Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | YUK COBA 5 OLAHRAGA RINGAN UNTUK MENGATASI MENSTRUASI TIDAK TERATUR

Yuk Coba 5 Olahraga Ringan Untuk Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 1 menit, 59 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Yuk Coba 5 Olahraga Ringan Untuk Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Siklus haid yang nggak lancar merupakan salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh hampir seluruh cewek. Nggak cuma lewat pola makan dan waktu tidur, kamu bisa seimbangkan juga dengan melakukan kegiatan olahraga. Berbagai hal bisa menjadi penyebab haid tidak teratur. Bisa karena kondisi psikologis, bisa pula karena aktivitas yang cukup menguras tenaga. Pada dasarnya, melakukan aktivitas fisik saat haid lebih bermanfaat daripada tidak berolahraga sama sekali. Olahraga bisa mengurangi rasa kram atau disminore yang sering dialami oleh wanita ketika hari pertama datang bulan.

Selain itu, latihan yang intens selama haid akan memperlancar sirkulasi darah sehingga mengurangi sakit kepala dan nyeri akibat kekurangan darah. Bahkan, olahraga membantu kamu mengendalikan nafsu makan. Namun sebelum mengatur jadwal olahraga ketika haid, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tingkat dan jenis latihan. Olahraga yang kurang tepat, justru bisa membuat siklus menstruasi tidak teratur. Olahraga seperti apa yang bisa membantu melancarkan atau menghambat siklus mens?

1. Jalan Kaki

Olahraga keras memang tidak disarankan jika kamu sedang menstruasi. Namun, bukan berarti harus tidur atau istirahat saja di rumah. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, salah satunya dengan jalan kaki. Aktivitas ringan ini akan membuat tubuh terasa lebih baik.

Baca juga: Olahraga Kardio Ini Bisa Dilakukan Dengan Mudah

2. Jogging

Apabila kamu membutuhkan olahraga yang lebih intens, kamu bisa memilih berlari-lari kecil atau jogging. Hormon endorfin yang dilepaskan saat kamu joging bisa membantu mengatasi mood yang tidak stabil. Pastikan kamu minum cukup air sebelum, saat, atau setelah berlari, agar tidak kekurangan cairan.

3. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang paling fleksibel. Kombinasi gerakannya bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh kamu. Namun, gerakan-gerakannya yang menuntut tubuh untuk membalikkan badan (kepala di bawah dan kaki di atas) tidak disarankan selama periode menstruasi. Yoga bisa membuat tubuh lebih relaks dan menstabilkan mood.

4. Aerobik

Saat datang bulan, terkadang suasana hati akan naik turun meskipun sudah lewat dari periode PMS. Aktivitas fisik aerobik bisa jadi cara untuk meluapkan kekesalan. Apalagi sekarang ada kelas aerobik yang dirancang agar pesertanya tidak merasa sedang olahraga, tapi lebih dari seperti berdansa.

5. Pilates

Olahraga ini berfokus untuk mengencangkan otot inti (sekitar perut, pinggang, dan pinggul). Dengan melakukan gerakan pilates, otot dasar pinggul akan terlatih, sehingga nyeri menstruasi dapat berkurang. Selain menjaga keseimbangan otot perut, pilates juga dapat membantu meningkatkan energi, sehingga suplai oksigen pun meningkat.

Nah, cobalah lakukan olahraga ringan di atas untuk mengatasi siklus haid yang nggak teratur. Jika setelah melakukannya, siklus menstruasimu masih acak-acakan, segera konsultasikan ke dokter, ya!

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Baca juga: 6 Manfaat Olahraga Pilates yang Rutin Dilakukan Rose BLACKPINK

gerakan olahraga untuk melancarkan haid cara melancarkan haid mengatasi haid yang tidak lancar haid

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health