?>
LADIESTORY.ID | BEAUTY | TIPS MENJAGA KESEHATAN KULIT WAJAH AGAR TIDAK KUSAM SAAT PUASA

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Agar Tidak Kusam Saat Puasa

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 2 menit, 8 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Agar Tidak Kusam Saat Puasa

Menjalani puasa selama 13 jam dalam sehari, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman, menyebabkan kita menjadi lemas karena dehidrasi dan seketika wajah pun berubah menjadi terlihat kusam. Siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat, cantik dan bercahaya selama Ramadhan? Apalagi di tengah situasi pandemik corona (Covid-19) dimana kita #dirumahaja? Namun, kurangnya asupan makanan dan minuman selama puasa dapat mempengaruhi kondisi kulit. Berikut tips menjaga kesehatan kulit saat puasa yang perlu diterapkan agar wajah tetap cerah dan lembap.

Jaga Asupan Cairan Selama Berpuasa

Agar memiliki kulit yang tetap sehat saat puasa, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan dari waktu berbuka puasa hingga sahur. Kamu bisa menggunakan rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur.

Perbanyak Mengonsumsi Buah dan Sayur

Buah-buahan yang direkomendasikan dikonsumsi saat berpuasa adalah melon, semangka dan pepaya. Selain segar untuk menu buka puasa, ternyata segudang manfaat untuk kulit bisa kamu dapatkan dari buah-buahan ini, lho. Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena selain dapat memberikan nutrisi untuk kulit, buah yang mengandung banyak air akan memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Manfaat Pemakaian Skincare Secara Rutin Untuk Wajah

Jaga Kebersihan Kulit Wajah

Menjaga kebersihan kulit adalah bagian paling penting dalam perawatan kulit. Cuci muka dua kali sehari dan jangan lupa selalu pakai pelembap wajah.

Konsumsi Daging Merah Tanpa Lemak

Jangan lupa untuk mengonsumsi daging merah untuk menu buka berpuasa atau menu makan sahur kamu agar lebih sehat. Daging merah sangat baik untuk kesehatan kulit karena kandungan zat besi di dalamnya mampu mencegah lingkaran hitam pada mata atau yang lebih dikenal dengan mata panda. Tapi yang perlu diperhatikan adalah porsinya untuk menghindari terkena obesitas dan kolesterol. Pilihlah daging merah yang bebas lemak agar sehat dan aman untuk tubuh.

Hindari Terlalu Banyak Makan Gorengan

Makanan yang satu ini menjadi “menu” wajib saat berbuka untuk sebagian orang. Yang mesti diingat, gorengan bisa memiliki efek yang kurang baik bagi kondisi kulit. Makanan yang digoreng cenderung akan terhidrogenasi oleh panas. Selama proses menggoreng produksi lemak akan menghancurkan antioksidan dan nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh dan kulit.

Sebenarnya faktor apa sih, penyebab kulit kusam saat puasa? Hmmm, seperti yang diterangkan di atas, ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Perubahan jadwal makan, misalnya. Perubahan jadwal makan dan jenis asupan akan memengaruhi kondisi kulit, sehingga bisa menyebabkan sel-sel mati menumpuk dan kulit menjadi kusam. Sebagai informasi, kulit memiliki siklus regenerasi setiap 27 hari dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Oleh karena itu, kulit mati ini perlu dibersihkan secara teratur dan dijaga kesehatannya.

Ladies, yuk coba terapkan tips-tips tersebut agar kita bisa tetap punya kulit yang sehat, cantik, dan cerah selama berpuasa!

Sumber foto utama: Freepik.com

tips menjaga kesehatan kulit saat puasa cara menjaga kesehatan kulit saat puasa menjaga kesehatan kulit saat puasa

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty