5 Cara Mudah Atasi Kulit Berminyak, Kunci Tampil Percaya Diri Seharian

Minggu, 19 Maret 2023 | 10:07:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Mudah Atasi Kulit Berminyak, Kunci Tampil Percaya Diri Seharian

Kulit wajah berminyak. (Special)

Ladiestory.id - Kulit berminyak seringkali membuat seseorang tidak percaya diri ketika tampil. Sebab, wajah menjadi terlihat mengkilap bahkan kusam. Maka, perlu untuk mengetahui cara mudah atasi kulit berminyak. Supaya, dapat tampil percaya diri seharian dalam segala aktivitas. 

Cara yang diperlukan seperti perawatan yang tepat. Sehingga, produksi minyak di wajah menjadi berlebih dan memicu munculnya berbagai masalah pada kulit wajah. Nah, tentunya kamu tidak ingin ini terjadi bukan? 

Supaya bebas dari kulit berminyak? Yuk, langsung saja simak lima cara mudah atasi kulit berminyak yang jadi kunci tampil pede seharian berikut ini. 

Rutin Membersihkan Wajah

Ilustrasi membersihkan wajah. (Special)

 

Ternyata, rutin membersihkan wajah menjadi cara mudah atasi kulit berminyak pertama yang wajib kamu lakukan. Caranya dengan membersihkan wajah serta mencucinya minimal dua kali sehari. Kamu dapat melakukannya saat pagi hari setelah bangun tidur maupun malam hari usai beraktivitas. 

Supaya mendapat hasil lebih maksimal, gunakan produk pembersih yang memiliki formulasi khusus untuk membantu mengurangi jumlah minyak di wajah. Kamu dapat menggunakan produk yang mengandung pH seimbang, bebas alkohol serta bahan yang lembut. Misalnya, mengandung vitamin B5 atau panthenol yang mampu mengurangi minyak berlebih serta menghindari kulit. Tak hanya itu, kandungan ini juga mampu mencegah kulit teriritasi serta menjaga elastisitasnya. 

Jangan Lewatkan Penggunaan Pelembab

Pelembab untuk wajah (istock)

 

Bagi pemilik kulit berminyak, seringkali menganggap pelembab adalah penyebabnya. Padahal, yang terjadi justru sebaliknya. Meski kulit berminyak dirasa telah lembab karena kondisi kulit yang lebih licin. Nyatanya, kulit berminyak tetap perlu dijaga kelembabannya. 

Oleh karena itu, jangan lewatkan penggunaan pelembab usai membersihkan wajah maupun sebelum beraktivitas. Namun, untuk produk yang digunakan kamu perlu memilih kandungan yang aman bagi kulit berminyak. Misalnya kandungan ceramide maupun asam hialuronat. Pelembab dengan kandungan ini mudah menyerap kedalam kulit dan bebas kilap. Kamu pun akan tampil percaya diri seharian tanpa khawatir kulit berminyak mengganggumu.

Lakukan Eksfoliasi pada Wajah

Ilustrasi eksfoliasi wajah. (Special)

 

Eksfoliasi juga termasuk kedalam salah satu cara atasi kulit berminyak yang wajib di coba. Caranya dengan melakukannya sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Usahakan, gunakan produk yang mengandung scrub. Tujuannya, untuk mengangkat sel kulit mati hingga membersihkan kotoran dari pori-pori secara maksimal. 

Namun, kamu juga perlu hati-hati dalam melakukannya. Jangan menggosok scrub terlalu keras pada area wajah. Sebab, hal tersebut dapat memicu iritasi kulit. Jangan lupa, usai mengeksfoliasi segera gunakan produk-produk yang melembabkan serta menenangkan. 

Selalu Gunakan Sunscreen Ketika Beraktivitas

Ilustrasi liburan. (Special)

 

Sunscreen merupakan produk utama yang wajib digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, selalu menggunakan sunscreen ketika beraktivitas juga termasuk kedalam cara mudah atasi kulit berminyak. 

Usai menggunakan pelembab, kamu dapat mengaplikasikan sunscreen ke wajah ketika sudah setengah kering, Jangan lupa, gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan mengandung PA+++. Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan perlindungan maksimal dari sinar ultraviolet serta radikal bebas yang bertebaran selama kamu beraktivitas. Kamu juga dapat mengoleskan kembali sunscreen setiap dua jam sekali.

Gunakan Masker Alami untuk Kulit Berminyak

Ilustrasi perempuan memakai masker wajah. (Special)

 

Cara mudah atasi kulit berminyak yang terakhir yaitu dengan menggunakan masker alami. Beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan seperti madu, oatmeal, lidah buaya, putih telur dengan lemon, tomat hingga minyak jojoba. Meski, tidak memberikan hasil secara instan. Nyatanya, bahan alami tersebut efektif dalam menjaga kualitas kulit serta mengurangi kondisi kulit berminyak. 

Selain menggunakan masker, kamu juga perlu menyeimbangkannya dengan mengurangi konsumsi makanan berminyak. Selain itu, makanan yang mengandung lemak jenuh, gula hingga karbohidrat yang berlebih. Jangan lupa juga, untuk selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh untuk selalu menyimbangkan kelembapam kulit berminyakmu, ya.

Topic