Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | TIPS KELUAR DARI STRES DAN KECEMASAN AGAR KESEHATAN MENTAL TETAP TERJAGA

Tips Keluar dari Stres dan Kecemasan agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 1 menit, 54 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tips Keluar dari Stres dan Kecemasan agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga

Hampir setiap orang pernah mengalami rasa cemas dan stres, terutama masyarakat urban. Stres memiliki gejala dan dampak yang berbeda pada masing-masing orang. Berdasarkan National Institute of Mental Health, ada beberapa gejala stres yang muncul. 

Mulai dari, rasa cemas, sulit konsentrasi, mudah marah dan lelah, gangguan tidur, hingga jantung berdebar. Rasa stres yang terus-menerus terjadi dan tidak segera diatasi, tentunya dapat menurunkan semangat hidup serta mengganggu kehidupan. 

Parahnya, stres bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental, yang ujung-ujungnya menimbulkan berbagai penyakit. Untuk menghindarinya, berikut ini tips keluar dari rasa stres agar kesehatan mental tetap terjaga dilansir dari berbagai sumber. 

Baca juga: Cek Kesehatan dari 6 Warna Darah Menstruasi

Tetap Berpikiran Positif 

Rasa stres dan cemas yang melanda kerap membuat kita berpikir negatif, bahkan mengingat hal-hal buruk yang terjadi pada masa lalu. Meski sulit, cobalah untuk tetap berpikir positif dan optimis. Selain itu, bayangkan hal baik yang terjadi, bukan hal buruk. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari stres serta rasa cemas. 

Meditasi 

Meditasi merupakan proses mengosongkan pikiran dengan membantu memusatkan pikiran dan perasaan sehingga lebih rileks. Dengan begitu, suasana hati kembali ceria. Banyak manfaat yang didapat dari meditasi selain membantu mengurangi gejala stres. 

Meditasi juga dapat mengatasi depresi, meningkatkan sistem imun tubuh, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tekanan darah, hingga mempertajam daya ingat. 

Olahraga 

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, olahraga juga dapat menjaga kesehatan mental. Olahraga terbukti dapat menurunkan stres dan kecemasan serta mengurangi ketegangan pada otot.

Ketika berolahraga, tubuh melepas hormon endorfin sehingga menimbulkan perasaan bahagia, energi positif, serta rasa nyaman. Karena itu tetaplah berolahraga saat stres. Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti lari, bersepeda, jalan santai, atau renang. 

Berkumpul Bersama Teman 

Ketika stres, kita cenderung ingin sendiri dan enggan berkumpul atau berbicara dengan teman maupun keluarga. Padahal, terus-menerus menyendiri serta memendam perasaan sendiri dapat membuat kamu makin stres. Menghabiskan waktu dengan berkumpul bersama teman dan keluarga adalah cara mudah membantu kamu keluar dari tekanan dan menurunkan stres. 

Mencari Kesibukan 

Pada waktu tertentu, mungkin kamu memang ingin sendiri. Namun, saat sendiri, jangan hanya berdiam dan bermalas-malasan karena hanya akan membuat kamu semakin stres. Isi waktu dengan banyak kesibukan seperti membaca, menulis, melakukan pekerjaan rumah, mendengarkan lagu, menonton film, juga memasak. Lakukan kegiatan positif yang bisa membuat kamu lupa serta keluar dari stres sehingga kesehatan mental tetap terjaga. 

 

Tips mengurangi stres Cara mengatasi stres dan depresi Cara mengobati stres dengan mudah

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health