LADIESTORY.ID | FASHION | TIPS MERAWAT MUKENA AGAR TETAP AWET DAN TIDAK PUDAR

Tips Merawat Mukena Agar Tetap Awet dan Tidak Pudar

LS Fashion
Penulis: LS Fashion
Durasi baca: 1 menit, 56 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tips Merawat Mukena Agar Tetap Awet dan Tidak Pudar

Sebagai perlengkapan ibadah yang dikenakan lima kali sehari, mukena seringkali mudah rusak dan tidak dapat dikenakan lagi. Hal yang biasa terjadi adalah mukena yang berjamur dan menimbulkan bau apek saat beribadah.

Yuk, intip tips merawat mukena agar awet berikut ini

1. Gantung Mukena Yang Rutin Kamu Gunakan

Menggunakan mukena lima kali sehari atau lebih akan membuatnya cepat kusam. Apalagi jika digunakan saat air wudhu masih belum kering dari wajah. Bisa-bisa jamur akan cepat tumbuh dan membuat mukenamu bau apek. Oleh sebab itu, simpanlah mukena yang rutin kamu gunakan dengan cara menggantungnya. Menggantung mukena akan membuat mukena lebih cepat kering dan terpapar udara segar, sehingga akan menghindari risiko timbulnya bau apek.

Baca juga: Tips Memadukan Kalung & Liontin Rose Gold dengan Neckline Atasan

2. Cucilah Mukena Secara Manual

Mencuci mukena dengan mesin cuci memanglah mudah dan praktis, tapi sangat berisiko merusak warna serta serat kain dari bahan mukena kesayangan kamu. Sebaiknya, cucilah mukena dengan tangan. Perhatikan jenis bahan dan warna dari mukena kamu. Hati-hati dengan bagian-bagian seperti brokat dan jahitan kecil agar tidak mudah rusak. Selain itu, mencuci dengan tangan juga menghindari karet mukena pada rok dan jilbabnya mengendur dengan cepat. Jika terdapat noda membandel, sikatlah perlahan agar serat kain tidak rusak.

3. Pisahkan Mukena Dengan Pakaian Lain

Seringkali kebanyakan orang mencuci pakaian sekaligus dimasukan kedalam mesin cuci, termasuk mukena. Sayangnya cara ini salah karena selain bisa membuat warna mukena  kamu berubah juga bisa merusak mukena karena  kamu mencucinya dengan menggunakan mesin cuci.

 4. Jauhkan Dari Paparan Panas Berlebih

Setelah dicuci, pastikan kamu menjauhkan mukena kesayangan kamu dari paparan matahari dan panas setrika berlebih. Jemurlah mukenamu di tempat sejuk. Paparan sinar matahari berlebih dapat melunturkan warna mukena cantikmu. Selain itu, perhatikan pengaturan panas yang kamu gunakan saat menyetrika. Panas berlebih saat menyetrika dapat membuat serat kain pada mukena semakin tipis dan membuatnya mudah robek.

5. Gunakan Suhu Rendah Saat Menyetrika

Saat ingin menyetrika mukena kesayangan  kamu, gunakan suhu yang rendah. Selain itu lapisi diatas mukena kesayangan  kamu dengan kain berbahan katun yang tipis. Cara ini bertujuan untuk mencegah mukena rusak akibat suhu panas dari  alat setrika. Untuk penyimpanan mukena  kamu bisa memasukan mukena ke dalam plastik khusus pakaian dan tambahkan serbuk pengering atau pengawet yang dijual ditoko-toko untuk menjaga kelembapan mukena.

Itulah tips cara merawat mukena agar tetap awet dan bersih. Jika kamu belum menggunakan tips diatas, dan mukena kamu rusak.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

 

tips merawat mukena cara merawat mukena mukena

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Fashion