?>
LADIESTORY.ID | JEWELRY | TIPS MUDAH MENGETAHUI PERHIASAN EMAS ASLI ATAU PALSU

Tips Mudah Mengetahui Perhiasan Emas Asli atau Palsu

LS Lifestyle
Durasi baca: 3 menit, 16 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tips Mudah Mengetahui Perhiasan Emas Asli atau Palsu

Perhiasan emas adalah sebuah benda yang digunakan untuk merias atau mempercantik diri. Perhiasan emas biasanya terbuat dari emas ataupun perak dan terdiri dari berbagai macam bentuk mulai dari cincin, kalung, gelang, liontin dan lain-lain. Biasanya Perhiasan emas diberikan untuk hadiah. Perhiasan emas mempunyai bentuk beragam mulai dari bulat, hati, kotak,dan lain lain. Perhiasan emas biasanya berasal dari bahan tambang. Jenis-jenis Perhiasan emas banyak sekali mulai dari cara pembuatannya, bahannya, serta modelnya banyak sekali jenisnya.

Berdasarkan cara pembuatannya Perhiasan emas dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Perhiasan Emas Buatan Pabrik (Factory Made). Perhiasan emas jenis ini dibuat di pabrik dan sering sekali kita temui di toko-toko emas. Karena emas jenis ini gampang ditemui sehingga kita dapat dengan mudah memperjual-belikannya. Ini menjadi faktor plus untuk Perhiasan emas jenis factory made ini.
  • Perhiasan Emas Buatan Sendiri (Hand Made). Perhiasan emas selain buatan pabrik, Perhiasan emas juga dapat dibuat senidri. Jenis Perhiasan emas ini biasanya harus terlebih dahulu pesan. Biasanya seseorang yang memesan Perhiasan emas ini menginginkan model yang langka dan unik. Karena itu jenis Perhiasan emas ini harganya lumayan mahal daripada Perhiasan emas buatan pabrik. Tingkat kemahalan Perhiasan emas janis ini tergantung dari kerumitan dan keunikan model Perhiasan emasnya itu sendiri.
  • Perhiasan Emas Eksklusif. Perhiasan emas jenis ini harganya cukup mahal karena Perhiasan emas yang eksklusif tidak dibuat untuk masal. Biasanya Perhiasan emas jenis ini hanya untuk pagelaran/pameran. Dan mementingkan tingkat kerumitan dan keunikan dari para pengrajin.

Emas

Bahan Perhiasan emas yang satu ini adalah paling juaranya karena harganya yang mahal. Karena harganya mahal, zaman modern sekarang Perhiasan emas emas ini sudah di padukan dengan bahan logam lainnya seperti perak atau bahkan tembaga.

Berikut tingkatan perhiasan emas emas:

  1. Emas murni: Perhiasan emas yang mengandung emas 24karat yang harganya pun terSaat perhiasaan emasng mahal. Tingkat kadar emas yang ada di pasaran Perhiasan emas biasanya 8-18 karat. Jika Perhiasan emas tersebut merupakan Perhiasan emas 8 karat maka kadar emasnya 1/3 dari keseluruhan unsur logam Perhiasan emas tersebut. Jika Perhiasan emas itu memiliki 18k maka kadar emasnya ada 75%.
  2. Emas overlay atau bi-metal: Logam emas yang berfungsi hanya untuk pelapis pada logam dasar. Teknik ini untuk membuat logam dasar tersebut terlihat mahal. Nilai dari Perhiasan emas overlay ini tergantung dari besar kecilnya karat emas yang digunakan.
  3. Perak lapis emas: jenis Perhiasan emas ini sama dengan Perhiasan emas overlay namun ditutupi dengan perak setelah itu ditutup kembali dengan emas kuning. Perhiasan emas ini lebih mahal dari Perhiasan emas bi-metal lainnya.

Cara Mengetahui Perhiasan Emas Asli atau Palsu

Mengetahui perbedaan antara emas asli atau emas palsu merupakan hal yang perlu diketahui bagi orang yang ingin melakukan investasi emas. Jangan sampai emas yang mau diinvestasikan adalah emas palsu. Bukannya untung malah rugi. Dengan banyaknya orang yang melakukan investasi emas. Ada saja penjual nakal yang membuat emas palsu agar dijual dengan harga tinggi seperti emas asli.

Baca juga: Berkenalan Dengan Liontin Koleksi Perhiasan Berlian Berkualitas Dari Frank & Co

Cara mengetahui perhiasan emas asli atau palsu dapat dilakukan cara-cara berikut ini. Berikut adalah ciri-ciri perhiasan emas palsu:

  1. Saat perhiasaan emas didekatkan dengan magnet akan menempel.
  2. Saat perhiasaan emas dijatuhkan akan terdengar bunyi nyaring.
  3. Saat perhiasaan emas dicium berbau seperti bau besi.
  4. Saat perhiasaan emas digoreskan pada kaca, kaca akan tergores.
  5. Saat perhiasaan emas dipakai, akan menimbulkan rasa gatal pada kulit dan kulit menjadi hitam.
  6. Saat perhiasaan emas dicampur dengan zat asam, seperti asam klorida dan asam sulfat, maka akan tampak larutan logam yang lain.
  7. Saat perhiasaan emas digosokkan pada keramik, maka akan terdapat garis hitam pada keramik.
  8. Saat perhiasaan emas digosokkan dengan menggunakan jarum, jarum akan bengkok.

Untuk menguji apakah Perhiasan emas asli atau emas palsu dapat meminta bantuan ahli Perhiasan emas untuk menguji emas dengan menggunakan sinar-X. Cara ini adalah cara yang paing cepat, paing aman dan paling mudah untuk menguji keaslian emas. Cara ini tidak menyebabkan emas mengalami kerusakan, tetapi memerlukan biaya.

Jadi sekarang kamu sudah tahu donk, bedanya perhiasan emas asli dan palsu. Semoga tips tadi bisa bermanfaat buat kamu yang sedang ingin membelikan perhiasan emas untuk hadiah orang terkasih. 

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

 

Perhiasan Emas Asli atau Palsu Cara mengetahui perhiasan emas asli atau palsu Cara membedakan perhiasan emas asli atau palsu

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Jewelry