5 Cara Terbaik untuk Eksfoliasi Kulit dengan Bahan Alami di Rumah, Yuk Cobain!

Senin, 1 Januari 2024 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Terbaik Untuk Eksfoliasi Kulit Dengan Bahan Alami Di Rumah, Yuk Cobain!

Sumber foto: Alodokter

Ladiestory.id - Tahukah kamu ada lima cara terbaik untuk eksfoliasi kulit dengan bahan alami di rumah? Jika belum, maka artikel ini sangat tepat untuk kamu simak hingga akhir. Yuk, Ladies!

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit merupakan hal yang tak boleh kamu lewatkan dalam perawatan kecantikan. Sebab, cara ini membantu menghilangkan sel kulit mati. Alhasil, mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori dan merangsang produksi kolagen alami lebih lancar. 

Meski kini sudah ada banyak produk eksfoliasi kulit, bagi kamu yang khawatir mengalami iritasi atau kemerahan. Kamu bisa nih, mulai mencoba bahan-bahan alami sebagai penggantinya. Selain lebih murah, bahan alami juga bebas dari efek samping yang berbahaya. 

Selain mendapatkan kulit yang lebih bersih, kamu juga bisa merasakan adanya sifat mencerahkan, menghaluskan hingga mencegah terjadinya jerawat hingga bruntusan. Nah, bagi kamu yang penasaran. Mendingan langsung simak yuk daftar bahan alami yang biasa kamu gunakan berikut ini; 

1. Oatmeal dan Yoghurt

Ilustrasi Oatmeal dan Yoghurt. (iStock)

 

Sebagian dari kamu mungkin sudah tak asing dengan oatmeal sebagai pengganti sarapan. Namun, pernahkan kamu mencobanya untuk merawat kulit? 

Siapa sangka, bahan alami satu ini kaya akan kandungan antioksidan serta sifat anti inflamasi. Kedua hal ini yang kemudian membantu menjadikan kulit lebih tenang dan bebas iritasi. 

Sedangkan yoghurt merupakan bahan alami kaya akan asam laktat yang melancarkan proses pengelupasan kulit. Supaya lebih maksimal hasilnya, kamu bisa menambahkan minyak jojoba yang tidak menimbulkan  penyumbatan di pori-pori. Adapun caranya sebagai berikut;

Kamu dapat mencampurkan dua sendok oatmeal, satu sendok yogurt lain dan satu sendok teh minyak jojoba. Kemudian, gunakan campuran tersebut sebagai scrub wajah dan oleskan secara emata. 

Pijat secara lembut selama beberapa menit. Selanjutnya diamkan selama 15 menit lalu segera bilas wajah dengan air hangat. Jangan lupa segera keringkan  wajah dengan handuk yang lembut ya.

2. Madu dan Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal dan Madu. (iStock)

 

Cara terbaik untuk eksfoliasi kulit dengan bahan alami di rumah berikutnya adalah menggunakan madu dan oatmeal. Kedua bahan yang sangat mudah ditemukan di rumah ini memiliki banyak manfaat. 

Diekatahui, madu merupakan bahan eksfoliasi yang memiliki kandungan pelembab serta anti bakteri didalamnya. Sehingga, mampu mencegah masalah jerawat dan juga mencegah penyebaran bakteri penyebab masalah wajah.

Adapun oatmeal bekerja sebagai antioksidan yang menjaga kulit senantiasa sehat dan mencegahnya dari kesukaan. Berikut ini adalah cara pakainya yang benar; 

Siapkan dua sendok oatmeal, dua sendok madu dan dua sendok teh minyak jojoba. Campurkanke tiganya ke dalam agkuk yang sama dan aduk hingga membentuk adonan pasta yang lembut. 

Selanjutnya, oleskan ke wajah dan pijat dengan gerakan memutar ke atas selama beberapa menit. Kemudian, diamkan selama 15 menit dan ika sudah kamu bisa membilasnya dengan air hangat hingga bersih.

3. Madu dan Apel

Ilustrasi Apel dan Madu. (iStock)

 

Berikutnya, ada juga nih esep eksfolasi aami dnegan bahan dari madu dan apel. kedua bahan ini ternyata bisa lho membantu kulit senantiasa bersih dan terawat.
Sebagai informasi, apel merupakan buah dengan kandungan asam dan enzim yang braga.

Kandungan ini yang kemudian membantu proses pengelupasan kulit lebih maksimal. Sedakan madu bergerak sebagai penenang kulit supaya terhindar dari kemerahan atau iritasi. Lalu, seperti apa sih cara pakainya? Berikut ini adalah panduan lengkapnya untuk kamu ikuti; 

Masukan 2 sendok apel yang sudah dihaluskan, ½ sendok madu murni dan ½ sendok teh minyak jojoba ke dalam mangkuk yang sama. Selanjutnya, aduk ketiga nya hingga tercampur sempurna menjadi adonan pasta yang lembut.

Lalu, olesa scrub ke seluruh wajah secara merata dan pijat lembut selama 5 menit dengan gerakan memutar ke atas. Jika sudah, diamkan selama 10 menit dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air hingga bersih.

4. Pisang dan Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal dan Pisang. (iStock)

 

Selanjutnya, ada juga nih cara terbaik untuk eksfoliasi kulit dengan bahan alami di rumah menggunakan pisang dan oatmeal. Jika kamu penggemar buah pisang, maka cara ini wajib dicoba. 

Sebagai informasi, pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin A, C hingga potasium. Selain itu, ada pula kandungan silika, minerall hingga silikon yang membantu merangsang produksi kolagen alami pada kulit. 

Cara ini banyak dieomendaiskan bagi kamu pemilik kulit berminyak. Berikut ini adalah cara buat dan pakainya;

Siapkan dua sendok pisang yang sudah haluskan, dua sendok oatmeal dan satu sendok yoghurt plain. Masukan ke tiga bahan kedalam mangkuk yang sama. Kemudian, aduk seluruh bahan tercampur sempurna. 

Jika sudah kamu mengoleskan ke wajah secara merata. Pijat lembut selama 60 detik dengan gerakan memutar ke atas. Lalu, diamkan selama 15 menit dan segera bilas wajah dengan air hangat hingga bersih. 

5. Kopi Bubuk

Ilustrasi Kopi Bubuk. (iStock)

 

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan kopi bubuk sebagai cara eksfoliasi terbaik. Seab. selain bisa digunakan sebagai bahan minuman di pagi hari. 

Kamu juga bisa menjadikannya sebagai scrub wajah. Sebagai informasi, kopi mengandung sidat anti inflamasi dan eksfolian alami. Sehingga, mampu mengangkat sel kulit mati dan mencegah terjadinya penyumbatan di pori-pori. Bahkan, membantu menghaluskan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Berikut ini adalah caranya; 

Campurkan dua sendok bubuk kopi dan satu sendok minyak kelapa ke dalam mangkuk yang sama. Jika sudah, aduk seluruh bahan hingga tercampur sempurna. 

Selanjutnya, oleskan pada wajah secara merata dan pijat lembut dengan gerakan memutar ke atas. Lakukan cara tersebut selama 2-3 menit dan lanjut dengamebriskannya meresap selama 10 menit. Kemudian, akhiri cara ini dengan membilas menggunakan air hingga bersih. 

Demikian informasi lengkap mengenai cara terbaik untuk eksfoliasi kulit dengan bahan alami di rumah yang bisa kamu coba sekarang juga. Semoga, informasi bermanfaat dan salam glowing, Ladies! (*)

 

SUMBER BERITA:

https://www.healthline.com/health/homemade-facial-scrub#facial-scrub-recipes