?>
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | TIPS BAGAIMANA CARA MENGHADAPI DAN MENGATASI MASALAH TRUST ISSUE DALAM SUATU HUBUNGAN

Tips Bagaimana Cara Menghadapi dan Mengatasi Masalah Trust Issue Dalam Suatu Hubungan

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 39 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tips Bagaimana Cara Menghadapi dan Mengatasi Masalah Trust Issue Dalam Suatu Hubungan

Mengatasi trust issue pada diri seseorang rasanya cukup complicated. Individu yang mengalami trust issues memiliki pengalaman masa lalu yang cukup tidak menyenangkan. Sehingga jika masalah ini tidak ditangani secara tepat dapat menyebabkan seseorang menjadi takut dan tidak berkembang.

Trust issue adalah masalah krisis kepercayaan yang dialami seseorang terhadap orang lain terutama pasangan yang telah mengkhianati, menyakiti, atau melakukan hal buruk kepada dirinya.

Berdamai dengan masa lalu

Berdamai dengan masa lalu adalah cara penting yang harus dilakukan untuk mengatasi trust issue yang kamu alami. Hal yang bisa kamu mulai adalah cobalah untuk mencari tahu penyebab kamu mengalami masalah kepercayaan itu sendiri. Kemudian setelah menemukannya, kamu akan lebih bisa mencari solusinya.

Berikan juga sedikit ruang untuk dirimu berdamai dengan masa lalu. Pahamilah bahwa setiap keputusan yang kamu ambil pasti akan ada resikonya dan itu bisa jadi pembelajaran untuk kedepannya. Jangan lupa untuk memahami diri sendiri, bahwa tidak selamanya kamu akan terus dikhianati dan dibohongi. 

Baca juga: 5 Tanda Pria Serius Jalani Hubungan Asmara dengan Kamu

Hindari negative thinking berlebihan

Salah satu cara untuk mengatasi trust issue yang sedang kamu alami adalah dengan mengurangi pikiran negatif yang berlebihan. Memang kita tetap harus berhati-hati dan membatasi diri pada situasi tertentu. Namun, tidak ada salahnya juga untuk memberikan kepercayaanmu untuk orang yang sudah berbuat baik kepadamu ataupun mereka yang sudah menolongmu. Kamu bisa memahami mereka terlebih dahulu dan kemudian hargailah mereka jika memang mereka benar-benar tulus kepadamu.

Jangan lupa membiasakan diri untuk tidak mencurigai orang lain tanpa ada bukti yang jelas. Dengan begitu, kamu tidak akan takut lagi untuk percaya dengan mereka yang sudah berbuat baik padamu.

Pahami Akar Permasalahan

Namun agar kamu cepat move on dari trust issues ini, kamu perlu memahami mengapa kamu menjadi sulit percaya pada orang lain dari kejadian itu? Apakah karena kamu sudah menganggap hal tersebut adalah luka terbesar yang tidak bisa disembuhkan? Atau kamu tidak bisa memaafkan diri kamu sendiri karena terlalu percaya pada orang lain? Atau ada luka lain selain hubungan yang melkamusinya? Ini adalah poin penting untuk kamu melangkah ke depan.

Don’t Let It Haunt You

Jangan biarkan trust issues terus menerus menghantuimu. Segala hal traumatis yang mengganggu di masa sekarang adalah akibat dari pemikiran kamu yang terus menerus dihantui rasa sakit pada saat itu. kamu masih bisa merasakannya hingga sekarang. Mungkin kamu bisa memaafkan, namun sulit untuk melupakan. Hal ini akan merusak diri kamu baik secara mental bahkan fisik. kamu akan mengalami insomnia hingga kemungkinan adanya kecenderungan untuk melukai diri sendiri. Jika kamu sudah terlalu lama masuk dalam jurang ini, yang kamu bisa lakukan selanjutnya adalah “mengarsipkan” peristiwa ini pada otak menjadi hal yang tidak penting.

Learn To Forgive Yourself and Others

Perlu diketahui, terkadang kita sulit sekali keluar dari suatu kondisi yang kurang menenangkan karena belum mampu memaafkan diri sendiri terlebih dahulu. Memaafkan itu penting untuk melepaskan energi negatif dan melepaskan beban dalam hati serta pikiran. Ketika kamu belajar untuk memaafkan diri sendiri, kamu akan merasa lebih lega. Mengapa harus memaafkan diri sendiri? Pasti ada sekilas rasa bersalah dalam diri kamu mengapa kamu memilih jalan ini sehingga harus merasakan luka tersebut.

Demikian tips bagaimana cara menghadapi dan mengatasi masalah trust issue dalam suatu hubungan. Semoga bermanfaat!

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Mengatasi Masalah Trust Issue Trust Issue Mengatasi Masalah Trust Issue Pada hubungan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle