5 Cara Alami Hilangkan Jerawat, Semua Bahan Sudah Ada di Rumah Lho

Senin, 31 Juli 2023 | 20:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Alami Hilangkan Jerawat, Semua Bahan Sudah Ada Di Rumah Lho

Ilustrasi Jerawat (Special)

Ladiestory.id - Tahukah kamu ada cara alami hilangkan jerawat tanpa perlu obat-obatan. Uniknya lagi, semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia dirumah. Mudah bukan?

Masalah jerawat seringkali menjadi hal yang cukup mengganggu. Kondisi ini pun terjadi pada usia remaja hingga dewasa. Selain membuat riasan menjadi kurang sempurna, jerawat juga membuat timbulnya iritasi, kemerahan hingga nyeri yang cukup menyiksa. Alhasil, kamu pun menjadi kebingungan dan kurang percaya diri untuk tampil dengan wajah yang berjerawat.

Nah, daripada menggunakan bergam obat anti jerawat yang terkadang kandungannya tidak cocok dengan kulit. Yuk, coba cara alami hilangkan jerawat berikut ini.

Putih Telur Segar

Ilustrasi putih telur. (Special)

 

Pertama cara alami hilangkan jerawat adalah menggunakan putih telur segar. Namun, untuk mencoba cara ini dianjurkan menggunakan telur ayam kampung yang lebih sehat dan bernutrisi. 

Sebagai informasi, putih telur memiliki kandungan enzim lysozyme yang dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Cara untuk menggunakannya pun sangat mudah. Kamu cukup pisahkan kuning dan putih telur. Kemudian, masukan putihnya ke dalam mangkuk dan tambahkan 1 sendok perasan lemon. 

Lalu, aduk hingga rata dan tidak terlalu mengembang. Jika sudah kamu bisa mengoleskannya ke wajah menggunakan seperti asker biasanya. Selanjutnya, diamkan selama 15 menit atau hingga mengering. Terakhir bilas menggunakan air hingga bersih. 

Gel Lidah Buaya

Lidah Buaya (Special)

 

Kamu tentu sudah tak asing dengan tanaman ini bukan? Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki beragam khasiat. Salah satunya bisa digunakan sebagai cara alami hilangkan jerawat.

Namun, untuk menggunakan bahan ini kamu hanya memerlukan bagian gelnya saja. Diketahui kandungan polifenol didalamnya bekerja efektif dalam mengatasi masalah jerawat membandel di wajah. Kamu pun bisa menggunakan bahan alami satu ini sebagai masker wajah harian. Sebab, bebas dari efek samping dan juga mampu membantu merawat kulit senantiasa sehat. 

Jika kau ingin menggunakannya sebagai masker. Kamu dapat mengunakantanamanya langsung atau cukup gunakan produk gel lidah buaya yang sudah banyak dijual di toko. Kemudian, biarkan masker mengering selama 30 menit. Terakhir, bilas menggunakan air hingga bersih.

Bawang Putih

Ilustrasi bawang putih. (Special)

 

Selain digunakan untuk bahan masakan, bawang putih juga bisa kamu jadikan sebagai cara alami hilangkan jerawat. Emangnya bisa?

Tentu sangat bisa, ladies! Sebab, kandungan zat sulfur di dalamnya mampu membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Kamu pun tak perlu mengeluarkan  banyak biaya untuk mengatasi masalah wajah satu ini. Cara nya juga sagat muda lho. 

Cukup gunakan 2 butir bawang putih. Kemudian potong menjadi bagian yang kecil. Sebaluntanya, tempelkan potongan tersebut ke bagian yang berjerawat atau bekasnya. Lalu, diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas  menggunakan air bersih. Kamu juga bisa menggunakan sabun wajah untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari bawang putih.

Air Perasaan Lemon 

Air Lemon. (Special)

 

Cara alami hilangkan jerawat yang juga bisa kamu coba adalah menggunakan air perasan lemon. Sebagai informasi, kandungan asam askorbat yang tinggi di dalamnya mampu mencegah penyebaran bakteri jerawat membandel. Selain itu, vitamin C di dalam juga turut mencerahkan warna kulit dengan efektif. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Cukup potong satu lemon segar menjadi dua bagian. Lalu, peras airnya menggunakan mangkuk untuk menyimpannya. Jika sudah, kamu bisa mengoleskannya ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas wajah hingga bersih maksimal.

Madu

Ilustrasi madu. (Special)

 

Terakhir, cara alami hilangkan jerawat adalah menggunakan madu. Bahan alami satu ini sudah dikenal luas memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Sebab, terdapat raga kandungan baik di dalamnya yang salah satunya bersifat anti inflamasi. 

Hal inilah yang kemudian bekerja dalam mengatasi jerawat membandel. Jika kamu ingin mencobanya, caranya pun sangat Kamu hanya perlu mengoleskan madu pada wajah dengan merata. Kemudian, biarkan selama 15 menit. Terakhir, bilas menggunakan air bersih.