Ladiestory.id » Parenting » Ternyata Belajar Berenang Sejak Dini, Bisa Meningkatkan IQ Pada Otak Anak

Ternyata Belajar Berenang Sejak Dini, Bisa Meningkatkan IQ Pada Otak Anak

LS Parenting
Kamis, 30 Januari 2020 | 03:13:03
Durasi baca: 2 menit, 9 detik
Dibaca: 2 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ternyata Belajar Berenang Sejak Dini, Bisa Meningkatkan IQ Pada Otak Anak

Berenang atau melakukan olahraga air yang satu ini sudah bisa mulai dipraktekan pada si Kecil sejak ia berusia tiga bulan. Sebuah penelitian di Norwegian University of Science and Technology membuktikan berenang bisa membantu melatih kemampuan motorik anak, meningkatkan IQ dan mengasah keseimbangan tubuhnya.  Tak berhenti sampai di situ, ternyata ada banyak manfaat mengajarkan anak berenang dengan pembekalan belajar berenang sejak dini Dengan berenang, tubuh kita bisa bugar dan segar kembali setelah beraktivitas. Tak hanya orang tua, kini balita-balita pun sudah banyak yang mahir olahraga air ini.

Apa saja yang harus dilakukan saat mengajak anak berenang:

Sumber Foto: Tribunnews

 

Baca juga: Konsumsi Setiap Hari, 7 Jus Buah Ini Bagus untuk Kecerdasan Otak Anak

Persiapan Berenang bagi Si Kecil

Agar si Kecil tetap merasa nyaman saat berenang, Anda perlu menyiapkan beberapa keperluannya. Keperluan ini penting untuk persiapan ketika si Kecil akan berenang dan usai berenang, agar tubuhnya tetap hangat.

Beberapa hal yang perlu Anda siapkan sebelum mengajak si Kecil untuk berenang:

  • Pakaian renang yang nyaman bagi si Kecil. Jangan yang terlalu ketat maupun terlalu longgar. Pilih bahan pakaian renang yang lembut di bagian dalamnya, untuk menghindari iritasi pada kulit si Kecil.
  • Berikan mainan tahan air dengan warna-warna cerah untuk menemani aktifitasnya di dalam air. Sebaiknya, pilih mainan berbahan karet maupun plastik.
  • Jangan lupa untuk membawa handuk berbulu lembut yang nyaman di kulit anak Anda. Bungkus tubuh si Kecil dengan handuk, seketika setelah ia diangkat dari kolam renang.
  • Untuk anak di atas satu tahun, siapkan cemilan kesukaan si Kecil untuk ia nikmati setelah berenang, agar tubuhnya kembali hangat dan terisi asupan sehat.
  • Berikan si Kecil pakaian ganti yang berbahan lembut dan ringan, agar pori-pori kulitnya tetap merasa nyaman.
Sumber Foto: Vitabumin

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berenang

Baca juga: Balance Bike, Cara Seru Melatih Keseimbangan Tubuh dan Otak Anak


  • Anda perlu menjamin bahwa semua kebutuhan si Kecil untuk berenang itu aman dan nyaman bagi mereka. Berikut adalah beberapa hal untuk membuat si Kecil tetap aman dan merasa nyaman ketika berenang.
  • Pastikan suhu kolam cenderung hangat. Suhu terbaik untuk kolam renang yang ramah bagi si Kecil ada di antara suhu 30 - 32 derajat celcius.
  • Bagi waktu berenang bersama si Kecil dalam beberapa sesi. Ini menghindari si Kecil terendam terlalu lama di dalam air. Untuk awal, si Kecil cukup menghabiskan waktu selama 10 - 15 menit di dalam air. Bila frekuensinya sudah semakin sering, Anda bisa menambahkan waktunya hingga 20 - 25 menit setiap sesinya. Hindari si Kecil terendam di dalam kolam renang hingga di atas 30 menit, karena ini bisa menyebabkan hiportemia pada si Kecil.

Sayang, banyak orangtua yang tidak mengajari anak berenang karena alasan takut tenggelam. Nyatanya, berenang bukan hanya sebagai salah satu kegiatan akhir pekan, manfaat mengajarkan anak berenang yang tak kalah penting adalah kemampuan perlindungan diri saat keadaan darurat dalam air. 

manfaat berenang balita berenang bereng bayi berenang

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING