?>
LADIESTORY.ID » LIFESTYLE » UNTUK ANAK KOST: 15 MASAKAN INI MUDAH DIMASAK DAN MURAH LHO!

Untuk Anak Kost: 15 Masakan Ini Mudah Dimasak dan Murah Lho!

Sabtu, 05 Oktober 2019 | 09:45:00
Durasi baca: 2 menit, 58 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

 Untuk Anak Kost: 15 Masakan Ini Mudah Dimasak dan Murah Lho!

Sebagai anak kost, memasak adalah salah satu pilihan terbaik untuk berhemat dibandingkan harus membeli di warung. Ini adalah trik antisipasi tanggal tua yang paling jitu.

Tapi hati-hati, tujuanmu berhemat bisa sirna karena resep makanan yang kamu pilih tidak tepat. Pilih makanan yang tidak membutuhkan banyak bumbu saat dimasak, atau bahkan tidak perlu bumbu sama sekali.

1. Omelet, bisa gantikan mie instan rebus idolamu!

Berhenti makan mie rebus secara rutin! Coba campurkan mie instan yang sudah direbus dengan telur, kemudian tambahkan garam. Goreng hingga matang. Jadi, deh omelet! Luar biasa mudah kan?

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!

2. Steak tempe, solusi makan mewah untuk anak kost

Tempe memang murah, tapi tidak akan pernah jadi murahan kalau kamu bisa berkreasi saat memasaknya. Kukus tempe, tumbuk, dan uleni dengan beberapa bumbu. Bentuk sesuai selera, lalu goreng!

3. Pepes tahu, biar nggak selalu makan yang digoreng-goreng

Sama seperti tempe, tahu juga termasuk bahan makanan yang murah dan mudah didapat. Kali ini jangan cuma digoreng, coba dipepes yuk. Cukup gunakan ricecooker untuk mengukusnya.

4. Nasi goreng, lebih bagus kalau dibentuk jadi unik

Di akhir bulan, kamu cuma punya beras dan beberapa sisa bumbu? Bikin nasi goreng aja, yuk! Anak-anak juga pasti doyan kalau dibekalin menu seperti itu.

5. Roti bakar, made in setrika-an

Ingin makan roti bakar tapi tidak ada alat untuk membakarnya di kost-an? Tutup saja roti tawarmu dengan kertas, lalu gosokkan setrika panas di atasnya. Jadi deh!

6. Sup sayuran, bikin kamu tetap sehat saat berhemat

Kamu harus memakan banyak sayuran agar kebutuhan vitaminmu terpenuhi. Beli saja satu bungkus bahan sop di abang tukang sayur. Cara masaknnya segampang merebus mie kok, tenang!

Baca juga: ASI yang Memiliki Peran Di 1000 Hari Kehidupan Pertaman Anak Didunia


7. Simple pancake, pasti mengenyangkan!

Jangan bayangkan pancake yang menggunakan bahan-bahan mahal dan rumit. Hanya dengan susu, telur, tepung, dan sedikit gula, kamu sudah bisa membuat pancake sendiri.

8. Tumis kangkung, paling enak dan gampang

Selain sup sayuran, tumis kangkung juga bisa jadi salah satu menu sayuran pilihanmu. Bumbunya tidak terlalu beragam dan cara memasaknya pun mudah.

9. Puding, pencuci mulut paling pas untuk anak kost

Kebutuhan makan itu bukan cuma nasi, lauk, dan sayur saja, lho. Kadang kamu justru menghabiskan banyak uang untuk jajan, bukan makan. Yuk, bikin puding sendiri untuk snack harianmu.

10. Pisang goreng, snack yang mengenyangkan

Pisang goreng mungkin kamu anggap hanya sebagai snack saja. Padahal pisang goreng cukup mengenyangkan, bukan? Enak pula, enak banget buat mengganjal perut.

11. Telur rebus, lauk enak tanpa bumbu

Uangmu tipis dan kamu tidak punya bumbu apa pun di dapur kost? Tenang, beli saja telur dan tinggal rebus! Kaya protein dan bisa jadi lauk yang lezat. 

Baca juga: Makanan Sehat untuk Anak Dimasa Pertumbuhan

12. Sosis gulung mie, renyahnya mantap!

Selain omelet, mie instan juga bisa digunakan untuk resep ini. Caranya celupkan sosis ke dalam telur, lalu gulung mie yang sudah direbus di bagian luarnya. Tinggal goreng, deh!

13. Kentang goreng, buatan sendiri lebih enak

Tanpa perlu ke restoran fast food, kamu bisa bikin kentang goreng sendiri. Caranya potong kentang seperti menjari korek api, kemudian taburkan tepung yang sudah diberi garam atau penyedap rasa. Kentang siap digoreng dan dihidangkan!

14. Belalang goreng, pengganti ikan yang mahal

Jangan jijik dulu, belalang goreng ternyata rasanya sangat enak, lho. Protein belalang lebih tinggi dari ikan. Harga belalang pun cukup murah kalau sedang musimnya, kamu bisa beli di pasar tradisional terdekat.

15. Singkong rebus, pengganti nasi yang super enak

Sebagai kaum terpelajar, kamu harus mempelopori pelaksanaan program diversifikasi pangan. Kurangi makan nasi dan ganti dengan pangan lokal seperti singkong. Kamu pun bisa menambahkan keju atau cokelat untuk variasi.

Jadi jangan asal murah saja atau mudah saja, perhatikan kandungan gizinya juga ya. Apalagi sekarang sedang musim pancaroba, daya tahan tubuhmu harus selalu siap terjaga! 

Baca juga: Nutrisi dan Stimulasi yang Tepat Agar Anak Pintar

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Untuk Anak Kost: 15 Masakan Ini Mudah Dimasak dan Murah Lho!"

lifestyle food

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE