari Kebiasaan Menonton di Bioskop Bersama Anak

Menanamkan nilai-nilai positif

Program kegiatan yang diadakan di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini juga bertujuan menanamkan nilai-nilai positif, seperti kejujuran, toleransi, berbagi, dan sebagainya. Pada usia pra sekolah, anak belajar dengan cara bermain. Maka dari itu, kegiatan yang dilakukan di playgroup dan TK dirancang layaknya permainan, meski sebenarnya menyimpan maksud pembelajaran tertentu. Melalui berbagai permainan tersebut, anak akan belajar tentang sopan santun, menghormati orang lain, berbagi dengan orang lain, pentingnya bersikap jujur, dan lain-lain.

Membentuk dasar kepribadian anak

Pada fase golden years, otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pengalaman yang didapat anak di periode ini turut membentuk kepribadiannya dan akan memengaruhi sosoknya hingga kelak ia dewasa. Melalui banyak membaca dari kecil, anak akan mendapatkan berbagai contoh dan kegiatan positif yang akan ia ingat dan praktikkan dalam kehidupannya.

Mengembangkan kemampuan otak

Membaca dapat mengembangkan otak anak sehingga mampu memahami sesuatu dengan cepat selama enam tahun pertama, atau yang kita kenal dengan nama golden age. Saat anak diajarkan membaca, koneksi yang ada pada sel otak akan menjadi kuat dan dapat menciptakan koneksi-koneksi baru sehingga proses belajar memiliki pengaruh yang sangat besar pada keseluruhan fungsi dan perkembangan otak.

Membaca sebagai kunci kesuksesan

Membaca merupakan kunci kesuksesan akademik. Ketika anak belajar membaca di umur yang sangat muda, maka ia akan memiliki pengetahuan umum yang lebih banyak, memperbanyak kosakata, meningkatkan kemampuan menulis dan berkomunikasi verbal.

Mengajarkan anak menjadi pribadi yang cerdas tidak perlu sesuatu yang sempurna tentunya. Asalkan ada peningkatan dari hari ke hari, itu sudah cukup untuk menunjukan bahwa cara dipakai orangtua untuk mengajarkan anak membaca efektif. Tak perlu memasang target terlalu tinggi pada anak, nikmatilah proses pembelajaran yang sekaligus jadikan momen ini sebagai quality time kamu bersama anak.

Baca juga: 5 Hal yang Menyebabkan Anak Rentan Alergi


Sumber foto utama: Freepik.com

Manfaat mengajarkan anak membaca dari kecil manfaat belajar membaca untuk anak cara mengajarkan membaca untuk anak

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING