Tips Kreatif Mendaur Ulang Kaos Lama yang Tidak Layak Pakai

Minggu, 14 April 2024 | 00:00:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Tips Kreatif Mendaur Ulang Kaos Lama Yang Tidak Layak Pakai

Ilustrasi Daur Ulang Kaos. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Jika kamu memiliki tumpukan kaos bekas yang berserakan, jangan buru-buru membuangnya. Kamu bisa sedikit berkreasi dengan kreativitas dan keterampilan DIY sederhana.

Kamu dapat mengubah pakaian bekas ini menjadi barang yang berguna dan bergaya. Melakukan hal ini juga bisa membantu menjaga kelestarian bumi dari limbah pakaian yang menjadi salah satu faktor perubahan iklim secara masif.

Dilansir dari Times of India, berikut adalah enam cara menarik untuk menggunakan kembali kaos lama.

Menjadi Tote Bag

Ilustrasi Daur Ulang Kaos. (Antara.com)

 

Ubah kaos lama favoritmu menjadi tote bag atau tas jinjing ramah lingkungan. Peralatannya sangat sederhana, yang kamu butuhkan hanyalah gunting dan keterampilan dasar menjahit.

Potong bagian lengan dan leher, lalu jahit bagian bawahnya hingga tertutup. Dalam hitungan menit, kamu akan memiliki tas yang dapat digunakan kembali, cocok untuk berbelanja atau dipakai berwisata seharian di pantai.

Menjadi Selimut

Ilustrasi Daur Ulang Kaos. (Komunitastkj.com)

 

Kenang-kenangan kaos kesayanganmu dengan membuat selimut sentimental. Gunting kotak-kotak dari kemejamu sehingga menjadi kain perca dan jahit menjadi selimut yang nyaman dan penuh nostalgia.

Saat kamu kenakan, setiap kotaknya akan menceritakan sebuah kisah yang membuatmu selalu terkenang memori indah di hidupmu.

Bandana

Ilustrasi Daur Ulang Kaos. (Medium.com)

 

Buat ikat kepala bergaya atau bandana dari kaos warna-warni juga bisa menjadi salah satu ide kreatif yang bisa kamu lakukan dengan kaosmu.

Potong-potong dengan tipis dari bagian bawah kaus, regangkan, dan kepang atau ikat menjadi satu. Ikat kepala atau bandana ini tidak hanya modis tetapi juga nyaman.

Syal

Ilustrasi Daur Ulang Kaos. (Kuka.co.id)

 

Ide kreatif selanjutnya adalah mengubah kaos lama menjadi sebuah syal yang bisa kamu kenakan saat musim dingin.

Potong kaos menjadi potongan-potongan dan rentangkan untuk menciptakan aksesori yang nyaman dan bergaya untuk musim apa pun.

Sarung Bantal

Ilustrasi Daur Ulang Kaos. (Dapurprint.com)

 

Tambahkan semburat warna dan kenyamanan pada rumahmu dengan menjahit bahan kaos menjadi sarung bantal.

Ubah kaos lawasmu sedemikian rupa hingga menjadi sebuah sarung bantal yang menambah kenyamanan tidurmu.

Gantungan Tanaman

Ilustrasi Daur Ulang Kaos. (AliExpress.com)

 

Berikan tanaman dalam ruangan rumahmu sesuatu yang modis dengan menggunakan kembali kaos menjadi tempat tanaman gantung.

Cukup potong dan simpulkan kain untuk membuat gantungan yang kokoh dan dekoratif. Hal ini akan menciptakan kesan unik dalam rumahmu.