?>
LADIESTORY.ID | PARENTING | TIPS MUDAH MENGAJARKAN BUAH HATI UNTUK MENABUNG SEJAK DINI

Tips Mudah Mengajarkan Buah Hati untuk Menabung Sejak Dini

LS Parenting
Durasi baca: 2 menit, 14 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tips Mudah Mengajarkan Buah Hati untuk Menabung Sejak Dini

Bagi anak yang belum atau bahkan baru mengenal nominal uang, mereka tidak memikirkan bagaimana mereka mendapatkan uang dan seperti apa mereka harus menghabiskan uang. Meski terlihat klasik, celengan bisa menjadi cara yang bagus untuk mengajari anak-anak kamu pentingnya menabung. Beri tahu anak bahwa tujuannya adalah untuk mengisi celengan dengan uang kertas dan koin, sampai tidak ada ruang. Gambarkan bahwa celengan adalah untuk menyimpan uang untuk masa depan. Jadi, dan semakin banyak mereka menabung, semakin banyak uang yang akan mereka dapatkan nanti.

5 Tips Mudah Mengajarkan Buah Hati untuk Menabung Sejak Dini

1. Membelikan celengan untuk anak

Celengan adalah langkah awal yang baik untuk membiasakan akan menabung. Dorong anak untuk selalu mengisi celengan mereka dengan uang setiap hari, entah itu uang receh atau uang kertas. Katakan pada anak untuk terus mengisi celengan mereka dengan uang hingga penuh. Agar anak semakin bersemangat, belilah celengan berbentuk hewan atau karakter kesayangan mereka.

2. Membuka rekening tabungan untuk anak

kamu bisa melakukan hal ini setelah anak berhasil memenuhi celengannya dengan uang. Keluarkan semua uang yang ada di celengan, lalu ajak anak bersama-sama ke bank untuk menyetorkan uang mereka. Sebelumnya, ajak anak untuk menghitung berapa besar uang yang sudah berhasil ia kumpulkan. Ini juga bisa menjadi langkah yang tepat untuk mengajarkan anak berhitung. Setelah itu, buka rekening tabungan atas nama anak dan tunjukkan pada mereka. Katakan bahwa uang yang ia hitung tadi adalah miliknya sendiri, dan ia bisa menggunakan semua uang tersebut untuk membeli mainan kesukaannya saat ia besar nanti.

Baca juga: Body Lotion Dengan Aroma Buah Yang Menyegarkan

3. Gunakan kaleng tabungan

Anak-anak sangat mudah tergoda oleh mainan atau boneka terbaru. Sebagai orang tua yang bijak, jangan menuruti anak saat itu juga dan membelikan apa yang mereka mau. Lihatlah ini sebagai kesempatan yang baik untuk mengajarkan anak menabung. Beri pengertian pada anak bahwa untuk mendapatkan apa yang ia mau, ia harus mengumpulkan uang untuk membelinya.

4. Buatlah garis waktu

Sebagian besar anak kesulitan memahami pentingnya menabung. Mereka mungkin justru mengeluh karena lamanya waktu menabung yang dibutuhkan untuk mendapatkan mainan favorit mereka. Inilah pentingnya menjelaskan konsep garis waktu pada anak. Beri pengertian kepada anak tentang berapa lama waktu yang ia butuhkan untuk menabung sebelum ia bisa membeli mainan. Gambarlah di selembar kertas atau papan, lalu buatlah tabel sesuai dengan jumlah hari menabung yang dibutuhkan anak. Sebagai permulaan, tetapkan 7 hari sebagai lama waktu yang dibutuhkan.

5. Beri contoh yang baik

Anak-anak akan meniru semua perilaku orang tuanya. Jika kamu ingin anak rajin menabung, mulailah kebiasaan ini dari diri kamu sendiri sambil memberi contoh pada anak. Dari kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari, anak akan bertanya dan kesempatan tersebut bisa kamu gunakan untuk mulai melatih mereka menabung.

Itulah Tips Mudah Mengajarkan Buah Hati untuk Menabung Sejak Dini, semoga dapat bermanfaat untuk anda dan buah hati.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Tips Mudah Mengajarkan Buah Hati untuk Menabung Sejak Dini mengajarkan anak menabung sejak dini Menabung Sejak Dini Tips Keuangan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting