12 Pilihan Tempat Wisata Seru Untuk Liburan Bersama Keluarga

Jumat, 6 Desember 2019 | 16:10:11

nira rahayu

Penulis : nira rahayu

12 Pilihan Tempat Wisata Seru Untuk Liburan Bersama  Keluarga

Hai Ladies, merencanakan liburan adalah hal yang menyenangkan apalagi saat momen liburan menjelang akhir tahun yang umumnya adalah long weekend hingga perayaan tahun baru. Bagi yang sedang mencari tempat liburan bersama keluarga, pasangan atau bahkan untuk acara family gathering bersama rekan kantor, ada beberapa pilihan tempat wisata yang pernah saya (penulis) kunjungi dan sekiranya cocok sebagai alternatif  untuk jalan-jalan saat liburan nanti.

Supaya tidak penasaran, mari kita simak 12 (dua belas) pilihan tempat wisata keluarga yang seru untuk berlibur bersama keluarga.

1. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, Bandung

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution ini adalah taman hiburan favorit di Bandung sejak jaman saya masih kecil. Taman bermain ini beralamat di Jl. Belitung No.1, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Tiket masuknya pun terbilang murah dan ada biaya tambahan jika kita memasuki area sewa wahana.

2. Taman Wisata Kopeng,Semarang

Taman Wisata Kopeng berada di jalur beberapa kawasan wisata yang terletak di lereng pegunungan yang menyejukkan dengan ketinggian 1450 meter. Taman Wisata Kopeng beralamat di Jl. Raya Salatiga - Magelang KM. 15, Kopeng, Getasan, Dukuh, Kopeng, Kec. Getasan, Semarang, Jawa Tengah 50774. Tempat yang sejuk membuat tak bosan berkeliling juga ada banyak spot foto ,kolam renang dan wahana permainan. Biaya tambahan selain tiket masuk akan dikenakan jika kita memasuki kolam renang dan wahana permainan.

3. Bukit Sekipan, Karanganyar

Bukit Sekipan adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di pegunungan yang sejuk. Bukit Sekipan beralamat di Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Disini ada banyak spot foto unik hingga spot foto horor. Biaya tambahan selain tiket masuk akan dikenakan jika kita memasuki wahana permainan atau jika kita ingin berfoto dengan kostum

4. Cemara Kandang

Cemara Kandang beralamat di Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.? Cemara Kandang terletak diwilayah paling timur dari Kabupaten Karanganyar dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Cemara Kandang berada di ketinggian 1.800 mdpl dan memiliki suhu yang sangat sejuk mencapai 8 ? 10 C, Cemara kandang menjadi salah satu jalur pendakian Gunung Lawu yang banyak diminati wisatawan. ?Namun saya datang ke Cemara Kandang hanya sekedar untuk menikmati udara sejuk,pemandangan yang indah dan juga jajanan lokal seperti sate kelinci yang harganya tergolong murah.

Tidak diperlukan membayar tiket masuk jika hanya ingin sekedar mampir di di jalur Cemara Kandang, hanya cukup membayar parkir atau boleh juga mampir di warung sate kelinci yang ada di sepanjang jalur Cemara Kandang.

5. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan kawasan wisata alam di ketinggian 1200 mdpl yang beralamat di Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Manggung, Jimbaran, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50661. saya pertama kali mengunjungi Umbul Sidomukti saat ada acara family gathering di kanto.

Karena terletak di pegunungan maka udara di Umbul Sidomukti ini cukup sejuk namun medan yang berliku dan naik turun tetap membuat tubuh terasa lelah dan berkeringat, apalagi mengingat letak tempat parkir dengan lokasi wisata yang tidak bisa disebut dekat.

6. Taman Kyai Langgeng

Taman ini pernah saya kunjungi saat mengantar outbound anak saya yang bersekolah di PAUD. Taman Kyai Langgeng merupakan tempat wisata taman yang beralamat di Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122.

Luas areanya sangat besar sehingga perlu waktu lebih dari satu kali kunjungan untuk bisa mengelilingi seluruh area Taman Kyai Langgeng.

Jika kita menggunakan bis maka kita harus berjalan agak jauh dan melalui tempat penjualan cinderamata sebelum bisa mencapai lokasi. Ada banyak spot foto dan wahana gratis. Biaya tambahan akan dikenakan jika kita memasuki Wahana berbayar.

7. Pantai Klayar, Pacitan

Jika sedang di Pacitan jangan lupa mampir ke Pantai Klayar. Pasir yang putih dan bersih membuat pemandangan di sekitarnya makin terlihat indah. Saat musim kemarau jangan lupa untuk membawa payung? untuk melindungi dari matahari cukup terik.

Sayangnya saat berkunjung ke Pantai Klayar saya tidak sempat sampai ke karang siul. karang siul di pantai klayar merupakan objek unik yang tercipta dari semburan air laut dari sela-sela batu karang. Pantai klayar ini berada di desa kalak, kecamatan donorojo, kabupaten pacitan , provinsi Jawa Timur.

8. Agrowisata Sondokoro, Karanganyar, Solo

Saya berkunjung ke Agrowisata Sondokoro saat libur lebaran, sangat menyenangkan karena disamping berfungsi sebagai taman bermain di agrowisata ini ada juga wahana hiburan berbayar lainnya selain itu kita juga bisa melihat proses pembuatan gula di Pabrik Gula Tasikmadu yang masih beroperasi, Agrowisata Sondokoro ini beralamat di Jl. Mangkunegara Bojonegara, Ngelande Wetan, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

9. Kampoeng Kopi Banaran

Pengalaman berkeliling di kebun kopi yang luas baru saya alami saat berkunjung ke Kampoeng Kopi Banaran. Kita akan diajak berkeliling di kebun kopi yang luas tanpa ada biaya tambahan lagi, yang penting kita sabar menunggu kedatangan mobil kereta wisata.

Tujuan utama saat pertama kali mengunjungi Kampoeng Kopi Banaran ini adalah ketika saya mengantar outbound anak saya yang bersekolah di Taman Kanak-kanak. Lokasinya yang luas dan ada arena outbond menjadikan?Kampoeng Kopi Banaran ini tempat favorit untuk acara outbond atau kumpulan lainnya.

Kampoeng Kopi Banaran beralamat di Jl. Raya Bawen - Solo KM 1,5 Bawen, Gentong, Asinan, Bawen, Semarang, Jawa Tengah 50661.

10. Pantai Gua Cemara, Bantul, Yogyakarta

Ada banyak pilihan wisata pantai jika kita berkunjung ke Yogyakarta. Salah satunya adalah pantai Goa Cemara yang terletak di Bantul Yogyakarta. Saat pertama kali berkunjung ke pantai Goa Cemara ini saya melihat arusnya cukup deras jadi demi keselamatan para pengunjung wajib berhati-hati dan tidak berenang diwilayah yang tidak disarankan.

Kabarnya nama Gua Cemara berasal dari jalur pohon cemara yang dilalui untuk menuju pantai berbentuk jalan seperti lorong seolah membentuk Gaa dari pohon cemara. Jika masih penasaran ingin mengunjungi pantai lainnya di sepanjang garis pantai juga ada pantai lainnya seperti Pantai Mercusuar yang menawarkan sensasi masuk ke mercusuar dan merasakan berada di ketinggian mercusuar.

11. Kids Fun Parc, Yogyakarta

Jangan pernah ajak anak anda ke Kids Fun karena pasti akan ketagihan, seperti itulah yang saya alami setelah berkunjung ke Kids Fun Parcs Yogyakarta.

Banyaknya arena permainan yang gratis untuk 22 wahana benar-benar sangat memanjakan si buah hati. Dari 22 wahana gratis yang tersedia hanya satu wahana yang bisa dinikmati bersama para orang tua yaitu wahan Kereta Jurasic.

Sayangnya anak saya sudah kelelahan untuk mencoba seluruh 22 wahana, dan dia lebih memilih untuk mengunjungi kolam renang yang tidak termasuk tiket terusan.

Biaya Tambahan akan dikenakan untuk wahana permainan dewasa dan kolam renang. Dan di Kids Fun ini ada aturan tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar jadi seluruh tas barang bawaan akan diperiksa dahulu sebelum masuk, jika sudah terlanjur membawa akan diminta untuk ditinggal di mobil atau disimpan di loker yang tersedia. Kids Fun Parc beralamat Jl. Wonosari No.KM, Asem Ngecis, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792.

12. Taman Air Tlatar, Boyolali

Kesan pertama saat berkunjung ke Tlatar adalah hawanya yang dingin karena wilayah Taman Air Tlatar ini dikelilingi pepohonan dan kolam ikan dimana-mana yang menjadikan udara makin terasa sejuk. Biaya tambahan akan dikenakan jika kita menyewa motor ATR, menyewa sepeda air dan memasuki wilayah kolam renang.

Jika ingin memesan makanan pastikan anda sudah memesannya dalam 2-3 jam sebelumnya, karena pengalaman saya pelayanan restorannya cukup lama (mungkin karena harus mengantarkan pesanan pelanggan di luas area tempat wisata yang luas) namun tarif makanan di restoran masih tergolong murah untuk ukuran tempat wisata.

Demikian 12(dua belas) Pilihan Tempat Wisata Seru Untuk Liburan Bersama? Keluarga yang pernah saya kunjungi. Mungkin ada yang tertarik untuk mengunjungi atau malah mengulangi kunjungannya.