5 Cara Mengurangi Anxiety Secara Alami yang Bisa Kamu Coba

Minggu, 19 Mei 2024 | 19:33:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Mengurangi Anxiety Secara Alami Yang Bisa Kamu Coba

Ilustrasi perempuan cemas. (Special)

Ladiestory.id - Kamu mungkin sering bertanya-tanya bagaimana cara keluar dari anxiety? Nah, artikel ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk kamu dalam cara mengurangi anxiety secara alami. 

Anxiety atau kecemasan merupakan kondisi yang berkaitan dengan stres. Hal ini bisa menjadi baik untuk membantumu termotivasi, teratur dan juga mampu menghitung sebuah resiko dalam keputusan. 

Sayangnya, ketika hal ini terjadi secara terus-menerus dan berlebih. Justru akan menimbulkan masalah yang mengganggu. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah anxiety apakah bisa hilang?

Jawabannya tentu saja bisa, asal ditangani dengan tepat. Salah satunya melalui pengobatan alami yang bisa kamu coba terlebih dahulu. 

Sebelum membahasnya lebih jauh, kamu juga perlu mengetahui beberapa gejala umum yang terjadi pada penderitanya. Beberapa datanya seperti; 

Peningkatan detak jantung

Pernapasan yang menjadi sangat cepat

Mudah merasa gelisah

Sulit untuk berkonsentrasi dalam kegiatan

Timbul rasa cemas dan emosi yang tidak menentu. 

Kondisi ini ditimbulkan oleh beberapa faktor. Dilansir dari Healthline.com, beberapa faktornya septi genetika, lingkungan hingga kimia dalam otak. 

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir. Berikut ini adalah rangkuman singkat dari lima hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi masalah anxiety. Jadi, simak terus sampai akhir ya Ladies!

Selalu Bergerak Aktif

Ilustrasi lari maraton. (Special)

 

Kamu mungkin sudah kerap mendengar saran untuk selalu berolahraga supaya kesehatan terjaga. Namun, siapa sangka hal tersebut juga bisa membantu mengurangi kecemasan dalam diri lho. 

Sebuah studi pada tahun 2021 menemukan seseorang yang rutin bergerak aktif. Ternyata, memiliki peluang sebesar 60% untuk terdengar dari masalah gejala kecemasan. 

Hal ini tentu menjadi sesuatu yang menyenangkan bukan? 

Kebiasan olahraga sendiri memiliki manfaat dalam mengalihkan rasa kecemasan mu. Adapun peningkatan ada detak jantung yang dihasilkan diketahui mampu memunculkan anti kecemasan pada otak. Adapun salah satu olahraga yang dianjurkan seperti yoga, pilates hingga lari. 

Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Ilustrasi Menolak Minum Alkohol. (Special)

 

Cara mengurangi anxiety secara alami berikutnya adalah dengan menghindari merokok serta meminum alkohol. Kedua kebiasan ini mungkin sudah sering kamu ketahui bisa mempengaruhi kesehatan.
Namun, tak banyak yang menyadari bahwa kebiasaan ini bisa menimbulkan masalah serius seperti kecemasan. Oleh karenanya perlu penanganan yang tepat untuk mengatasinya. 

Sebuah studi pada tahun 20233 yang telah dilakukan selama 36 tahun juga menemukan bahwa seseorang dengan kebiasaan merokok dan minum akoho secara berlebihan. Ternyata, mengalami kemampuan tubuh yang berkurang. 

Beberapa diantaranya kesulitan tidur dan menjadikan adanya masalah insomnia kronis. Tak hanya itu, hal ini juga bisa mengganggu masalah kesehatan seperti pernapasan. 

Kurangi Kadar Kafein Harianmu

Ilustrasi Menghirup Aroma Kopi. (Canva)

 

Jika kamu suka mengonsumsi  kafein, kemudian kerap mengalami kecemasan. Maka, kamu perlu untuk menguranginya. Mengapa begitu? 

Ternyata, kafein bisa menyebabkan dan memperburuk gangguan kecemasan. Hal ini dikarenakan kafein menjadikan kewaspadaan meningkat dengan memblokir bahan kimia otak bernama adenosin. 

Kamu bisa mulai mengurangi kebiasan dengan meminum kafein secara perlahan setiap harinya. Lakukan secara bertahap selama beberapa minggu hingga tubuh mulai merasa terbiasa dan nyaman. 

Utamakan Istirahat di Malam Hari 

Ilustrasi Tidur Nyenyak. (iStock)

 

Cara mengurangi anxiety secara alami yang berikutnya yaitu utamakan istirahat di malam hari. Kecemasan atau tetu kerap mengganggu kualitas tidur atau istirahat bukan? 

Nah, untuk menguranginya kamu perlu mengutamakan istirahat. Caranya cukup mudah dengan mulai menerapkan istirahat sebanyak 6-7 jam per harinya. 

Beberapa tips yang bisa kamu coba juga seperti mengurangi penggunaan gadget sebelum tidur, siapkan ruangan gelap supaya lebih nyenyak saat tidur hingga menghindari minum kafein sebelum tidur. Hal ini tentu cukup sulit, namun jika kamu tidak mencobanya maka hal ini tentu tidak teratasi bukan?

Lakukan Meditasi

Ilustrasi Meditasi. (iStock)

 

Tak hanya yang tahu bahwa media bisa membantu meningkatkan kesadaran penuh dalam pikiranmu. Hal ini membantu menjadikan adanya rasa tenang dan mengalihkan masalah aau kecemasanmu. 

Meditasi sendiri membantu stres serta kecemasan. Kamu bisa melakukan cara meditasi yang mudah seperti journaling. Bagi kamu yang ingin mencobanya, bisa melakukan hal ini selama 8 minggu berturut-turut. 

Itulah tadi lima cara mengurangi anxiety secara alami yang bisa kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencobanya!