Ladiestory.id » Beauty » Wanita Aktif, 5 Kebiasaan yang Membuat Muka Berminyak Ini Harus Kamu Hindari!

Wanita Aktif, 5 Kebiasaan yang Membuat Muka Berminyak Ini Harus Kamu Hindari!

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Jum'at, 15 November 2019 | 05:44:52
Durasi baca: 3 menit, 0 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Wanita Aktif, 5 Kebiasaan yang Membuat Muka Berminyak Ini Harus Kamu Hindari!

Sebagai wanita aktif yang punya segudang kegiatan, baik untuk urusan pekerjaan, bisnis, maupun pribadi, pastinya kamu tidak mau kan, kalau wajahmu terlihat berminyak? Apalagi aktivitasmu menuntutmu untuk bertemu dengan banyak orang setiap harinya. Padahal, segala cara sudah dilakukan agar minyak berlebih pada wajah tak sering muncul. Mulai dari serangkaian skincare yang digunakan sebelum tidur maupun sebelum menggunakan makeup. Tapi kok, sebum dan minyak membandel di wajah masih terus-terusan muncul, ya? Kemungkinan besar, hal itu terjadi karena kamu mengabaikan 5 kebiasaan yang membuat muka berminyak seperti berikut ini, Ladies!

1. Terlalu sering mengonsumsi gorengan dan makanan cepat saji

Terlalu sering mengonsumsi gorengan
sumber: freepik.com

 

Siapa di antara kamu yang doyan makan gorengan atau makanan yang serba digoreng? Nah, ada baiknya mulai sekarang kamu mengurangi kebiasaan yang bisa membuat muka berminyak ini ya, Ladies. Tanpa kamu sadari, makanan yang diolah dengan menggunakan minyak goreng itu tentu mengandung lemak jenuh yang tinggi, sehingga meninggalkan kadar minyak berlebih yang bertengger di dalam kulitmu. Kondisi seperti itu pastinya juga sangat tidak sehat bagi kulit, terutama kulit wajah. Jadi, kalau misalnya kamu sudah menggunakan serangkaian skincare yang kamu aplikasikan pada wajah setiap harinya, tapi kamu masih rutin mengonsumsi makanan yang digoreng, kamu akan tetap sulit mendapatkan wajah bebas minyak seperti yang kamu inginkan. Jadi, ada baiknya jika kamu mulai mengganti hobi makan gorengan dengan makan sayur hijau atau buah yang tentu baik untuk kulit!

Baca juga: Rambut Mudah Rontok? Ini Dia Tips Mudah Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab!

2. Terlalu sering melakukan eksfoliasi yang intens

Terlalu sering melakukan eksfoliasi yang intens
sumber: freepik.com

 

Mungkin awalnya kamu berharap, jika sering melakukan eksfoliasi kamu akan mendapatkan wajah yang lebih cerah dan pori-pori wajah tak lagi tersumbat sel kulit mati. Padahal, terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Jika kulitmu sudah kering, maka kulit akan memberi sinyal kepada kelenjar minyak untuk menghidrasi kulit, sehingga kelenjar kulit akan meningkatkan produksi sebum pada kulit. Sebum adalah minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di dalam kulit. Selain itu, terlalu sering mencuci muka juga bisa menyebabkan munculnya minyak berlebih di kulit wajah lho, Ladies. Jadi, sebaiknya kamu tak perlu berlebihan ketika merawat kebersihan kulit wajah, ya. Kamu tetap bisa mencuci muka dua kali sehari dan melakukan eksfoliasi setiap 1-2 kali seminggu.

3. Tidak memakai moisturizer sebelum makeup

Tidak memakai moisturizer sebelum makeup
sumber: freepik.com

 

Jika kamu adalah pemilik kulit berminyak, bukan berarti wajahmu tidak membutuhkan pelembap untuk melembapkan kulit sebelum menggunakan makeup. Sebab, bagaimanapun kulit tetap membutuhkan kadar minyak alami yang seimbang. Peran moisturizer untuk wajahmu adalah untuk memberikan hidrasi pada kulit agar kelembapannya terus terjaga. Tapi, kamu juga harus memilih pelembap yang sesuai untuk kulitmu, Ladies. Biasanya, pelembap yang cocok untuk kulit berminyak adalah yang bertekstur ringan dan berbentuk gel. Sehingga, jika diaplikasikan sebelum menggunakan makeup tidak akan meninggalkan kesan berat atau tebal di kulitmu.

4. Terlalu banyak menggunakan produk skincare

Terlalu banyak menggunakan produk skincare
sumber: freepik.com

 

Baca juga: Ternyata Pria Bisa Ilfeel Pada Wanita Karena 9 Hal Ini


Seperti halnya yang kerap terjadi jika kamu mengeksfoliasi wajah secara berlebihan, kamu pun akan mendapatkan produksi sebum berlebih jika kamu juga berlebihan dalam menggunakan produk skincare. Sebab, kalau kamu terlalu sering menggunakan banyak produk skincare, kulitmu pun akan menjadi iritasi dan kelenjar minyak akan mengeluarkan minyaknya untuk memberikan efek menenangkan. Dengan begitu, kulitmu akan semakin berminyak, Ladies. Akan lebih baik jika kamu hanya menggunakan produk skincare yang benar-benar kulitmu butuhkan.

5. Mengonsumsi gula secara berlebihan

Mengonsumsi gula secara berlebihan
sumber: freepik.com

 

Ketika kamu mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula yang banyak, maka produksi androgen pada tubuh juga akan meningkat dan menyebabkan munculnya minyak berlebih pada kulit. Jadi, ada baiknya jika kamu mulai mengganti penggunaan gula dengan pemanis alami, seperti madu atau minuman jus buah tanpa gula dan mengandalkan manis alami buahnya.

Jika kamu sudah bisa mengurangi kelima kebiasaan ini dalam aktivitasmu sehari-hari, produksi minyak berlebih pada kulitmu pun akan ikut berkurang dengan sendirinya, Ladies!  

Baca juga: Mengaplikasikan Tenun Pringgasela dalam Busana Harian Wanita Perkotaan

beauty kulit berminyak muka berminyak kebiasaan yang membuat muka berminyak kebiasaan wanita aktif kecantikan skincare makeup

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON BEAUTY