?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | YUK CEK BAHAN MAKANAN YANG BIKIN JERAWATAN

Yuk Cek Bahan Makanan Yang Bikin Jerawatan

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 9 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Yuk Cek Bahan Makanan Yang Bikin Jerawatan

Jerawat memang jadi gangguan kecil yang sangat menyebalkan, ya. Kamu pasti jadi kurang pede berhadapan dengan orang lain ketika sedang jerawatan. Maka kamu pun berusaha untuk membuat wajah jadi mulus dan bebas jerawat. Saat wajahmu sedang mulus-mulusnya, ternyata kamu juga wajib menjaga asupan makanan yang kamu santap. Supaya jerawat-jerawat itu nanti tak datang lagi mengganggu kulit wajahmu.

Jenis Bahan Makanan Yang Dapat Menimbulkan Jerawat

Gula dan Karbohidrat

Kulit Anda juga bisa berjerawat jika sering mengonsumsi gula dan karbohidrat. Misalnya, minuman bersoda, roti, nasi, dan kue. Gula dan karbohidrat akan meningkatkan kadar gula darah. Jika tubuh membuat lebih banyak insulin untuk menstabilkan kadar gula darah, maka hormon-hormon lain turut bekerja, termasuk hormon produksi minyak di kulit Anda yang menjadi penyebab jerawat.

Baca juga: 5 Cara Memutihkan Kulit BayiAgar Halus dan Lembut dengan Bahan Alami

Cokelat

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan cokelat 10x lebih mudah berjerawat ketimbang mereka yang tidak makan cokelat. Campuran gula dan susu yang terdapat di dalam cokelat menjadi makanan penyebab jerawat. Jika ingin makan cokelat dan bebas jerawat, sebaiknya konsumsi cokelat hitam yang rendah gula.

Makanan Cepat Saji

Jerawat juga dikaitkan dengan pola makan gaya barat yang tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Makanan penyebab jerawat ini bisa dijumpai di restoran cepat saji, misalnya burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake.

Makanan Berlemak

Baca juga: DIY Bahan Dapur Yang Bisa Menjadi Bahan Pelembut Pakaian


Pola makan yang tinggi asam lemak omega 6 turut dituding sebagai pemicu munculnya jerawat. Hal ini terkait dengan gaya makanan barat yang banyak mengandung minyak jagung dan kedelai yang tinggi asam lemak omega 6. Ketidakseimbangan asam lemak omega 6 dan omega 3 di dalam tubuh bisa menyebabkan inflamasi atau peradangan dan memperburuk kondisi kulit yang berjerawat.

Bubuk Whey Protein

Bubuk whey protein dikenal luas sebagai suplemen untuk pola makan sehat. Makanan penyebab jerawat ini kaya asam amino leusin dan glutamin. Sayangnya, asam amino dapat membuat sel-sel kulit berkembang dan membelah lebih cepat, sehingga berkontribusi pada munculnya jerawat. 

Makanan tertentu bisa memicu jerawat. Maka kamu perlu lebih jeli dalam memilih panganan yang akan dikonsumsi. Namun, bukan berarti kamu tak boleh sama sekali makan makanan ini. Kamu tentu saja boleh memakan makanan yang ada di daftar ini. Akan tetapi, perhatikan porsinya. Jangan terlalu banyak dan terlalu sering. Terlebih jika kamu memang sensitif terhadap salah satunya. Agar jerawat tak terus bermunculan, ada baiknya untuk memperbanyak makan makanan sehat seperti  buah dan sayuran. Selain itu, coba ganti nasi putih dengan nasi merah yang punya indeks glikemik lebih rendah.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemicu jerawat pada setiap orang berbeda-beda. Bisa jadi dengan menghindari makanan di atas jerawatmu bisa sembuh. Supaya wajah tetap mulus, kombinasikan diet sayur dan buah-buahan dengan kebiasaan membersihkan wajah selesai beraktivitas.

Baca juga: 5 Bahan Alami Ini Ampuh Mencerahkan Lutut dan Siku

Sumber Foto Utama: Freepik.com

makanan yang dapat menimbulkan jerawat Bahan Makanan Yang Bikin Jerawat Jerawat

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health