5 Bahan Alami untuk Memutihkan Wajah

Jumat, 2 Juli 2021 | 09:22:53

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Bahan Alami Untuk Memutihkan Wajah

Foto: Ladiestory.id

Wajah merupakan salah satu hal yang dilihat orang pertama kali. Oleh sebab itu harus memiliki wajah yang cerah dan sehat.

Aktivitas di luar ruangan menyebabkan salah satu faktor wajah menjadi kusam. Hal ini dikarenakan sering terpapar sinar matahari secara langsung sehingga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit di wajah. Terlebih jika memiliki kebiasaan seperti begadang.

Kulit adalah lapisan luar yang menutupi tubuh sebuah vertebrata. Kulit terdiri atas epidermis, dermis, dan hipodermis. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena adanya kelenjar keringat (kelenjar sudorifera) yang terletak di lapisan dermis.

Kulit adalah bagian terluar pada tubuh manusia dan berperan penting dalam melindungi tubuh dari luar. Faktor-faktor seperti sinar Matahari atau polusi bisa membuat kulit menjadi kering.

Berbagai cara dilakukan untuk dapat memutihkan wajah, seperti menggunakan rangkaian skincare. Namun jika terus menggunakan skincare, kulit kita juga tidak akan menjadi sehat secara seutuhnya, hal ini dikarenakan adanya bahan kimia.

Sangat disayangkan jika telah mengeluarkan uang terlalu banyak, namun hasil tidak maksimal. Oleh sebab itu, menggunakan masker bahan alami untuk memutihkan wajah dapat membantu ke-efektifan. Kira-kira apa saja bahan alami untuk memutihkan wajah?

Bahan Alami untuk Memutihkan Wajah

  1. Madu

Foto: Ladiestory.id

Madu dikenal dapat memutihkan wajah secara alami. Selain itu bahan alami ini berperan sebagai pelembab yang mampu menjaga kelembaban kulit. Tak hanya itu, antibakteri dalam madu juga dapat mengatasi masalah kulit yang lain. Madu juga kaya akan anti-oksidan yang dapat mengangkat kulit mati.

Cukup dengan gosokkan madu pada kulit wajah dan leher secara perlahan selama beberapa menit. Hal dilakukan agar madu bisa terserap kulit dengan maksimal. Setelah itu, bilas dengan air untuk membersihkan sisa madu di kulit.

  1. Lidah Buaya

Foto: Ladiestory.id

Selain untuk memutihkan badan, lidah buaya juga dapat memutihkan kulit di wajah. Karena di dalam lidah buaya terkandung antiinflamasi dan memiliki sifat dingin. Sehingga mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan mengatasi hiperpigmentasi.

Selain itu lidah buaya mampu mencerahkan warna kulit, mencegah kemunculan jerawat, dan mengobati iritasi kulit akibat paparan sinar matahari. Hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya pada wajah dan leher. Lalu diamkan dulu selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.

  1. Susu

Foto: Ladiestory.id

Susu tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang, namun dapat mencerahkan kulit di wajah. Susu juga mengandung vitamin D yang mampu membantu meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, susu juga memiliki vitamin B6 yang berguna merawat dan menjaga kesehatan serta kelembapan kulit.

Tak hanya itu, kandungan AHA pada susu dapat menghilangkan sel kulit mati dan merangsang produksi pertumbuhan sel baru. Hal ini membuat kulit wajah menjadi terlihat putih alami, bersih, dan awet muda.

Cara pemakainnya dengan merendam kapas dalam susu dan kompreskan ke kulit setiap dua kali dalam sehari.

  1. Tomat

Foto: Ladiestory.id

Rupanya tomat memiliki banyak manfaat pasalnya mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium dan folat.

Tak hanya itu, tomat juga mengandung likopen yang berfungsi sebagai anti oksidan. Sama halnya dengan air beras, antioksidan ini akan menjadi pelindung kulit dari risiko radikal bebas dan sinar ultraviolet (UV).

Tomat bisa dikonsumsi begitu saja atau dijadikan jus. Untuk digunakan masker, tomat perlu dihaluskan lalu diaplikasikan pada wajah. Terapkan secara rutin 2-3 kali seminggu maka kamu akan melihat hasilnya.

  1. Air Beras

Foto: Ladiestory.id

Beras sendiri memilik kandungan yang banyak seperti, vitamin A, v itamin C, flavonoid dan fenolic. Keempat kandungan ini merupakan antioksidan alami yang mampu meminimalisasi racun dalam tubuh, karena banyaknya radikal bebas. Namun nutrisi kandungan tersebut berkurang disebabkan sewaktu beras dicuci.

Kadar vitamin pun seperti Vitamin B1, vitamin B3, B6, fosfor, mangan, serat sampai dengan zat besi berkurang mulai 50% hingga 80% akibat ikut larut saat pencucian.

Beras juga memiliki kandungan oryzanol yang berkhasiat sebagai penangkal radiasi berbahaya bagi kulit yang disebabkan sinar ultraviolet. Sebagian kandungan ini juga ikut berkurang saat dicuci. Inilah yang menjadi alasan mengapa air cucian beras memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Cara pengaplikasian cukup mudah, yakni dengan menyiapkan air cucian beras terlebih dahulu. Lalu mencuci muka dengan air hangat dan keringkan muka. Baru air cucian beras tadi dibasuhkan ke wajah dan biarkan selama 15 menit atau bahkan semalam. Setelah itu, tinggal cuci muka dengan sabun dan air

Inilah 5 bahan alami untuk memutihkan wajah, namun untuk hasil yang maksimal tidak bisa didapat dengan instan.