Ladiestory.id » Health » Yuk, Ikutan Gerakan Cegah Penyebaran Virus Corona bersama PMI dan BenihBaik.com

Yuk, Ikutan Gerakan Cegah Penyebaran Virus Corona bersama PMI dan BenihBaik.com

LS Health
Penulis: LS Health
Senin, 02 Maret 2020 | 11:29:43
Durasi baca: 0 menit, 13 detik
Dibaca: 113 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Yuk, Ikutan Gerakan Cegah Penyebaran Virus Corona bersama PMI dan BenihBaik.com

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) minggu lalu menyatakan bahwa dunia harus bersiap-siap seandainya penyebaran virus Corona masuk dalam level pandemik. Menurut data per Minggu (01/3) Virus mematikan yang awalnya dari China ini, telah menyebar ke lebih dari 60 negara dan membunuh setidaknya 2.943 orang. Sementara itu, 85.000 sudah terinfeksi. Itulah sebabnya, dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona semakin luas, BenihBaik.com mendukung program gerakan "Sejuta Masker untuk Indonesia" yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia.

Seperti yang kita sudah tahu, Indonesia sangat perlu waspada dengan ancaman virus Corona ini. Apalagi kasus virus Corona telah menjangkit di beberapa negara tetangga seperti Australia, Filipina, Malaysia, dan Singapura. Bahkan di Singapura ada seorang Warga Negara Indonesia (WNI) positif terpapar virus ini. 

Seperti yang dilansir Kompas TV (5/2/2020), Duta Besar Indonesia untuk Singapura I Gde Ngurah Swajaya Sbahwa seorang WNI di Singapura yang positif terkena virus Corona telah mendapat perawatan medis. WNI yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga ini menjalani perawatan di ruang isolasi Singapore General Hospital (SGH).

Baca juga: Zee Zee Shahab Tularkan Virus Rajin Olahraga Kepada Anak SMA

Dari informasi yang diperoleh, WNI ini diduga tertular virus Corona dari majikan tempatnya bekerja. Sang majikan diketahui kerap berinteraksi dengan turis asal Cina di tempat ia bekerja.

Virus Corona merupakan virus baru penyebab penyakit pernapasan yang berasal dari China. Corona bisa menular antarmanusia, penularan melalui kontak langsung atau melalui percikan batuk dan bersin. Daya tahan tubuh yang baik bisa mencegah kita dari virus Corona.

Ada begitu banyak hal yang belum kita tahu tentang virus ini, tetapi para ilmuwan meyakini bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebarannya. Misalnya, dengan menggunakan masker dan sabun antiseptik. Itulah sebabnya, Palang Merah Indonesia (PMI) membuat gerakan pengadaan 1 juta boks masker dan sabun antiseptik untuk menangkal penyebaran virus ini.

Meski sampai sekarang, menurut data Kementerian Kesehatan belum ada orang Indonesia yang terdeteksi terinfeksi virus ini, kita tetap harus waspada. “Kita harus selalu siap dengan situasi terjelek apabila virus ini masuk ke Indonesia sama seperti negara lain," kata Ketua Umum PMI, Muhammad Jusuf Kalla.

Baca juga: Di Kamar Tidur Ada 4 Barang Berkumpulnya Virus Bakteri


Untuk menghindarinya, lanjut mantan Wakil Presiden RI ini, salah satu caranya dengan melindungi masyarakat dari kontak langsung, penggunaan masker dan sabun antiseptik. PMI dan BenihBaik.com bekerjasama untuk pengadaan 1 juta boks masker guna mencegah virus Corona. 

Pengadaan masker ini membutuhkan dana kira-kira Rp100 miliar. Untuk itu, akan dilakukan penggalangan yang akan berlangsung selama tiga bulan. Nantinya, masker yang dibeli dari dana yang terkumpul akan segera didistribusikan di daerah yang berpotensi terdampak virus Corona, antara lain Batam, Manado, Jawa, Sumatera, Kalimantan Utara dan daerah lain di Indonesia.

Apakah kamu tertarik untuk mengambil bagian dalam #GerakanKebaikan bersama PMI dan BenihBaik.com? Cek situs resmi BenihBaik.com untuk mencari tahu informasi lebih lanjut. Yuk, #TanamKebaikan selagi masih ada kesempatan, Ladies

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Ani Kolleshi

Baca juga: Bahan Alami untuk Redakan Peradangan Akibat Infeksi Virus Herpes

kesehatan publik penyebaran coronavirus wabah coronavirus kesehatan masyarakat hidup sehat bebas virus

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH