LADIESTORY.ID | BEAUTY | WASPADA, INI 4 EFEK SAMPING YANG TIDAK DIKETAHUI DARI PERAWATAN RAMBUT MENGGUNAKAN KERATIN

Waspada, Ini 4 Efek Samping yang Tidak Diketahui dari Perawatan Rambut Menggunakan Keratin

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 3 menit, 5 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Waspada, Ini 4 Efek Samping yang Tidak Diketahui dari Perawatan Rambut Menggunakan Keratin

Perawatan keratin alias menggunakan bahan kimia selama enam bulan, sekarang menjadi topik yang sangat diperdebatkan. Awalnya, perawatan keratin ini sangan populer  karena mereka benar-benar bekerja. “Orang-orang menggunakan perawatan keratin untuk mempertahankan beberapa ikal dan menyingkirkan rambut kusut,” kata penata rambut Nunzio Saviano. Tetapi setelah mengetahui bahwa perawatan ini mengandung bahan kimia berbahaya, banyak orang yang khawatir apakah perawatan ini layak dilakukan atau tidak. “Saya tidak mengatakan perawatan keratin itu tidak baik untukmu,” kata Giovanni Vaccaro, Direktur Kreatif Glamsquad. “Ada berbagai merek keratin, dan penting untuk mengetahui jenis apa yang kamu gunakan dan seberapa sering kamu menggunakannya.” Dan di bawah ini ada 4 efek samping yang tidak diketahui dari perawatan rambut menggunakan keratin, coba cek dulu!

1. Perawatan keratin bisa menyebabkan kanker

Baik Vaccaro dan Saviano mengatakan perawatan keratin yang mengandung formalin, bahan kimia yang menjaga rambut bebas kusut dan lurus selama berbulan-bulan sekaligus, adalah perawatan yang harus diwaspadai. Seperti yang didefinisikan oleh Centers for Disease Control and Prevention, itu adalah gas yang tidak berwarna dan berbau kuat yang biasanya digunakan untuk membuat bahan bangunan rumah. Pada tahun 1987, Badan Perlindungan Lingkungan AS mengklarifikasikannya sebagai zat yang berpotensi menyebabkan kanker jika terpapar dalam jangka waktu yang lama. Saviano menyarankan untuk melihat salon terkemuka yang menawarkan perawatan keratin formalin dengan dengan persentase yang aman (apa pun di bawah 0,002 baik) atau salon yang menawarkan perawatan keratin dengan alternatif formalin.

Baca juga: Tips Merawat Rambut Lurus Setelah Smoothing Rambut

2. Ada risiko reaksi alergi dan masalah pernapasan

CDC mencantumkan efek samping umum pada paparan formalin seperti sakit tenggorkan, hidung berdarah, dan mata gatal. Dalam sebuah wawancara dengan Glamour, Wynne Sisk, seorang penata rambut dari Charleston, South Carolina, mengatakan dia mengalami rasa berat di dadanya dan sakit kepala yang akan berlangsung selama beberapa hari ketika memberikan kliennya perawatan keratin. Pada 2016, Environmental Working Group and Women’s Voices for the Earth menggugat Food and Drug Administration karena gagal mengatur penggunaan formalin. “Selama bertahun-tahun para penata rambut telah melaporkan bahwa penerapan perawatan rambut ini menyebabkan kesulitan pernapas, iritasi mata, dan mimisan,” kata Tina Sigurdson, asisten penasihat umum EWG, dalam siaran pers tentang tuntutan hukum tersebut. “FDA telah menyadari bahaya kesehatan yang terkait dengan produk sejak setidaknya 2008.”  Namun, penting untuk dicatat bahwa masalah ini sebagaian besar telah dilaporkan di kalangan penata rambut, pelanggan salon biasanya tidak mengalami reaksi keras kecuali ada alergi.

3. Ada risiko kerusakan rambut dan peningkatan paparan formalin

Menurut Saviano, kamu harus memperhatikan berapa banyak panas yang diterapkan pada rambut ketika mendapatkan perawatan tersebut. “Jika terlalu banyak panas yang kamu rasakan ketika perawatan atau ketika mereka meluruskan rambutmu, itu akan mengeringkan rambutmu lebih cepat dari biasanya dan menyebabkan kerusakan,” kata Saviano. “Suhu tinggi seterika rambut untuk menyegel bahan kimia ke rambut itu buruk, jika kamu memiliki kerusakan pada helai rambutmu,” kata Vaccaro. “Selain itu, ketika panas diaplikasikan ke rambut, ia melepaskan formalin ke udara dan orang-orang di sekitarnya akan menghirupnya.”

4. Tidak semua perawatan keratin itu berbahaya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Sekarang ada alternatif formalin dalam beberapa perawatan keratin. Ini menawarkan tekstur halus yang sama, tetapi rambut terkunci pada tempatnya dengan asam glioksilat. Tanyakan pada stylist-mu apakah mereka menggunakan merek seperti Goldwell Kerasilk atau Trissola Solo, yang 100 persen bebas formalin. Pilihan salon lainnya adalah Keratin Complex. Perusahaan ini menawarkan beberapa formula berbeda, dari perawatan smoothing klasik hingga satu untuk rambut rapuh. Ini sebenarnya dirancang untuk memperbaiki rambut yang rusak, bukan meluruskannya. Namun, itu saja bisa membantu menjinakkan rambut keritingmu tanpa biaya atau risiko terlibat dengan meluruskan.

Source foto: cover: rks1salon.com, 1. secondave.com.au, 2. sapphireadvancedaesthetics.com, 3. haircenterathelendale.com, 4. manrepeller.com

Setelah mengetahui efek samping dari perawatan keratin, kamu perlu memperhatikan salon yang ingin kamu kunjungi, Ladies apakah bebas keratin yang mengandung formalin atau tidak, waspada ya Ladies.

beauty rambut hair treatment keratin perawatan keratin efek samping perawatan keratin keratin berbahaya keratin treatment perawatan rambut

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty