Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | TRAVEL | 2 NEGARA TERBAIK TEMPAT MENIKMATI AURORA

2 Negara Terbaik Tempat Menikmati Aurora

LS Travel
Penulis: LS Travel
Minggu, 25 April 2021 | 11:35:40
Durasi baca: 2 menit, 8 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

2 Negara  Terbaik Tempat Menikmati Aurora

Aurora atau cahaya kutub adalah fenomena alam yang menghasilkan pancaran cahaya yang menyala-nyala dan menari-nari di langit malam pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).  Di bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar Kutub Utara dan Kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang ada di langit bagian kutub selatan disebut Aurora Australis, sedangkan Aurora yang ada di langit bagian kutub utara bumi disebut Aurora Borealis.

Lalu apa sih penyebab dan proses terjadinya aurora? Bagi kita yang tinggal di bawah khatulistiwa jangan pernah berharap melihat aurora di atas langit, kenapa begitu? Jawaban sederhananya karena aurora tidak terjadi di daerah khatulistiwa, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut !

Penyebab Terjadinya Aurora

Fenomena aurora ini terkait dengan selubung medan magnet atau magnetosfer Bumi dan aktivitas kemunculan cahaya dari Matahari. Semakin kuat dan lama cahaya aurora, dapat diperkirakan semakin kuat gangguan dari Matahari yang dikenal sebagai badai matahari (solar storm). Badai Matahari adalah siklus kegiatan peledakan dahsyat dari masa puncak kegiatan bintik matahari (sunspot), biasanya setiap 11 tahun akan memasuki periode aktivitas badai matahari.

Baca juga: Fakta Dibalik Kep. Seribu, Tempat Wisata Di Jakarta Dengan Pesona Alam yang Indah

Sedangkan gangguannya yang terjadi pada medan magnet Bumi, dinamakan badai magnet (magnetic storm). Perubahan medan magnet yang mendadak tersebut menyebabkan partikel bermuatan yang ada di atmosfer meningkat atau berubah arah (misalnya di lapisan ionosfer).

Tempat Terbaik Menikmati Aurora

Sebagaimana disinggung di atas, bahwa selain waktu ada tempat-tempat terbaik atau titik pkamung terbaik ketika seseorang ingin menikmati indahnya fenomena alam aurora ini. Adapun tempat-tempat terbaik tersebut antara lain:

New Zealand

Salah satu spot terbaik untuk menikmati aurora berada di New Zealand (Selandia Baru) yang berada pada garis lintang 42° 0′ 0″ S / 174° 0′ 0″ E, dari kawasan ini kamu akan bisa menikmati indah aurora autrialis, aurora yang bisa kita lihat di sini umumnya berwarna hijau dan pink. Tempat di New Zealand yang direkomendasikan untuk ada antara lain di Stewart Island yang sebagaian besar terdiri atas tanam nasional. Kemudian di danau Takepo dan terakhir di kawasan The Catlins lokasi paling selatan di dunia yang masih dapat kita kunjungi.

Kanada Utara

Kanada utara merupakan lokasi untuk melihat aurora yang sangat baik, umumnya aurora yang kita lihat dari kawasan ini bentuknya oval. Salah satunya adalah lembaga di Kanada yang bernama Canada Geographic ini akan membimbing kita menemukan lokasi yang tepat kemunculan aurora, dan saat musim salju lah momen yang paling baik untuk kita berburu aurora di Kanada Utara.

Berdasarkan penyebab-penyebab di atas dapat dikatakan bahwa pada dasarnya Aurora merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh faktor berupa bintik matahari yang menyebabkan badai matahari sehingga menghembuskan angin surya.

Baca juga: Tempat Wisata Murah Di Bandung, Paling Hits dan Instagramable


Aurora Tempat Terbaik Menikmati Aurora New Zealand Kanada Utara

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Travel