5 Cara Rawat Tipe Kulit Berminyak Jelang Hari Pernikahan

Selasa, 9 April 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Cara Rawat Tipe Kulit Berminyak Jelang Hari Pernikahan

Ilustrasi Pengantin. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Setiap pengantin wanita pasti menginginkan melewati hari bahagianya dengan kulit yang mulus dan sehat. Namun, faktor lingkungan tertentu bisa saja menjadi penghalang untuk pencapaian kulit wajah yang berkilau alami. Entah karena rasa stres yang meningkat saat merencanakan pernikahan, tingkat kelembapan yang meningkat, atau sekadar faktor genetik mengenai jenis tipe kulit, salah satunya yaitu tipe kulit berminyak.

Melansir Brides, kulit berminyak merupakan keluhan kulit yang umum dialami oleh banyak calon pengantin. Menurut Ile Bailey, seorang ahli kecantikan, kulit berminyak terjadi ketika adanya kelenjar sebaceous di kulit yang memproduksi terlalu banyak sebum. Meskipun sebum akan melumasi dan melindungi kulit wajah, namun sebum juga dapat membuat kulit menjadi terlihat berminyak dan memicu timbulnya jerawat.

Nah, berikut ini 5 cara yang dapat dilakukan bagi pemilik jenis kulit berminyak jelang hari pernikahan.

Konsultasi dengan Profesional

Ilustrasi Perawatan Kulit Wajah. (Freepik.com)

 

Bekerjasamalah dengan seorang profesional perawatan kulit untuk membantu mendapatkan kulit yang sehat dan bebas minyak di hari pernikahan. Para ahli kecantikan atau dokter kulit, mereka akan menentukan akar penyebab kulit berminyak dan menyarankan tindakan terbaik yang dapat dilakukan untuk menciptakan rutinitas perawatan kulit yang disesuaikan dengan kondisi kulit wajah.

Hindari Cuci Wajah Berlebihan

Ilustrasi Perawatan Kulit Wajah. (Freepik.com)

 

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi menggosok wajah beberapa kali sehari untuk menghilangkan kilau di seluruh wajah hanya akan memperburuk masalah. 

Dokter kulit, dr. Melissa Kanchanapoomi Levin, menjelaskan bahwa sering mencuci muka akan menghilangkan kelembapan kulit, yang menyebabkan kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak minyak. Sebaliknya, Levin menyarankan untuk membersihkan wajah Anda dua kali sehari, yakni di pagi dan sore hari, untuk menghilangkan kotoran tanpa menghasilkan lebih banyak minyak. 

Gunakan Pelembap

Ilustrasi Perawatan Kulit Wajah. (Freepik.com)

 

Melembabkan kulit secara teratur akan menghidrasi wajah dan secara efektif mengatasi sifat manis mulu. Setelah mencuci muka, dokter kulit menyarankan untuk menggunakan pelembab bebas minyak. 

Dapatkan Perawatan Secara Reguler

Ilustrasi Perawatan Kulit Wajah. (Freepik.com)

 

Jika perawatan wajah bukan bagian dari rutinitas perawatan kulit yang biasa, sekaranglah saatnya untuk memulai. Ile Bailey menyarankan untuk melakukan perawatan wajah sebulan sekali setiap bulan selama periode waktu enam bulan sebelum pernikahan berlangsung. 

Gunakan Masker Wajah

Ilustrasi Perawatan Kulit Wajah. (Freepik.com)

 

Untuk mendapatkan perawatan kulit yang relatif terjangkau dan perawatan yang mudah untuk kulit yang cenderung berminyak, pertimbangkan masker pembersih wajah untuk menghilangkan minyak di dalam dan di bawah permukaan. 

Untuk mengurangi produksi sebum, carilah bahan-bahan seperti asam salisilat, arang, minyak pohon teh, minyak alpukat, kaolin, atau tanah liat.