3 Tahun Berkarya, Inilah Sederet Prestasi Boyband TXT

Rabu, 19 Oktober 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

3 Tahun Berkarya, Inilah Sederet Prestasi Boyband Txt

Boyband TXT. (Special)

Ladiestory.id - Nama boyband TXT tentu saja tak asing lagi bagi pecinta K-pop. Pasalnya, grup yang berada dalam naungan Big Hit Entertainment ini disebut sebagai the next BTS. Selain itu, meski baru berusia tiga tahun sejak debutnya, grup ini telah berhasil mengukir berbagai prestasi.

Hal ini tak hanya membagakan bagi MOA (sebutan bagi penggemar TXT), namun juga seluruh penggemar K-pop lainnya. Tak ayal, setiap kemenangan maupun prestasi yang mereka torehkan selalu bertengger tagar mengenai TXT di seluruh laman media sosial. Nah, kira-kira apa saja si sederet prestasi boyband TXT. Yuk, simak.

Puncaki Tangga Lagu saat Debut

Boyband TXT. (Special)

Sejak diumumkan pada 2017 mengenai rencana debutnya, boyband kedua dari Big Hit Entertainment ini ditetapkan 10 Januari 2019 sebagai waktu resmi TXT diperkenalkan di publik. Grup ini memperkenalkan diri melalui video YouTube lewat judul “introduction film”.

Nama TXT sendiri merupakan akronim dari “Tomorrow X Together”, yang memiliki lima orang anggota, yakni Soobin, Yeonjun, Beomgyu, Taehyun, dan HueningKai. Makna dari nama grup tersebut adalah lima individu yang berkumpul di bawah satu mimpi yang sama dengan harapan dapat membangun hari esok yang lebih baik.

Melakukan debut dengan single utama berjudul “Crown”, TXT berhasil memecahkan rekor sebagai video music debut boyband K-pop paling banyak ditonton dalam 24 jam dengan memperoleh 14,5 juta tayangan di YouTube. Selain itu, juga sebagai video music debut dengan likes paling banyak dalam 24 jam sebanyak 2,3 juta likes.

Tak hanya itu, album debut mereka menduduki peringkat atas Gaon Album Chart dan Billboard World Albums Chart. Bahkan, single “Crown” dari TXT berhasil berada di peringkat 140 pada Billboard 200. TXT pun berhasil meraih first win-nya sejak satu minggu debutnya melalui acara musik "The Show". Sungguh pencapaian yang luar biasa, bukan?

Adakan Tur Luar Negeri Setelah Sebulan Debut

Boyband TXT. (Special)

Tak lama sejak debutnya, TXT pun mengumumkan tur luar negeri pertamanya pada 9 April 2019. Konser ini diadakan di enam kota Amerika Serikat, seperti New York City, Chicago, Los Angeles, Dallas, Orlanda  dan Atlanta. Tiket mereka pun habis terjual dalam waktu kurang dari 24 jam, lho.

Mereka juga tampil di konser musik iHeartRadio Wango Tango 2019, yang digelar di Dignity Health Sports Park, Los Angeles pada 1 Juni 2019. Karier TXT pun semakin cemerlang sejak berhasil tampil pada acara festival musik "KCON 2019 NY" yang digelar di Madison Square Garden, New York.

Raih Berbagai Penghargaan

Boyband TXT. (Special)

Selain berhasil menggebrak pasar musik luar negeri. TXT kembali menorehkan prestasi gemilang. Grup baru ini pun berhasil menjadi salah satu nominasi di MTV Video Music Award dalam kategori ‘Best K-Pop”. Kemudian, grup TXT berhasil menyabet berbagai penghargaan musik akhir tahun Korea.

Beberapa diantaranya, seperti Asia Artist Award, Melon Music Award, Mnet Asian Music Award, Gaon Chart Music Award, Golden Disc Awards dan Seoul Music Award. Hal ini pun semakin mengukuhkan posisi TXT sebagai grup boyband K-pop baru yang mampu bersaing. Selamat, TXT!

Lakukan Promosi di Jepang

Boyband TXT. (Special)

Setelah satu tahun debut, TXT pun memulai untuk melakukan promosi di Jepang. Grup yang beranggotakan 5 anggota ini menggunakan “Magic Hour” sebagai lagu debutnya. Seketika, lagu ini menjadi peringkat pertama pada tangga lagu harian Oricon.

Bahkan, lagu "Magic Hour" berhasil terjual sebanyak 100 ribu eksemplar hingga mendapat sertifikasi emas dari Asosiasi Industri Rekaman Jepang (RIA).

Berhasil Meraih Hero Of The Year, NME Award 2022

Boyband TXT. (Special)

TXT dikenal sebagai salah satu boy group yang memiliki single-single hitsnya. Beberapa diantaranya, seperti Anti Romantic, Blue Hour hingga PS5 yang easy listening dan membuat banyak penggemar jatuh cinta.

Setelah melalui berbagai proses dan menelurkan berbagai karya luar biasa, di 2022 TXT  kembali berhasil mengukir prestasi dengan memenangkan Hero of The Year dari "NME Award 2022". Hal ini merupakan pertama kalinya artis Korea menerima penghargaan tersebut. Tentu ini membanggakan bagi para MOA dan seluruh pecinta K-pop.

"NME Awards" sendiri merupakan penghargaan yang diberikan sebagai penghormatan dalam musik, film, hingga budaya. Penghargaan yang diterima TXT sendiri merupakan hasil pemilihan dari penggemar yang mengakui tokoh atau idola yang mampu membuat dunia menjadi tempat lebih baik selama 12 bulan terakhir.

Itulah sederet prestasi yang mampu dicapai oleh TXT. Tentu saja, waktu tiga tahun tidaklah singkat. Namun, TXT menjadi salah satu boy group yang kini diperhitungkan dalam dunia K-pop. Selamat TXT, selalu ditunggu karya terbarunya!