?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » TIPS SURVIVE ORANGTUA DAN ANAK SAAT #MASIHDIRUMAHAJA

Tips Survive Orangtua dan Anak saat #MasihdiRumahAja

LS Parenting
Selasa, 07 April 2020 | 11:13:55
Durasi baca: 2 menit, 5 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tips Survive Orangtua dan Anak saat #MasihdiRumahAja

Masih di rumah 'kan? Semoga kamu dan seluruh keluarga tetap sehat, ya. Jika memasuki keempat ini kamu masih bingung harus melakukan apa untuk mengisi waktu di ruangan yang terbatas, berikut beberapa kegiatan yang tetap bisa kamu lakukan bersama anak saat masih di rumah saja. 

Main Bersama Anak

Waktu bermain sama anak akan lebih banyak saat ibu #dirumahaja saat pandemi Covid-19 ini. Namun, karena kamu bekerja atau anak harus belajar, buat jadwal yang berisikan kapan waktunya serius dan kapan bermain. Hal ini untuk membantu agar kamu dan seluruh anggota keluarga lain untuk tetap disiplin dan bisa menunaikan kewajiban masing-masing dengan baik. Plus, tetap rileks. 

Coba Memasak Menu Baru

Waktu #dirumahaja menjadi waktu yang tepat untuk mengeksplor dapur untuk membuat menu makanan baru untuk keluarga yang belum pernah dibuat sebelumya. Berbagai macam menu bisa kamu buat seperti resep menu MPASI sampai menu makanan yang ala hotel bintang lima. Atau ajak anak untuk membuat kue, puding atau menghias kue sesuai kesukaan anak-anak. Selain membuat anak tetap kreatif, ini juga bisa meningkatkan waktu berkualitas bersama anggota keluarga.

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!

Belajar Bersama

Maksudnya, bukan cuma belajar pelajaran sekolah, ya. Melainkan belajar bersama-sama atas sesuatu hal yang baru dan positif, seperti berkebun atau membuat DIY sederhana dengan bahan-bahan bekas di rumah. Seperti membuat celengan dari wadah bekas cemilan yang dihias menggunakan kertas kado bergambar lucu yang disukai anak-anak. Ibu bisa membantu si kecil dalam memotong karena memakai gunting. 

Atau berkebun bersama anak dengan menanam tanamam hias yang bisa dibeli bibitnya melalui toko online. Atau menanam tanaman-tanaman berguna di rumah seperti menanam kunyit, jahe, cabe yang sangat mudah dilakukan dan tidak perlu media yang besar untuk menanamnya.

Dengarkan "Podcast"

Tidak ada salahnya momen #dirumahaja ini digunakan oleh ibu dan anak untuk mendengarkan "podcast" pribadi alias atau curhat dari hati ke hati. Memulai pembicaraan yang ringan agar anak bisa mulai terbuka tentang isi hatinya, ini merupakan cara ini efektif untuk mendekatkan ibu bekerja dengan anak. 

Lakukan Olahraga Ringan Bersama 

Tidak bisa ke mana-mana bukan alasan untuk tidak bergerak. Olahraga bersama anak melalui YouTube atau aplikasi lainnya adalah pilihan yang pas untuk melepas kecemasan dalam kondisi seperti saat ini.

Sangat wajar jika kamu dan anak merasa putus asa saat periode social distancing ini. Namun, periode ini perlu dilakukan setiap orang untuk kondisi yang lebih baik lagi. Nah, agar masa ini tidak begitu menyengsarakan, lakukan hal-hal di atas ya, Ladies. Dan jangan lupa sebelum masak dan setelah bermain untuk memastikan kamu dan si kecil mencuci tangan dengan benar. 

Baca juga: ASI yang Memiliki Peran Di 1000 Hari Kehidupan Pertaman Anak Didunia


Sumber foto utama: Rawpixel.com

Tips Survive Orangtua dan Anak saat Dirumahaja dirumahaja kegiatan bersama anak menghilangkan kejenuhan selama dirumah aja

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING