5 Cara untuk Membuatmu Produktif Meskipun Kamu Sedang Berjuang dengan Depresi dan Tidak Memiliki Motivasi

Kamis, 12 Desember 2019 | 13:35:11

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

5 Cara Untuk Membuatmu Produktif Meskipun Kamu Sedang Berjuang Dengan Depresi Dan Tidak Memiliki Motivasi

Berurusan dengan depresi dapat membuat motivasimu menghilang dan membuatmu malas melakukan apa pun. Kamu pun juga harus tetap produktif di tengah harimu yang terlihat depresi, bukan? Sangat penting untuk mengetahui bagaimana menjadi lebih produktif bahkan pada hari-hari ketika depresimu menurunkan movitasimu menjadi nol. Meskipun kadang-kadang kamu merasa harimu begitu berat, kamu tetap harus produktif, Ladies. Di bawah ini ada 5 cara untuk membuatmu produktif meskipun kamu sedang berjuang dengan depresi dan tidak memiliki motivasi.

1. Bangun dari tempat tidurmu

bangun dari tempat tidurmu
sumber: unsplash.com

Ini adalah bagian terpenting untuk menjadi produktif ketika kamu depresi, dan bisa menjadi hal yang sulit dilakukan. Tempat tidurmu mungkin menjadi tempat favorit saat kamu mengalami depresi. Nyaman, hangat, dan aman, kamu pun bisa menghilangkan kesedihanmu di sana, walau hanya untuk sementara. Tetapi untuk menjadi produktif, kamu harus keluar dari situ, itu yang sulit tapi paling penting. Apa pun yang diperlukan untuk membuatmu bangun dari tempat tidur, dan memulai hari lebih baik lagi, coba lakukanlah!

2. Berolahragalah

wanita berolahraga
sumber: today.com

Hal terpenting kedua menjadi produktif ketika depresi adalah berolahraga. Olahraga akan menghasilkan endorphin, yang merupakan zat kimia yang akan berkurang ketika kamu mengalami depresi. Olahraga akan membantu mengisi kembali persediaan endorphin tubuhmu, setidaknya untuk sementara waktu. Ketika endorphin baru diisi, tubuh dan pikiranmu akan lebih produktif. Jadi keluarlah dan lakukan sesuatu! Berjalan-jalan, lari, yoga, atau bermain Frisbee. Apa pun yang kamu nikmati akan meningkatkan detak jantungmu dan endorphin itu mengalir.

3. Pilih satu hal untuk diselesaikan

wanita bekerja
sumber: ulc.org

Terkadang yang diperlukan hanyalah dengan memilih sesuatu hal untuk diselesaikan terlebih dahulu. Duduk di tempat tidurmu, atau di sofamu, renungkan semua hal yang harus kamu lakukan malah akan membuatmu tidak produktif. Alih-alih berfokus pada semua yang perlu kamu lakukan, pertimbangkan satu hal. Bangun dari lamunanmu dan lakukan satu hal. Sering kali, jika kamu bisa menghancurkan kebodohanmu dan menyelesaikan sesuatu, kamu akan merasa sangat baik sehingga kamu ingin melanjutkan ke hal lain. Sementara, kamu mungkin masih depresi, kamu tetap produktif, dan pada akhirnya ini akan membantumu mengurangi depresi itu.

4. Pilih hal lain yang untuk dilakukan

wanita bekerja di rumah
sumber: flexjobs.com

Ketika kamu depresi, ada beberapa hal yang mungkin tidak bisa kamu lakukan. Menelepon adalah salah satunya. Tapi tentu kamu bisa melakukan hal lainnya. Kamu bisa menyortir kegiatanmu dan lakukan itu. Mungkin kamu bisa menyortir kertas-kertas yang tidak kamu gunakan atau membersihkan inbox-mu di email. Pikirkan tentang hal-hal yang dapat kamu lakukan ketika kamu mengalami depresi, dan lakukanlah. Karena bahkan jika kamu tidak dapat menelepon, kamu masih bisa melakukan sesuatu lain yang produktif.

5. Biarkan dirimu melewati itu

biarkan dirimu melewati itu
sumber: psycom.net

Kamu mengalami depresi dan itu menyebalkan, tapi begitulah adanya. Ketahuilah bahwa kamu mengalami depresi dan kamu harus melewatinya. Sementara itu, kamu mungkin tidak seproduktif yang kamu inginkan tetapi kamu mungkin tetap produktid. Jika kamu tidak melepaskan diri, tidak menyadari bahwa depresi ini akan berlalu, dan kamu tetap berlarut di dalamnya, kamu hanya akan tenggelam dalam kesedihan yang lebih dalam dan dapat memicu ketidakmampuanmu untuk menjadi produktif. Jaga dirimu baik-baik. Ketahuilah bahwa kamu berada di tempat yang sulit dan kamu tetap dapat melakukan yang terbaik!

Depresi bukan suatu alasan untuk membuat dirimu tidak produktif, jadi lakukan 5 cara di atas agar tetap membuat dirimu produktif meski kamu sedang berjuang dengan depresi.