5 Cara Alami Atasi Rambut Rontok, Gampang Banget Lho!

Minggu, 23 Juli 2023 | 12:25:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Alami Atasi Rambut Rontok, Gampang Banget Lho!

Ilustrasi Rambut Rontok. (iStock)

Ladiestory.id - Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang banyak dialami sebagian orang. Namun, tahukah kamu cara alami atasi rambut rontok? Bahkan tanpa mengeluarkan banyak modal, lho.

Meski kerontokan rambut merupakan hal yang normal, khususnya dengan jumlah sebanyak 50 hingga 100 helai per harinya. Namun, jika lebih dari jumlah tersebut dan terjadi setiap hari. Maka, kamu tengah mengalami masalah kerontokan yang parah dan perlu mendapatkan penanganan yang tepat. 

Solusi mengatasi masalah ini pun beragam. Mulai dari menggunakan produk penumbuh rambut yang instan hingga bahan alami dengan tingkat efek samping yang rendah. Tentunya, menggunakan bahan alami dapat menjadi pilihan yang tepat. Sebabnya, lebih murah dan aman digunakan usia berapa saja dan kapan saja bahkan setiap hari sekalipun. 

Nah, supaya kamu tak salah langkah. Kamu wajib nih simak lima cara alami atasi rambut rontok berikut ini. Ikuti sampai akhir ya , Ladies! 

Kurangi Intensitas Keramas

Ilustrasi Keramas. (iStock)

 

Cara alami atasi rambut rontok yang pertama adalah dengan mengurangi intensitas keramas. Mungkin sebagian dari kamu merasa rambut yang kotor usai berkegiatan di luar harus keramas setiap hari. Padahal cara ini kurna tepat. 

Apabila kamu sering mengalami rambut rontok berlebihan. Maka, kamu wajib untuk mengurangi intensitasnya. Sebab, terlalu sering menggunakan sampo ketika keramas justru menimbulkan efek buruk pada rambut. Misalnya, rambut kering, rusak, tipis hingga mudah patah. Apalagi, jika kamu terbiasa menggosok terlalu kencang saat akan mengeringkan. Hal ini pun harus dihindari.

Sehingga, sangat disarankan untuk melakukan keramas maksimal 3 kali seminggu. Keringkan rambut dengan menepukkan handuk secara lembut. Mudah bukan?

Biasakan Pola Hidup Sehat

Ilustrasi Olahraga. (Pexels)

 

Ternyata, seseorang yang mengalami kekurangan gizi maupun anemia rentan mengalami kerontokan. Oleh karenanya, kamu perlu menerapkan  cara alami atasi rambut rontok dengan membiasakan pola hidup sehat. Mulai dari mengkonsumsi makanan segar dan bergizi hingga berolahraga dengan teratur. Mengkonsumsi vitamin serta memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga adalah poin yang penting.

Perlakukan Rambut dengan Lembut

Ilustrasi Menyisir Rambut. (Pexels)

 

Cara alami atasi rambut rontok berikutnya adalah memperlakukan rambut dengan lembut. Seringkali rambut mengalami berbagai perlakuan yang menimbulkan kerusakan. Misalnya, mengikat terlalu kencang, penggunaan hair dryer yang berlebihan hingga mencatok rambut dalam kondisi sangat panas. 

Alhasil, akar rambut menjadi rusak dan mudah mengalami kerontokan. Jika kamu mengalami hal ini, alangkah lebih baiknya mulai dihindari atau hentikan. Disisi lain kamu bisa melakukan perawatan recovery supaya rambut bisa kembali sehat. 

Rutin Menggunakan Masker Rambut

Ilustrasi Masker Rambut. (iStrock)

 

Siapa sangka, masker menjadi salah satu  cara alami atasi rambut rontok. Perawatan satu ini mampu membantu memperbaiki rambut yang rusak sekaligus menutrisinya.

Salah satu bahan masker rambut yang cukup efektif mengatasi masalahmu dan bisa didapatkan gratis di rumah adalah menggunakan kuning telur serta lidah buaya. Bahan satu ini tentunya bisa kamu temui dengan mudah bukan?

Kandungan kuning telur sendiri sangat efektif menutrisi rambut. Mulai dari kandungan biotin, asam amino, folat hingga vitamin A yang merangsang pertumbuhan rambut. Sedangkan lidah buaya memiliki kandungan vitamin, E, C, B12, kolin hingga asam folat yang menguatkan rambut. Jika digunakan secara teratur, rambut sehat pun bisa kamu miliki dengan segera. 

Aplikasikan Minyak Rambut

Ilustrasi Minyak Rambut. (Pexels)

 

Cara alami atasi rambut rontok di urutan terakhir adalah mengaplikasikan minyak rambut. Pilihan satu ini sayangnya tak banyak dilakukan orang. Padahal, hasilnya bisa terlihat dengan cepat jika digunakan secara ertayur. 

Adapun jenis minyak yang bisa kamu lakukan bisa berasal dari ekstrak kelapa. Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang sehat. kandungan ini yang kemudian dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut. 

Kamu pun bisa menggunakannya dengan menuangkan beberapa tetes dan pijat lembut area rambut yang bermasalah. Jika sudah, kamu bisa mengakhirinya dengan keramas. Sehingga, hasilnya menjadi lebih maksimal. Jadi, kapan mau coba  cara alami atasi rambut rontok  ini Ladies?