5 Cara Ampuh Hilangkan Kantuk Saat Bekerja di Bulan Ramadan, Wajib Coba!

Senin, 27 Maret 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Ampuh Hilangkan Kantuk Saat Bekerja Di Bulan Ramadan, Wajib Coba!

Ilustrasi mengantuk saat bekerja. (Special)

Ladiestory.id - Bekerja di bulan Ramadan terkadang menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa. Keadaan semacam ini tentu dapat menurunkan produktivitasmu dalam bekerja.

Mengantuk tentunya dapat menimbulkan hilangnya konsentrasi dan hal semacam ini dapat mengganggu produktivitas saat bekerja. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu mencari cara mengatasi permasalahan ini. Lalu, kira-kira apa saja ya cara ampuh hilangkan kantuk saat bekerja di bulan Ramadan?

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik. (Special)

 

Cara ampuh hilangkan kantuk saat bekerja di bulan Ramadan yang pertama yaitu mendengarkan musik. Namun, kamu juga bisa menggantinya dengan mendengarkan murotal Alquran atau tausiyah favoritmu.

Sebab, dengan mendengarkan musik yang upbeat atau lainnya dapat membantu otak mendapat sinyal untuk kembali bangun. Meski, selama beberapa waktu yang lalu otak mengirim sinyal untuk istirahat maupun tidur.

Melansir dari Heathline, musik yang memiliki hentakan maupun irama yang upbeat mampu membuat jantung berdetak lebih cepat. Sehingga, energi tubuhmu kembali meningkat.

Nah, bagi kamu yang ingin mencobanya dapat dimulai dengan membuat playlist yang berisikan musik favoritmu atau pun konten lain yang mampu bantu hilangkan kantuk. 

Membasuh Wajah

Cuci muka. (Special)

 

Bagi kamu yang sering mengalami permasalahan kantuk saat bekerja. Kamu dapat menerapkan cara ampuh selanjutnya berupa membasuh wajah. Dianjurkan menggunakan air dingin untuk menghilangkan kantuk. Langkah sederhana ini secara efektif dapat melancarkan aliran darah supaya kamu kembali siap beraktivitas. 

Jika cuaca hari itu tengah sejuk dan berangin, kamu dapat menghidup sebentar udara segar usai membasuh wajah. Sebab, dengan menghirup udara sejuk tingkat kewaspadaan menjadi meningkat dan rasa kantuk menjadi hilang. Sehingga, kamu akan kembali produktif dan rasa kantuk telah teratasi.

Lakukan Kegiatan Menarik

Ilustrasi kerja bersama teman. (Special)

 

Siapa menyangka, melakukan kegiatan menarik di sela-sela jam istirahat merupakan cara ampuh menghilangkan kantuk saat bekerja di bulan Ramadan. Ketika kamu mulai merasakan mengantuk tak tertahankan. Luangkan waktu 10 menit untuk melakukan beberapa kegiatan menarik seperti mengobrol, bermain game atau sekedar menonton video lucu. 

Kegiatan semacam ini dapat kamu lakukan juga di sela-sela jam istirahat makan siang. Karena kamu tengah menjalankan puasa Ramadan, maka kamu dapat menggantinya dengan hal-hal yang efektif bantu hilangkan kantuk. Sehingga, kamu dapat kembali fokus ketika kembali bekerja. 

Buat Jadwal Bangun Tidur yang Teratur

Ilustrasi bangun tidur. (Spesial)

 

Pernahkah kamu menyadari bahwa jadwal bangun tidur yang teratur merupakan cara ampuh hilangkan kantuk saat bekerja di bulan Ramadan? Ternyata, dengan menerapakan jadwal bangu tidur terarus sangat disarankan bagi kamu yang sering mengalami permasalahan kantuk saat bekerja. 

Melansir dari WebMD,seseorang yang memiliki waktu bangun tidur acak akan mengalami gangguan waktu tidur yang seharusnya ideal. Bahkan, gangguan tidur ini dapat mengakibatkan seseorang menjadi frustasi atau insomnia. Oleh karena itu, penting untuk membuat jadwal bangun tidur yang teratur.

Tingkatkan Kualitas Tidur pada Malam Hari

Ilustrasi tidur. (Special)

 

Cara ampuh hilangkan kantuk saat bekerja di bulan Ramadan yang terakhir adalah meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. Supaya lebih berkualitas, kamu dapat memastikan waktu istirahat berlangsung sekitar 5-6 jam selama bulan Ramadan.

Ketika kamu memiliki waktu tidur yang berkualitas, maka akan membantumu untuk melawan rasa kantuk di siang hari. Sebab, sebagian permasalahan kantuk saat bekerja di sebabkan oleh waktu tidur di malam hari yang kurang.

Namun, bagi kamu yang justru kesulitan untuk tidur di malam hari karena mengalami berbagai gangguan seperti insomnia. Kamu perlu segera mengunjungi pusat kesehatan terdekat untuk melakukan pemeriksaan.