?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » TETAP JADI ANAK YANG BERBAKTI, INI 4 CARA UNTUK MERAWAT ORANG TUAMU YANG SUDAH LANJUT USIA

Tetap Jadi Anak yang Berbakti, Ini 4 Cara untuk Merawat Orang Tuamu yang Sudah Lanjut Usia

LS Parenting
Senin, 30 Desember 2019 | 11:30:23
Durasi baca: 2 menit, 6 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tetap Jadi Anak yang Berbakti, Ini 4 Cara untuk Merawat Orang Tuamu yang Sudah Lanjut Usia

Saat kamu memasuki fase baru dalam hidupmu, kemungkinan kamu akan memiliki masa di mana kamu harus lebih bertanggung jawab atas kesejahteraan orang tuamu daripada sebelumnya. Ini dapat membantumu mempersiapkan pola pikirmu untuk tahap ini dalam hidupmu. Kamu akan menemukan cara untuk melestarikan hal-hal yang telah kamu usahakan keras untuk kembangkan, sambil merawat orang tuamu yang sudah lanjut usia. Agar kamu tetap menjadi anak yang berbakti, ini 5 cara untuk merawat orang tuamu yang sudah lanjut usia.

1. Bantu mereka untuk mendapatkan dukungan yang seharusnya

ibu dan anak
sumber: forbes.com

Orang tuamu yang sudah lanjut usia kemungkinan sudah harus mendapatkan dukungan finansial dari anak-anak mereka. Sebagai balas budi, bantu orang tuamu untuk membayar semua tagihan rumahnya atau biaya pengobatan dan biaya resep bulanan mereka. Kalau orang tuamu menggunakan asuransi, cobalah untuk membayarkan premi asuransinya. Bantu orang tuamu dengan cermat dan berikan mereka dukungan yang seharusnya di hari tua.

2. Pertimbangkan untuk menyewa pengasuh untuk orang tuamu

pengasuh untuk orang tua
sumber: parade.com

Kemungkinan karena keterbatasan usia, orang tuamu sudah tidak bisa melakukan segala hal dengan sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan seorang pengasuh untuk orang tuamu saat kamu sedang sibuk di kantormu. Orang tuamu bisa menyuruh pengasuh tersebut untuk memasak, membersihkan rumah, atau bahkan memandikan mereka. Carilag orang-orang yang sudah professional di bidang ini dan memiliki latar belakang dalam pekerjaan sosial atau keperawatan. Tentunya mereka akan mengurus orang tuamu dengan baik. Dengan begitu, orang tuamu akan merasa kamu menyayangi mereka seperti mereka menyayangimu di waktu kecil.

Baca juga: Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak

3. Bicarakan dengan anggota keluarga lainnya

bicarakan dengan anggota keluarga lainnya
sumber: pinterest.com

Seiring bertambahnya usia orang tuamu, kamu bukan satu-satunya orang dalam hidup mereka yang dapat membantu, melindungi, dan merawat kedua orang tuamu. Kalau kamu punya saudara kandung, kamu bisa mendiskusikan hal tersebut bersama saudara-saudaramu. Ajak anggota keluarga yang aktif untuk bersama-sama membicarakan tentang bagaimana membagi tugas untuk merawat orang tua yang sudah lanjut usia. Kalau minggu ini sudah kamu yang merawat orang tuamu, mungkin minggu depannya harus kakakmu yang merawat mereka. Bagi waktu dan tugas dengan adil agar tidak ada yang merasa dirugikan.

4. Selalu luangkan waktu untuk hidupmu sendiri

luangkan waktu untuk diri sendiri
sumber: painresource.com

Sepanjang waktu menyediakan usaha dan waktu untuk merawat orang tuamu yang sudah lanjut usia, jangan lupakan kehidupan dan kesejahteraanmu sendiri, Ladies! Kamu perlu waktu untuk mencurahkan atau mengembangkan hidupmu sendiri untuk menjaga kondisi pikiran yang sehat. Tentunya, orang tuamu mungkin tidak ingin membuatmu menyabotase kesejahteraan dan stabilitasmu untuk merawat mereka.

Merawat orang tua mungkin akan menjadi sesuatu yang berat apalagi jika kamu orang yang bekerja, tapi kamu harus ingat bagaimana orang tuamu dulu merawatmu dari kecil hingga kamu sebesar ini.

parenting anak mengasuh orang tua orang tua orang tua lanjut usia merawat orang tua merawat orang tua yang lanjut usia

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING