?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » UNTUK SEGALA USIA, ATASI NYERI LUTUTMU DENGAN 5 BAHAN ALAMI INI

Untuk Segala Usia, Atasi Nyeri Lututmu dengan 5 Bahan Alami Ini

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 57 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Untuk Segala Usia, Atasi Nyeri Lututmu dengan 5 Bahan Alami Ini

Tak hanya dialami oleh orang tua yang sudah berusia lanjut, nyeri lutut juga bisa dirasakan oleh siapapun. Bahkan, ada juga beberapa millennials yang kerap mengalami masalah ini, Ladies. Ya, meskipun tidak sesering yang dirasakan oleh mereka yang sudah lanjut usia. Akan tetapi, ketika nyeri lutut itu muncul lagi, tentu akan membuat pergerakan kita menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitas yang sedang kita kerjakan.

Sebenarnya, ada dua alasan yang menyebabkan terjadinya nyeri lutut. Pertama, nyeri lutut akibat peristiwa yang tidak disengaja, seperti cedera ligamen, patah tulang karena kecelakaan, dislokasi sendi lutut, keseleo, dan tegang. Kedua, nyeri lutut akibat kondisi medis, seperti halnya radang sendi. Untuk pengobatannya, nyeri lutut berat harus diselesaikan oleh pertolongan dokter. Sedangkan, untuk nyeri lutut ringan sampai sedang bisa diobati di rumah dengan menggunakan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di pasaran, lho. Lantas, apa saja sih, 5 bahan alami untuk atasi nyeri lutut? Simak ulasannya yuk, Ladies!

1. Ekstrak jahe

Ekstrak jahe
sumber: freepik.com

Tak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur dan bahan utama pembuatan susu jahe yang enak dan menghangatkan tubuh, ternyata jahe juga dipercaya mampu meredakan nyeri lututmu, Ladies. Sudah ada sebuah penelitian yang membuktikan manfaat jahe untuk penderita arthritis atau pembengkakan dan kekakuan pada sendi. Sebab itulah, jahe juga diyakini mampu mengatasi nyeri yang muncul pada lutut dengan cara mengoleskan minyak jahe atau pasta jahe yang bisa dibuat sendiri di rumah. Caranya adalah dengan menghancurkan jahe yang sudah dikupas kulitnya, lalu ditempelkan pada bagian lutut yang terasa nyeri.

Baca juga: Yuk Cek Bahan Makanan Yang Bikin Jerawatan

2. Kunyit

Kunyit
sumber: freepik.com

Sama seperti temannya, jahe, ternyata kunyit adalah bumbu dapur yang sangat multifungsi. Bagaimana tidak, selain bisa menjadi pewarna alami makanan, kunyit juga bisa menjadi bahan pelengkap masakan nusantara, sebagai obat pereda nyeri perut saat menstruasi, sebagai peningkat kinerja otak, dan sebagai pereda nyeri lutut. Hal itu disebabkan sifat anti-inflamasi yang dimiliki kunyit, sehingga kunyit bisa membantu meredakan rasa nyeri yang menyakitkan di area lututmu, Ladies. Sama seperti jahe pula, cara menggunakannya pun cukup dengan menghancurkan kunyit dan menempelkannya pada area lutut yang terasa nyeri.

3. Extra virgin olive oil

Extra virgin olive oil
sumber: freepik.com

Disebut juga dengan minyak zaitun extra virgin, yang merupakan salah satu jenis minyak zaitun yang teksturnya lebih ringan, serta mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri pada lutut. Hal itu disebabkan adanya senyawa oleocanthal di dalamnya yang mampu membantu menghentikan peradangan di area sendi. Kamu bisa menemukan extra virgin olive oil ini di beberapa pasar tradisional dan di pasar swalayan. Lalu, mengoleskan minyak zaitun virgin oil ke seluruh bagian lutut yang terasa nyeri sambil dipijat secara perlahan.

4. Daun dandelion

Daun dandelion
sumber: verywellhealth.com

Berbeda dari beberapa bahan alami di atas, daun dandelion adalah pereda nyeri lutut yang bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Misalnya saja, dengan mencampurkannya ke dalam teh pagi dan teh soremu, atau dengan menjadikannya sebagai salad. Untuk khasiatnya, daun dandelion ini dipercaya bisa meredakan nyeri lutut dengan segera, sebab adanya kandungan vitamin A dan C yang tinggi, asam linoleat dan linoleat, serta adanya sifat anti-inflamasi di dalamnya, Ladies.

5. Pektin dengan jus anggur

Pektin dengan jus anggur
sumber: spiceography.com

Pektin adalah sejenis karbohidrat komplek yang terdapat pada beberapa tumbuhan non kayu, seperti halnya jeruk dan apel. Selain itu, pektin juga disebut sebagai sumber serat makanan yang dapat larut di dalam air. Untuk khasiatya, pektin mempunyai manfaat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Nah, kamu bisa menggunakan pektin sebagai campuran pada jus anggur tanpa gula untuk dikonsumsi, Ladies. Rasanya pun menyegarkan!

Itulah 5 bahan alami yang sangat mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional dan swalayan. Jadi, kalau suatu hari nanti nyeri lututmu datang lagi, segera atasi dengan 5 bahan alami pereda nyeri lutut ini, ya!

Baca juga: Produk 2 in 1 Scrub dan Masker Yang Wajib Dicoba!


health kesehatan nyeri lutut bahan alami atasi nyeri lutut sakit kaki penyakit obat

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH