4 Rekomendasi Pesantren Di Daerah Bogor Dengan Biaya Pendidikan Murah

Rabu, 18 Agustus 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

4 Rekomendasi Pesantren Di Daerah Bogor Dengan Biaya Pendidikan Murah

foto:ladiestory.id

Bogor dikenal dengan kota tempat tinggal untuk para pekerja yang ada di Jakarta, dan juga tempat wisata untuk orang-orang yang menetap di Jakarta. Suasana yang nyaman menjadikan Bogor sebagai kota dengan pesantren yang lumayan banyak dan terkenal.

Rekomendasi Pesantren Di Daerah Bogor Termurah

Pondok pesantren merupakan salah satu penyedia pendidikan di Indonesia. Umumnya memiliki status lembaga swasta. Memiliki model pendidikan berbentuk asrama yang 24 jam terletak di kawasan pesantren dan kebanyakan juga menanggung makan, air, listrik dan sarana prasarana pendidikan.

Dengan tanggungan biaya SPP, uang makan dan fasilitas yang lain, pastinya keperluan operasional menjadi cukup tinggi. Umumnya hal yang menyedot banyak biaya yakni konsumsi para santri.

Terlebih lagi bila masih pondok pesantren yang tengah pada masa perkembangan, pastinya akan terdapat alokasi dana pada bidang pengembangan pesantren yang diambilkan dari uang masuk santri. Berikut adalah pesantren yang hanya mengeluarkan biaya murah di Bogor.

1. Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami

foto:instagram/pmuqi
foto:instagram/pmuqi

 

Ummul-Quro berasal dari sebutan kota Mekkah di Saudi Arabia dengan arti pendiri untuk tabarrukan (mengambil keberkahan) dari kota Mekkah yang selalu dibanjiri oleh kaum Muslimin dari segala penjuru dunia.

Bentuk pesantren modern dengan kurikulum integrasi dianggap menjadi pilihan yang rasional guna mewujudkan visi dan misi ponpes Ummul Quro Al-Islami ini. Kelak para santri diberi modal ilmu agama dan umum supaya sesudah lulus dapat membaur dengan semua lapisan masyarakat.

Dengan modal ilmu agama para santri akan menjadi guru ngaji di kampungnya, menjadi imam di masjid atau mendirikan majlis ta’lim. Begitu juga ilmu umum dapat dikenakan guna meneruskan pendidikan formal sehingga dapat mengisi beragam lapis dalam sendi kehidupan.

2. Pesantren Madinatul Quran

foto:instagram/pesantrenmadinatulqurandepok
foto:instagram/pesantrenmadinatulqurandepok

 

Tidak pendidikan formal saja, sesuai dengan namanya jika pesantren Madinatul Quran merupakan ponpes yang fokus pada Al-Quran. Ponpes ini juga menerapkan sunnah rasul pada keseharian, sehingga cara berpakaian pun ikut mengikuti sunnah, layaknya celana di atas mata kaki.

Yang unik dari ponpes ini yaitu adanya pembekalan agribisnis, wirausaha yang diberikan kepada seluruh santri. Sehingga tidak mampu berdakwah saja memberikan pendidikan agama, kelak para santri dapat menopang kehidupan seharinya dengan usaha yang dipunya.

3. Pesantren Darussalam Bogor

foto:instagram/pesantrendarussalambogor
foto:instagram/pesantrendarussalambogor

 

Ponpes Darussalam Bogor sudah mengawali kegiatan belajar mengajar dengan sistem pesantren pada tahun 1993 yang secara sistem dan kurikulum mengarahkan pada Pondok Modern Gontor dan juga terhadap kurikulum Pendidikan Nasional (Departemen Agama dan Diknas).

Semenjak dibangunnya sampai sekarang ini, ponpes Darussalam sudah meluluskan alumninya yang saat ini sudah berkecimpung di tengah-tengah masyarakat dalam beragam profesi dan kegiatan.

Mempunyai bekal pendidikan agama dan pendidikan formal pada umumnya, anak nantinya akan menjadi santri yang imbang ketika menuntut ilmu.

4. Pesantren Modern Ar-Ridho Sentul Bogor

foto:instagram/ppmarridhosentul
foto:instagram/ppmarridhosentul

 

Salah satu pondok Binaan Darussalam Gontor Ponorogo yang dibangun guna membimbing dan mempersiapkan diri supaya memiliki bekal dunia dan akhirat ini sudah berhasil menerapkan disiplin pengkaderan dalam menjadi pemimpin yang Islami dan berkualitas sehingga sangat tidak perlu diragukan lagi.

Berkecimpung pada bidang pendidikan dengan kurun waktu kurang lebih 30 tahun, pesantren ini dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mendaftarkan putra putri menjadi calon santri. Selain letaknya yang lumayan strategi di daerah Sentul Bogor, pendidikan yang diberikan pasti terjamin.

Dengan fasilitas yang baik serta pendidikan yang berkualitas, pondok pesantren di atas masuk dalam pondok pesantren yang membutuhkan biaya murah.

Berita Terkait