Ladiestory.id » Health » Ternyata, Ini 7 Manfaat Berolahraga di Pagi Hari Sebelum Berangkat Kerja!

Ternyata, Ini 7 Manfaat Berolahraga di Pagi Hari Sebelum Berangkat Kerja!

LS Health
Penulis: LS Health
Jum'at, 18 Oktober 2019 | 05:58:23
Durasi baca: 3 menit, 18 detik
Dibaca: 9 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ternyata, Ini 7 Manfaat Berolahraga di Pagi Hari Sebelum Berangkat Kerja!

Bangun dari tempat tidur di pagi hari merupakan hal yang sulit apalagi harus berolahraga di pagi hari. Perlu beberapa menit untuk benar-benar terbangun dari tempat tidurmu. Berolahraga di pagi hari bukanlah hal yang mudah tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Kamu mungkin merasa bahwa dengan berolahraga pagi, waktu tidurmu akan berkurang dan membuat harimu menjadi lebih padat. Padahal ternyata, berolahraga di pagi hari itu memiliki manfaat untuk dirimu dan juga kesehatanmu, Ladies! Dan di bawah ini ada 7 manfaat berolahraga di pagi hari.

1. Kamu akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori ekstra sepanjang hari

Meskipun kamu mungkin berpikir bahwa membakar kalori di pagi hari akan memberimu rasa lelah berlebih dan ingin makan lebih banyak, ternyata itu tidak benar. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berolahraga di pagi hari tidak mengkonsumsi kalori lebih banyak sepanjang hari daripada mereka yang tidak berolahraga. Para peneliti di Universitas Brigham Young menemukan bahwa mereka yang berolahraga di pagi hari melihat makanan yang lezat tidak begitu tertarik daripada mereka yang tidak berolahraga. Dan berolahraga di pagi hari juga membantumu mencegah mengonsumsi kalori yang tidak perlu sepanjang hari.

Baca juga: Belum Dapat Kerja? Bisa Jadi Karena 8 Hal yang Belum Kamu Sadari Ini

2. Kamu akan tidur lebih nyenyak di malam hari

Menurut National Sleep Foundation, “Ketika kamu tidur di malam hari, tekanan darahmu secara alami menurun sekitar 10 hingga 20 persen. Pengurangan itu baik untuk jantungmu dan mungkin menjadi salah satu cara tubuhmu memulihkan diri saat kamu tidur. Berolahraga di pagi hari juga dapat memberikan pengurangan tekanan darah yang ideal, serta memaksimalkan tidur nyenyak, dibandingkan dengan olahraga siang atau malam hari.” Karena olahraga yang keras dapat meningkatkan suhu tubuh dan detak jantungmu, berolahraga di malam hari dapat membuatmu lebih sulit untuk rileks dan tertidur di malam hari. Berolahraga di pagi hari membuatmu memiliki istirahat malam yang baik tanpa perlu membolak-balikkan posisi tidurmu.

4. Kamu akan lebih aktif sepanjang hari

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari akhirnya menjadi lebih aktif sepanjang hari mereka. Bergerak di pagi hari dapat membantumu mencegah kamu menjadi lamban dan membuatmu lebih mungkin mencapai 10.000 langkah setiap harinya.

4. Berolahraga di pagi hari membakar lebih banyak lemak daripada waktu lain

Baca juga: 7 Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan


Ketika kamu melakukan olahraga di pagi hari, perutmu lebih empuk daripada jika kamu melakukannya di waktu lain dalam sehari. Penelitian menunjukkan bahwa ketika kamu berolahraga dengan perut kosong, tubuhmu dipaksa untuk mencelupkan diri ke dalam wadah lemakmu untuk mendapatkan energi untuk digunakan, yang mana akan membakar lemak lebih banyak. Tapi bukan berarti kamu harus mengosongkan perut ketika berolahraga, ya. Kamu perlu makan jika lapar. Para ahli menyarankan untuk makan pisang dengan selai kacang, buah kering, atau telur rebus dengan roti panggang sebelum kamu berolahraga.

5. Kamu akan memulai hari dengan suasana hati yang lebih baik

Semua orang tahu bahwa olahraga melepas endorphin yang meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stress, jadi berolahraga di pagi hari dapat membuatmu berada di ruang kepala yang lebih baik untuk memulai harimu. Berkeringat di pagi hari dapat menjernihkan pikiranmu dan membuatmu siap untuk menyongsong harimu.

6. Kamu memiliki waktu luang setelah pulang kerja

Bukan rahasia lagi bahwa berolahraga dapat terasa seperti pekerjaan yang berat, terutama ketika kamu berencana untuk melakukannya setelah bekerja, dan kamu memiliki waktu sepanjang hari untuk memikirkannya dan malas melakukannya. Dengan berolahraga di pagi hari, kamu bebas untuk melakukan sisa harimu dan tidak akan merasa lelah dan tidak mau berolahraga karena sudah lelah bekerja. Kamu pun bisa tetap bepergian bersama temanmu setelah pulang kerja tanpa harus memikirkan olahraga lagi.

Baca juga: Rekan Kerja Mau Menjatuhkanmu? Hadapi dengan Cara Bijak Ini

7. Ini dapat membantu meningkatkan metabolisme kamu dan meningkatkan pertumbuhan otot

Di pagi hari, kadar testoteron adalah yang tertinggi setiap harinya. Ini dapat membuatmu semangat dan memberikan dorongan ekstra untuk metabolisme tubuhmu dan pertumbuhan ototmu. Menurut National Institute for Fitness, “Semakin banyak testoteron yang kita miliki dalam tubuh kita saat berolahraga, semakin efisien tubuh kita pada produksi otot. Melihat keuntungan ini, dapat membangun ototmu lebih efisien.”

Source foto: film I Feel Pretty/Huayi Brothers Pictures, Voltage Pictures, Wonderland Sound and Vision

Berolahraga di pagi hari mungkin terasa melelahkan karena harus merelakan bangun lebih awal, tapi ternyata manfaatnya banyak banget untuk tubuhmu, lho Ladies. Yuk, mulai hari dengan olahraga di pagi hari!

health kesehatan olahraga manfaat manfaat olahraga pagi hari olahraga pagi

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH