?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » TERNYATA INI 3 GANGGUAN KESEHATAN YANG BISA DITIMBULKAN KARENA KEBIASAAN TIDUR TENGKURAP

Ternyata Ini 3 Gangguan Kesehatan yang Bisa Ditimbulkan karena Kebiasaan Tidur Tengkurap

LS Health
Penulis: LS Health
Senin, 16 Desember 2019 | 11:50:27
Durasi baca: 2 menit, 4 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ternyata Ini 3 Gangguan Kesehatan yang Bisa Ditimbulkan karena Kebiasaan Tidur Tengkurap

Beberapa orang merasa nyaman dan cepat tidur ketika mereka tidur dalam posisi tengkurap. Namun, ternyata posisi tidur tengkurap bisa membawa berbagai masalah kesehatan mulai dari sakit leher hingga penuaan kulit. Kalau kamu memiliki kebiasaan tidur tengkurap, sebaiknya kamu harus segera mengurangi karena banyak efek negatif yang ditimbulkan. Ini 3 penyakit yang bisa ditimbulkan kalau kamu kebiasaan tidur tengkurap.

1. Sakit leher kronis

sakit leher kronis
sumber: thehealthy.com

Ketika kamu tidur tengkurap, kamu akan kesulitan bernapas jika kamu tidak mengarahkan kepalamu ke samping kanan atau kiri. Posisi tidur dengan kepala dan leher ke samping bisa menyebabkan gangguang leher kronis, karena kepala dan tulang belakang ‘dipaksa’ menengok semalaman. Kebiasaan tidur tengkurap juga bisa mengakibatkan herniated disk, atau bantalan ruas tulang belakang (disk) bergeser, sehingga menekan saraf tulang belakang. Umumnya, kondisi ini dikenal dengan sebutan ‘saraf kejepit’. Jika dibiarkan dan tidak ditangani bisa menyebabkan kelumpuhan. Tidur terlentang adalah posisi yang paling baik bagi tubuh saat tidur. Para dokter juga merekomendasikan tidur terlentang bagi mereka yang mengalami sakit tulang belakang atau rematik. Kamu juga harus tidur dengan bantal yang tidak terlalu ringgi sebagai penyangga kepala atau tempatkan bantal di kedua sisi samping tumbuh untuk menopang kedua tangan sehingga beban pada lehermu bisa lebih ringan.

2. Dapat menyebabkan keriput

dapat menyebabkan keriput
sumber: thehealthy.com

Tidur dengan posisi tengkurap adalah ‘cara cepat’ untuk kamu yang ingin memiliki wajah keriput. Berdasarkan studi Laboratory for Oxidative Stress Research yang dilakukan oleh ilmuan dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ljubljana, Slovenia, kerutan yang terbentuk saat tidur dengan posisi wajah tertekan ke tempat tidur dapat membuat kerutan muncul menjadi permanen. Tidur terlentang masih menjadi posisi paling baik jika ingin mencegah timbul kerutan di wajah. Posisi ini tidak membuat wajah tertekan oleh bantal dan pori-pori kulitmu juga lebih mudah untuk bernapas.

Baca juga: Manfaat Memelihara Kuncing Yang Bagus Untuk Kesehatan

3. Dapat menekan payudara

dapat menekan payudara
sumber: sverywellhealth.com

Bagi wanita, tidur tengkurap bisa menimbulkan masalah pada payudaramu. Ketika kamu tidur tengkurap, berarti ada tekanan pada payudara yang sebenarnya tidak harus dilakukan, dan dapat membuat payudara terasa sakit setiap waktu. “Payudara kamu adalah dua organ berbeda yang masing-masing akan menimbulkan reaksi berbeda pada hormon dan membentuk jaringan serta lemak sendiri,” jelas spesialis bedah plastic Dr. Todd Malan. Tidur tengkurap tidak hanya membuat payudara sakit tapi juga membuatnya jadi lebih cepat kendur dan membentuk kerutan. Cara terbaik untuk mempertahankan kekencangan payudara adalah dengan tidur terlentang dan meletakkan bantal di bawah lutut untuk mencegah keinginan tidur tengkurap atau menyamping.

Nah, itulah 3 gangguan kesehatan yang bisa ditimbulkan karena kamu tidur dengan tengkurap, masih mau kamu tidur tengkurap?

health kesehatan tidur tidur tengkurap bahaya tidur tengkurap gangguan kesehatan tidur tengkurap kebiasaan tidur tengkurap penyakit karena tidur tengkurap

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH