18 Tahun Jadi Penyanyi, Lee Seung Gi Tak Pernah Terima Bayaran

Senin, 21 November 2022 | 20:20:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

18 Tahun Jadi Penyanyi, Lee Seung Gi Tak Pernah Terima Bayaran

Lee Seung Gi. (Instagram.com/koreadispacth)

Ladiestory.id - Kabar kurang menyenangkan datang dari artis papan atas Korea Selatan, Lee Seung Gi. Turut melebarkan sayap kariernya sebagai seorang penyanyi selama kurang lebih 18 tahun, ternyata agensi yang menaunginya diduga tak pernah membayarnya sepeser pun.

Hal inilah yang berhasil diungkap oleh media Korea, Dispatch, pada Senin (21/11/2022). Sejak debut dengan albumnya yang bertajuk "The Dream Of A Moth" pada 2004, Seung Gi ternyata tak pernah menerima uang atas kerja kerasnya.

Lee Seung Gi Tak Terima Bayaran Jadi Penyanyi. (Instagram.com/koreadispacth)

Bergabung di bawah naungan Hook Entertainment, selama 18 tahun Lee Seung Gi hanya menjadi korban dari budak kontrak dan gaslighting dari agensinya sendiri. Kesuksesan yang sempat diraih dari terjualnya 100 ribu eksemplar, dari tiga albumnya pun tak pernah dihargai.

Keuntungan dari keringat sang artis disebut-sebut hanya masuk ke kantong agensi. Sementara, sang artis yang telah merilis total 137 lagu, tak mendapatkan apa-apa dari kariernya sebagai seorang penyanyi.

Sementara itu, awal mula terciumnya hal yang kurang beres dari Hook Entertainment, yaitu saat Lee Seung Gi akhirnya meminta laporan resmi untuk pendapatan kariernya di dunia musik pada pertengahan November 2022 lalu.

Dari dokumen yang diterima oleh Dispatch, terungkaplah kontrak pada 2006 yang menyatakan pembagian keuntungan antara Lee Seung Gi dengan perusahaan yang ternyata adalah 4:6, di mana 40 persen untuk sang artis dan 60 persen untuk agensi.

Kontrak pun diperbarui pada 2009 dan 2017, yang mana Lee Seung Gi sempat menerima pembagian 6:4 dan 7:3. Namun belakangan, cara agensi dalam menangani biaya produksi dengan hasil kerja sang artis, disebut-sebut sebagai praktik curang, sehingga Lee Seung Gi tak menerima sepeser pun dari pekerjaannya sebagai penyanyi.