?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | WAJIB LAKUKAN: 8 TRIK JENIUS MENGATASI BAU MULUT SAAT PUASA

Wajib Lakukan: 8 Trik Jenius Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 11 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Wajib Lakukan: 8 Trik Jenius Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Tahukah kamu bahwa saat berpuasa, mulut kita cenderung akan mengeluarkan bau tak sedap akibat kurangnya produksi air liur yang mampu menetralisir senyawa kimia hasil dari interaksi normal antara bakteri baik di mulut kita dengan makanan? Secara normal, tiap kali kita minum, senyawa kimia tersebut akan ikut terbawa masuk ke pencernaan. Lalu, apa yang terjadi saat kita berpuasa? 

Banyak orang merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman saat merasa bau mulut. Alhasil, mereka malah enggan untuk berbicara kepada orang lain secara leluasa.

Sebenarnya, terdapat beberapa faktor mengapa mulut berbau tidak sedap ketika puasa. Salah satu faktornya adalah sistem pencernaan. Seperti yang kita ketahui bahwa sistem pencernaan berfungsi untuk mencerna asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Nah, ketika puasa tentunya sistem pencernaan menjadi sedikit beristirahat dari aktivitas mencerna makanan. Tak hanya itu saja, bau mulut bisa disebabkan karena asam lambung yang tinggi dan kekurangan cairan di dalam tubuh.

Baca juga: Trik Mix and Match Busana Hijab yang Bikin Lebih Muda dan Modis

Dan bau mulut tak selamanya bersumber dari kesehatan gigi dan rongga mulut lho, Ladies. Pemicu utama lainnya adalah kesehatan pencernaan kita, di mana pembusukan terjadi dan sehingga rentan terhadap perkembangbiakan bakteri. Jadi, ada baiknya mengecek pola makan untuk mengatasi aroma nafasnya kurang yang sedap.

Bau mulut atau istilah medisnya, halitosis atau oral malodor ini, sebenarnya bisa diatasi dengan menjaga kebersihan rongga mulut. Jadi, tidak usah berkecil hati atau menolak berbicara ketika saat berpuasa, karena ada cara jenius mengatasi bau mulut. Penasaran? Berikut kami informasikan delapan cara menghilangkan bau mulut secara alami dan mudah!

  1. Berkumur dengan cuka apel dan air. Lakukan ini tiap pagi saat sahur dan malam hari sebelum tidur untuk membantu nafasmu segar seketika.
  2. Gunakan pasta activated charcoal. Pasta gigi yang mengandung bahan aktif ini bisa bisa membuat senyum kamu berkilau. 
  3. Kunyah permen karet bebas gula dengan rasa mint yang segar. Tentunya saat bulan Ramadhan, lakukan ini saat sudah berbuka puasa. 
  4. Berkumur dengan minyak kelapa. Minyak ini tidak cuma bermanfaat untuk masak, lho. Gunakan ini untuk berkumur, maka nafasmu akan setingkat lebih baik aromanya dan juga bebas bakteri.
  5. Berkumur dengan campuran garam epsom dan air hangat. Tidak hanya membuang aroma yang tak sedap, tapi juga berfungsi sebagai antibakteria dan penghilang racun. 
  6. Berkumur dengan minyak kayu putih. Bukan hanya milik bayi, minyak kayu putih pun bisa dijadikan cairan berkumur untuk atasi bau mulut.
  7. Kunyah biji adas. Kamu tahu biji adas 'kan? Selain bumbu masak, biji ini dapat dikunyah dan ditelan untuk mengatasi bau mulut. 
  8. Minum perasan jahe. Tak sekadar mengobati tenggorokan yang sakit, perasan jahe juga bisa mengusir bau-bau tak menyenangkan serta infeksi di rongga mulut.

Sudah tahu 'kan, cara mengatasi bau mulut? Lakukan ini secara teratur ya, Ladies!

Sumber foto utama: Freepik.com

Baca juga: Trik Mudah Untuk Afirmasi Diri Agar Lebih Bersyukur Menjalani Hari


cara menghilangkan bau mulut tips cara menghilangkan bau mulut tips bau mulut penghilang bau mulut healthy lifestyle

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health