?>
LADIESTORY.ID » HIJAB » TETAP KUAT DAN SEHAT, INI 5 CARA MERAWAT RAMBUT UNTUK PARA HIJABER

Tetap Kuat dan Sehat, Ini 5 Cara Merawat Rambut untuk Para Hijaber

LS Hijab
Penulis: LS Hijab
Rabu, 01 Januari 2020 | 11:10:28
Durasi baca: 3 menit, 9 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tetap Kuat dan Sehat, Ini 5 Cara Merawat Rambut untuk Para Hijaber

Menggunakan hijab setiap hari bukan berarti kamu tidak perlu marawat rambutmu yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung, Ladies. Seperti halnya merawat kebersihan dan kesehatan gigi dan kuku, kamu pun juga harus menjaga kekuatan rambutmu agar tidak mudah rontok atau mengalami kerusakan lain seperti yang kerap terjadi pada rambut yang tidak ditutupi hijab setiap harinya. Sebab, memakai hijab bukan berarti pula rambut kita tidak akan mendapat masalah. Buktinya saja, kita mungkin pernah mendengar atau mengalaminya sendiri bahwa rambut menjadi rentan rontok dan berketombe jika menutupnya dengan hijab seharian dan setiap hari di setiap berkegiatan. Tapi, bukan berarti hal itu tidak bisa diatasi, lho. Berikut ini, ada 5 cara merawat rambut untuk para hijabers agar rambut kembali sehat!

1. Berikan waktu untuk rambutmu bernafas

Berikan waktu untuk rambutmu bernafas
sumber: freepik.com

Setelah seharian penuh berkegiatan di luar rumah yang mengharuskanmu mengenakan hijab, ada baiknya jika kamu membiarkan rambutmu bernafas ketika tiba di rumah. Kamu bisa mengurainya untuk membebaskan rambut yang sudah seharian tadi digelung atau diikat dan disembunyikan di balik kain hijab. Biarkanlah rambutmu bernafas bebas, Ladies. Namun, jika di dalam rumah terdapat lelaki yang bukan mahram, kamu bisa mengenakan hijab yang cukup longgar atau mengikat rambutmu dengan ikatan yang tidak kencang. Lebih aman lagi, jika kamu tetap berada di kamar dan berikan waktu beberapa jam agar rambutmu bebas bernafas tanpa diikat.

2. Hindari terlalu sering berkeramas

Hindari terlalu sering berkeramas
sumber: freepik.com

Jika kamu tipe orang yang senang keramas karena bisa menyejukkan kulit kepala, sebaiknya ubah kegemaran itu dengan tidak terlalu sering berkeramas, Ladies. Sebab, terlalu sering keramas bisa membuat rambutmu kering dan mudah rapuh. Karena, semakin sering kamu mencuci rambutmu maka semakin banyak pula minyak alami rambut yang terusir dari kulit kepala. Selain itu, hindari pula terlalu berkeramas menggunakan air hangat, ya. Sebab, mandi dengan air hangat bisa membuat rambut kering dan tentunya jika terlalu sering dilakukan, rambut pun akan mengalami kerusakan. Namun, kamu juga mesti memastikan bahwa rambut tetap lembap dengan menggunakan dry shampoo atau kondisioner tanpa bilas.

Baca juga: Perhatikan Cara Pemilihan Sisir Yang Tepat Sesuai Jenis Rambut

3. Pastikan rambut kering sebelum memakai hijab

Pastikan rambut kering sebelum memakai hijab
sumber: freepik.com

Selain memicu bau yang tak sedap, mengenakan hijab dengan kondisi rambut yang masih basah akan menyebabkan kerusakan pada akar rambut, terlebih jika kamu mengikatnya juga. Dua kondisi yang tidak baik untuk rambut, yaitu mengikat rambut sepanjang waktu dalam keadaan rambut yang masih basah atau setengah kering. Maka itulah, Ladies, kamu mesti keringkan dulu rambut yang masih basah atau setengah kering hingga menjadi benar-benar kering dan barulah mengenakan hijab. Jika merasa tak punya waktu banyak untuk mengeringkan rambut, kamu harus bangun lebih awal dan menyiasati waktu agar tetap bisa mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum seharian membungkusnya.

4. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Hindari mengikat rambut terlalu kencang
sumber: freepik.com

Terlalu kencang mengikat rambut bisa merusak akar rambut dan membuat rambut mudah patah. Jadi, ada baiknya jika kamu beri sedikit kelonggaran pada rambut ketika berupaya mengikatnya. Gunakanlah pengikat rambut yang terbuat dari bahan katun dan hindari menggunakan karet rambut tanpa pelapis kain. Agar lebih aman, kepanglah rambutmu ke belakang dan buka jalinannya ketika sudah sampai di rumah. Mengepang rambut bisa mengurangi risiko kerusakan pada akar rambut yang menyebabkan rambut mudah patah lho, Ladies.

5. Gunakan produk dan alat untuk rambut yang tepat

Gunakan produk dan alat untuk rambut yang tepat
sumber: freepik.com

Jika rambutmu mudah rontok dan patah, maka gunakanlah tooth comb, atau sisir bergigi jarang yang akan mengurangi risiko rambut patah akibat kekusutan rambut. Jadi, pilihlah jenis sisir yang tepat untuk menyisir rambutmu, Ladies. Menyisir rambut ternyata bisa meningkatkan sirkulasi dan kulit kepala yang sehat, lho. Selain itu, gunakanlah minyak rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti miyak argan, minyak kelapa, dan minyak jojoba akan sangat baik untuk kulit kepala dan rambutmu. Pilihlah minyak rambut alami yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu, ya. Sebab, minyak rambut yang terbuat dari bahan alami dan non kimia akan menutrisi rambut dan bisa menjadikan rambut lebih lembap dan sehat tentunya!

Jadi, tetaplah merawat rambutmu bagaimanapun keadaannya agar tetap kuat dan sehat, Ladies!

Baca juga: Perawatan Rambut ala Korea yang Bisa Kamu Tiru. Cocok untuk yang Berhijab!


hijab jilbab kerudung tips perawatan rambut untuk hijaber hijaber

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HIJAB