5 Bahan Alami Untuk Memutihkan Badan, Dijamin Ampuh!

Sabtu, 3 Juli 2021 | 16:34:51

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Bahan Alami Untuk Memutihkan Badan, Dijamin Ampuh!

Foto: Ladiestory.id

Memiliki banyak aktivitas di luar ruangan menyebabkan salah satu faktor kulit menjadi gelap dan belang. Hal ini dikarenakan sering terpapar sinar matahari secara langsung sehingga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit di badan.

Kulit adalah lapisan luar yang menutupi tubuh sebuah vertebrata. Kulit terdiri atas epidermis, dermis, dan hipodermis. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena adanya kelenjar keringat (kelenjar sudorifera) yang terletak di lapisan dermis.

Kulit adalah bagian terluar pada tubuh manusia dan berperan penting dalam melindungi tubuh dari luar. Faktor-faktor seperti sinar Matahari atau polusi bisa membuat kulit menjadi kering.

Berbagai cara dilakukan untuk dapat memutihkan kulit, seperti menggunakan rangkaian body care. Namun jika sudah menggunakan suntik pemutih atau obat pemutih, hal ini sungguh sangat mengerikan dengan efek sampingnya.

Padahal ada banyak cara memutihkan badan menggunakan bahan-bahan alami. Untuk mendapat hasil yang maksimal, tentu saja perlu melakukannya secara rutin. Kira-kira bahan alami untuk memutihkan badan

5 bahan alami untuk memutihkan badan

  1. Bengkoang
Foto: Ladiestory.id

 

Bahan ini cukup populer untuk membantu memutihkan badan. Bahkan produk-produk body care juga banyak yang memiliki kandungan bengkoang.

Sebab bengkoang memiliki kandungan yang sangat banyak diantaranya, vitamin B dan C. Hal ini berfungsi untuk memutihkan serta menjaga kulit supaya tetap cerah. Lalu, adanya kandungan vitamin C pada bengkoang bisa merangsang sel kulit untuk regenerasi.

Bengkoang ini dapat dijadikan masker, dengan cara dikupas dan dihaluskan dengan menambah sedikit air. Lalu peras dan masukan ke dalam wadah untuk didiamkan selama beberapa jam sampai saripatinya mengendap.

Buang sebagian air di atas endapan. Setelahnya, kamu bisa mulai menggunakan saripati tersebut sebagai masker kulit.

  1. Jeruk Nipis
Foto: Ladiestory.id

 

Jeruk nipis memiliki kandungan anti oksidan dan vitamin C sehingga berguna untuk mencerahkan kulit, mencegah jerawat pada kulit, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sek kulit mati.

Menggunakan jeruk nipis untuk memutihkan kulit sangatlah muda, hanya dengan mengaplikasikan langsung pada kulit. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air.

  1. Lidah Buaya
Foto: Ladiestory.id

 

Didalam lidah buaya terkandung antiinflamasi dan memiliki sifat dingin. Sehingga mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan mengatasi hiperpigmentasi.

Cara menggunakannya cukup terbilang mudah, dengan gel lidah buaya yang diaplikasikan ke badan. Tunggu dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Namun hati-hati jika memiliki luka di kulit, dan alangkah baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter

  1. Pepaya, Pisang, Madu
Foto: Ladiestory.id

 

Untuk yang keempat, kamu bisa mengkombinasikan ketiga bahan ini. Kulit dapat lebih cerah dengan pepaya, serta buah ini mengandung pemutih alami dan nutrisi lainnya sehingga menjaga kesehatan kulit.

Selain itu pepaya juga memiliki enzim papain yang berguna untuk regenerasi kulit. Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai anti-oksidan yang mampu menutrisi dan menjaga kelembapan kulit.  

Sedangkan madu dikenal dapat melembapkan dan mencerahkan kulit. Madu juga kaya akan anti-oksidan yang dapat mengangkat kulit mati.

Agar hasil maksimal, campurkan pepaya, pisang dan madu. Dengan menghancurkan pisang dan pepaya hingga lembut, lalu tambahkan madu hingga bahan-bahan tersebut berbentuk pasta. Oleskan pada kulit wajah dan badan dan tunggu selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Susu
Foto: Ladiestory.id

 

Susu dikenal memiliki kemampuan meningkatkan kecerahan warna kulit. Untuk penggunaan yang maksimal, pilih susu murni yang masih mentah. Karena asam laktat di susu mentah berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan permukaan kulit yang kusam.

Didalam susu juga mengandung vitamin D yang mampu membantu meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, susu juga memiliki vitamin B6 yang berguna merawat dan menjaga kesehatan serta kelembapan kulit.

Caranya cukup mudah dengan menggunakan kapas yang dicelupkan ke susu mentah dan oleskan ke area kulit yang kurang cerah. Bersihkan dengan sedikit menekan dan lihatlah ada banyak kotoran yang terangkat di kapas tersebut.

Setelahnya, diamkan dahulu sampai 30 menit agar kandungan susu bisa masuk ke pori-pori. Setelah selesai, kamu bisa membilasnya dengan air bersih.

Itulah bahan alami untuk memutihkan badan yang bisa dilakukan dirumah secara rutin