?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » TIPS AGAR LANCAR PUASA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Tips Agar Lancar Puasa di Tengah Pandemi COVID-19

LS Health
Penulis: LS Health
Rabu, 29 April 2020 | 04:39:12
Durasi baca: 2 menit, 6 detik
Dibaca: 8 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tips Agar Lancar Puasa di Tengah Pandemi COVID-19

Hai Ladies, bagaimana nih, puasa kamu di hari ke-6? Semoga tetap dilancarkan dan semangat selalu, ya. Apalagi di tengah pandemik COVID-19 yang tak kunjung usai. Menjaga kesehatan saat bulan Ramadan, terlebih dalam kondisi seperti sekarang, menjadi hal yang wajib. Karena dengan menjaga pola hidup sehat yang diimbangi dengan menjaga kebersihan, akan membuat imunitas tubuh kamu dan keluarga yang terjaga.

Hal ini juga membuat kualitas ibadah menjadi lebih baik, karena dengan kesehatan yang prima kita bisa menyempurnakan tahapan ibadah kita di bulan suci ini hingga tuntas. Nah, berikut adalah tips yang bisa kamu terapkan agar puasa lancar di tengah pandemik COVID-19.

  • Usahakan minum minimal 2-3 liter sehari saat kamu berpuasa. Sesuaikan waktu minum kamu dengan waktu berbuka dan sahur sehingga kamu akan tetap terhidrasi sepanjang hari. 
  • Hindari makanan olahan untuk sementara waktu. Masakan rumahan yang disiapkan dengan baik akan menjaga badan kamu tetap bugar.
  • Siapkan makanan yang bernutrisi baik, sehingga badan kamu tidak kekurangan vitamin dan mineral baik selama puasa.
  • Jangan makan berlebihan saat berbuka dan hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan karbohidrat sederhana. Hal ini justru bisa membuat kamu menjadi mudah lapar dan tentunya memicu kamu terus makan.
  • Tidur cukup. Ini akan membantu kamu bisa tetap segar dan mampu beribadah dengan baik sepanjang hari.
  • Hentikan merokok sekarang juga. Bulan puasa merupakan saat yang tepat untuk berhenti merokok.
  • Lakukan aktivitas fisik yang memungkinkan untuk dilakukan.
  • Atasi stres dengan cara memperdalam ilmu agama dan memperbanyak ibadah.
  • Kontrol tekanan darah secara rutin bagi penderita hipertensi, kontrol gula darah secara teratur bagi kamu yang memiliki diabetes.
  • Mengonsumsi suplemen saat berbuka puasa maupun sahur juga bisa menjadi tips puasa di tengah pandemi virus corona. Dengan mengonsumsi suplemen imunomodulator, kinerja sistem imun tubuh akan terjaga. Suplemen yang dapat meningkatkan sistem imun di antaranya vitamin C, D, dan zinc.

Oleh karena itu, meski sedang fokus beribadah, kamu tidak boleh mengabaikan tindakan pencegahan penularan virus corona. Selain itu, jaga juga daya tahan tubuh dan kesehatanmu selama berpuasa. Pandemi COVID-19 telah membuat orang berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidup. Dampak pandemi COVID-19 tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Aspek kehidupan tiap orang secara psikologis, sosial, bahkan spiritual ikut diuji saat ini.

Baca juga: 7 Tips Menjadi Barista Profesional

Jangan lupa menerapkan tips-tips di atas selama bulan Ramadan ya, agar kamu bisa tetap beribadah dengan lancar, sekaligus menjaga kesehatan dan menekan penyebaran virus corona. Selain itu, jangan lupa untuk selalu melakukan tindakan pencegahan, seperti rutin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, mengenakan masker ketika sakit atau saat berada di luar rumah, serta menerapkan etika saat batuk dan bersin.

Sumber foto utama: Shutterstock.com

Tips Puasa di tengah Pandemi Tips Puasa di tengah Pandemi corona puasa ditengah wabah corona tips sehat berpuasa

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH